Esports.ID

Kabar Gembira! Arena of Valor Cabang eSports di Asian Games 2018

Rendy Lim
04/05/2018 16:16 WIB
Kabar Gembira! Arena of Valor Cabang eSports di Asian Games 2018
Arena of Valor in Asian Games 2018

Berhasil menyisihkan mobile MOBA saingan seperti Mobile Legends: Bang Bang dan Vainglory, Arena of Valor (AOV) menjadi pilihan resmi untuk game eSports yang akan dipertandingkan (eksibisi) dalam Asian Games 2018, Jakarta - Palembang

Sebagai genre mobile game, Arena of Valor menjadi turnamen eSports pertama yang diumumkan untuk mengisi ajang bergengsi Asia ini. 

Meskipun beberapa dari kalian mungkin akan bertanya-tanya terkait kriteria pemilihan Arena of Valor sebagai game yang pantas untuk dipertandingkan ketimbang Mobile Legends ataupun Vainglory, namun keputusan ini diambil berdasarkan kesepakatan dari Federasi Esports Asia di Hong Kong.

Alasannya, Arena of Valor merupakan mobile MOBA yang paling populer di region Asia. Meskipun hal tersebut juga diperlihatkan oleh game pesaingnya, perwakilan negara-negara di federasi menilai AOV lebih memenuhi kriteria untuk dipertandingkan dalam Asian Games. 

Memiliki struktur kompetisi yang memadai dan menjangkau seluruh level pemain, mulai dari pemula, semi-pro hingga pro, menjadi alasan tambahan Federasi Esports Asia atau AeSF memberikan dukungannya kepada AOV. Berkembang dan dimainkan dilebih dari 85 negara di dunia membuat kepopuleran AOV sudah mendunia dan dikenal oleh masyarakat eSports secara luas. 

Hadir sebagai exhibition match, keberadaan pertandingan eSports dalam Asian Games tentu menjadi mimpi banyak para pemain profesional, bahkan organisasi eSports. Selanjutnya, pada Asian Games 2022, turnamen eSports akan mulai memperebutkan medali layaknya pertandingan-pertandingan olahraga lainnya. 

Proses ini merupakan prosedur yang ditentukan oleh Olympic Council of Asia atau OCA, bahwa semua cabang olahraga baru termasuk eSports harus terlebih dahulu melewati exhibition match sebelum dapat berlaga untuk memperebutkan medali. 

Selain AOV, nantinya akan ada total 6 eSports games yang dipertandingkan dalam Asian Games 2018. Sobat eSports, apakah kamu bisa menebak kira-kira apa 5 game lainnya?