Smartfren

Tanpa Blackout, COD World League Kucuri Prize Pool US$6 Juta

Rendy Lim
20/09/2018 15:00 WIB
Tanpa Blackout, COD World League Kucuri Prize Pool US$6 Juta
Call of Duty Black Ops 4

Activision baru saja mengumumkan Call of Duty World League (CWL) 2019 dengan prize pool fantastis hingga 6 juta USD atau sekitar 89 milyar Rupiah. Seiring dengan dirilisnya Call of Duty: Black Ops 4, juga terjadi beberapa perubahan untuk format CWL tahun ini. Apa saja yah, yuk simak detilnya!

Musim kompetisi tahun ini, COD World League akan berubah format menjadi 5v5 dengan satu pemain tambahan, jika tahun sebelumnya hanyalah 4v4.  Jumlah prize pool juga meningkat dari 4,2 juta USD menjadi 6 juta USD. 

CWL Las Vegas akan mulai berlangsung pada 7 hingga 9 Desember 2018, di mana tim partisipan tidak hanya bertanding untuk memperebutkan prize pool, namun juga slot untuk bertanding di CWL Pro League tahun selanjutnya. Tim yang berhasil masuk ke posisi 4 besar di CWL Las Vegas akan otomatis mendapatkan spot di Pro League. Nantinya, total 16 tim akan bertanding secara langsung dalam kompetisi tiap minggu. Sedangkan 12 slot lainnya akan diperebutkan oleh 28 finalis CWL Las Vegas pada turnamen di bulan Januari mendatang. 

Pro League sendiri direncanakan akan berlangsung mulai bulan Februari 2019, dan menggunakan single-stage format dengan single championship. Format yang berbeda dengan tahun lalu di mana terbagi menjadi dua season. Dalam season yang berlangsung selama 12 pekan ini akan ada pertandingan inter-divisional antar dua divisi. Selain itu, tim hanya bisa memilih pemain dari satu region, namun di tahun ini, roster tak lagi terbatas dengan region untuk event LAN. 

Ke depannya CWL Pro League Playoffs akan disebut dengan CWL Finals dan akan didedikasikan untuk event seperti major live (LAN) tournaments di CWL calendar. CWL Finals akan berlangsung sebelum Call of Duty World League Championship, yang akan berakhir dengan pengumuman juara dalam season Black Ops 4 ini. 

CWL juga akan membuat sirkuit untuk pemain amatir di tahun 2019, termasuk turnamen di CWL LAN dengan partai finalnya dipertandingkan pada main stage. National circuit untuk amatir pada season lalu akan berganti nama menjadi CWL National Qualifier, dan tim-tim partisipannya bertanding demi mendapatkan pembiayaan travel serta akomodasi untuk berpartisipasi di CWL LAN events

Sayangnya, untuk mode baru Call of Duty: Black Ops 4 Blackout yang menampilkan gaya permainan battle royale tidak termasuk dalam CWL tahun ini. Namun Activision tetap memberikan turnamen khusus untuk mode ini di TwitchCon bulan oktober mendatang dengan tajuk Doritos Bowl tournament mempertandingkan para streamer-streamer populer seperti Shroud dan Ninja