GudangVoucher - Esports.ID

Mau Jadi Bagian Timnas AOV Indonesia di AG 2018? Yuk Simak Caranya

Rendy Lim
18/05/2018 11:15 WIB
Mau Jadi Bagian Timnas AOV Indonesia di AG 2018? Yuk Simak Caranya
Arena of Valor Asian Games 2018

Arena of Valor merupakan salah satu game eSports yang dipilih dalam exhibition match Asian Games 2018. Dari total 45 negara dan region partisipan Asian Games tahun ini, hanya delapan negara yang akan terpilih untuk lolos dan bermain di main event Asian Games di Jakarta. 

Babak kualifikasi akan diadakan pada setiap region dengan pembagiannya yakni, East Asia (China, South Korea, Taiwan, Hong Kong, Macau, dan Jepang) akan mendapatkan 3 slot, South Asia, South East Asia, Central Asia, dan West Asia mendapatkan masing-masing 1 slot dan Indonesia sebagai negara tuan rumah akan otomatis mendapatkan 1 slot. 

Tim yang akan mewakili Indonesia di Asian Games 2018 akan ditentukan melalui babak kualifikasi yang berlangsung dari tanggal 24-30 Mei untuk pertandingan hingga babak voting timnas. Yup, kamu tidak salah baca Sobat eSports, jika biasanya perwakilan berasal dari satu tim, namun untuk Asian Games ini, pemain yang akan mewakili Indonesia akan dipilih melalui sistem voting. 

Bagaimana mekanisme dari pendaftaran hingga babak voting, yuk simak dibawah ini: 

Pendaftaran untuk tim yang ingin mengikuti babak kualifikasi akan dibuka dari tanggal 17 Mei hingga 22 Mei 2018. Hanya warga negara Indonesia yang boleh mengikuti babak kualifikasi ini. Setiap tim memiliki 5 anggota pemain dan hanya diperbolehkan memiliki 1 pemain cadangan. Pendaftaran ini terbuka untuk semua pemain AOV tidak terbatas untuk tim profesional saja. Kamu bisa mendaftarkan timmu melalui link ini.

Babak kualifikasi nantinya akan dibagi menjadi tiga tahapan besar. Pertama adalah Bracket Qualifier yang berlangsung 24-26 Mei 2018. Selanjutnya, babak Group Stage Round Robin akan berlangsung pada hari Minggu nya pada tanggal 27 Mei 2018. Terakhir, Challengers Voting akan berlangsung pada tanggal 28 Mei - 30 Mei 2018.

  • Bracket Qualifier:

Merupakan babak awal kualifikasi dimana Challengers yang mendaftar akan dibagi ke dalam 4 bracket yakni 2 weekdays bracket dan 2 weekend bracket. Bracket Weekdays akan berlangsung pada hari Kamis - Jumat, 24-25 Mei 2018 pukul 15.00-17.00 WIB, dan final bracketnya akan dilanjutkan di hari Sabtu, 26 Mei pukul 11.00 WIB. Sedangkan Weekend Bracket akan berlangsung pada hari Sabtu, 26 Mei 2018 pukul 10.00 WIB. 

Bracket Qualifier akan menggunakan format single elemination playoff, best-of one (BO1) dan pertandingan final untuk setiap bracketnya akan berlangsung dengan format best-of three (Bo3). 

  • Group Stage Round Robin:

Empat juara dari Bracket Qualifier dan satu invitational team akan bertanding babak group stage Round Robin yang berlangsung pada hari Minggu 27 Mei 2018 pukul 11.00 WIB. Setiap pertandingan di babak ini akan menggunakan format best-of three (BO3). 

Tierbreaker akan dilakukan jika ada 2 atau lebih tim yang memiliki poin yang sama. Ketentuan yang akan digunakan dalam tierbreaker adalah sebagai berikut: 

  1. Score difference
  2. Kalau ada 2 tim yang memiliki poin yang sama, rematch BO1 akan dilakukan 
  3. Kalau ada 3 tim yang memiliki poin yang sama, tim yang memenangkan match dengan durasi paling singkat akan menang dan dua tim lainnya akan melakukan rematch BO1. 
  • Challengers Voting: 

Peringkat tim dari stage round robin akan menentukan kandidat pemain yang dapat di vote dalam Challengers Voting. Berlangsung mulai hari Senin, 28 Mei hingga Rabu, 30 Mei 2018, voting akan menentukan tim Indonesia All Star yang akan menjadi Timnas Indonesia di Asian Games 2018. Namun masih belum ada informasi lebih lanjut bagaimana sistem voting yang akan dilakukan. Kita tunggu saja yah sobat eSports. 

Terakhir, karena babak kualifikasi ini terbuka untuk semua Challengers di seluruh Indonesia, maka pastikan kamu mendaftarkan tim kamu yah sobat eSports. Tetap jaga semangat kompetisi dan berusaha untuk memberikan pemain-pemain terbaik sebagai wakil Indonesia di Asian Games 2018! Setuju Sobat eSports?