KASKUS Battleground PUBG Mobile

Pembeli Lapor Polisi, Pembuat Cheat Game Honor of Kings Kena Batunya!

Rendy Lim
26/07/2018 11:40 WIB
Pembeli Lapor Polisi, Pembuat Cheat Game Honor of Kings Kena Batunya!
Honor of Kings Tencent

Dua orang pelaku sekaligus pembuat cheat untuk game Honor of Kings di Cina, kena batunya dan akhirnya harus menerima putusan hukum untuk meringkuk di penjara. Salah satunya didera hukuman penjara satu tahun, sementara satu lagi akan mendekam tiga bulan lebih lama. Honor of Kings sendiri merupakan game milik Tencent yang juga dikenal dengan titel Arena of Valor, di luar Cina

Awal mula penangkapan ini dimulai dengan pemain cheater Honor of Kings yang merasa dibohongi ketika akunnya di-banned. Sang pembeli lantas mengadukannya ke kantor polisi dan melaporkan orang yang menjual cheat tersebut atas tuduhan penipuan. Karena dirinya dijanjikan bahwa akunnya tidak akan di-banned

Saat polisi akhirnya menangkap pembuat cheat tersebut, ditemukan bahwa salah satunya merupakan programmer secara otodidak. Dirinya adalah seorang gamer yang penasaran bagaimana cara kerja sebuah cheat dan menghabiskan waktu satu tahun untuk belajar programming sendiri. Tampaknya ini menjadi kisah yang sangat inspiratif yah sobat eSports. Salah satu cheat yang dijualnya adalah kemampuan untuk bunuh lawan hanya dengan satu serangan. 

Penggunaan dan pengedaran cheat di Cina sangatlah besar, mungkin baru-baru ini kamu baru baca berita tentang penangkapan pembuat cheater PUBG kan sobat eSports? Hingga hari ini, sudah tertangkap total 141 cheater PUBG di Cina. Namun untuk Honor of Kings, ini merupakan kasus pertama yang ditemukan. 

Pihak berwenang di provinsi Jiangsu mengatakan bahwa hukuman yang diberikan di setiap provinsi di Cina berbeda, meskipun kasusnya sama. Setiap daerah memiliki peraturan berbeda tentang  masalah copyright, bisnis ilegal, dan perusakan jaringan komputer, namun semuanya sama-sama masuk kategori kriminal. 

Sementara untuk kamu yang penasaran dengan cheater yang melaporkan ke polisi? Tampaknya dia tidak merasa bersalah sama sekali, bahkan pihak berwenang mengatakan bagaimana sang pembeli sangat antusias ketika menggunakan cheat ketika bermain. 

Jangan kamu tiru yah sobat eSports, tetap bermain dengan sportif dan hindari penggunaan cheat. Jika kamu menemukan hal yang janggal ketika bermain, jangan segan-segan untuk segara melaporkan hal tersebut kepada developer agar dapat segera diselidiki.