Esports.ID

Update Black Ops 4 Mode Blackout Berkesan 'Pay to Win'

Rendy Lim
02/07/2019 14:50 WIB
Update Black Ops 4 Mode Blackout Berkesan 'Pay to Win'
COD Black Ops 4 Blackout Mode

Franchise Call of Duty akhirnya berhasil 'menjajah' genre battle royale berkat mode Blackout di seri terbaru Black Ops 4. Tampilan dan gameplay-nya tampak lebih realistik sehingga tidak sedikit pencinta battle royale berpindah hati dari Fortnite ataupun PUBG untuk menetap lebih lama di gim ini. 

Namun, seiring berjalannya waktu, Treyarch tampak melakukan kesalahan cukup fatal yakni memberikan kesan pay to win pada Blackout Mode, berkat update terbarunya beberapa waktu lalu. 

Blackjack Stashes, Source: Kotaku

Dari update yang rilis tanggal 25 Juni lalu, ada beberapa perubahan pada mode Blackout, mulai dari tampilan map, beragam cara untuk meningkatkan rank, menambahkan sentry turret, serta loot statches ditemukan saat bermain limited-time modes.

Hal yang membuat resah para penikmat Blackout Mode adalah fitur Blackjack Stashes. Kotak supply ini secara teori akan berisi semua senjata DLC dari Black Market loot boxes dan yang telah kamu dapatkan setelah naikkan level Contraband tiers (battle pass). Tapi kamu hanya bisa mendapat senjata yang telah kamu unlock sendiri.

Jadi, secara tidak langsung, Blackjack Stashes ini akan memberi keuntungan bagi mereka yang super-hoki atau rela menguras isi dompet agar memiliki akses senjata kuat. Peacekeeper assault rifle, S6 Stingray tactical rifle, dan Locus sniper adalah tiga senjata terkuat saat ini, alhasil bagi yang tidak memilikinya pasti akan sangat kesal. Inilah yang menimbukan kesan bahwa kamu harus membayar lebih untuk unggul di Blackout Mode.

Treyarch juga sepertinya tidak membiarkan fitur ini terlalu disalahgunakan oleh para pemain. Setiap pemain hanya bisa mengakses satu Blackjack Stashes dan hanya bisa ditemukan pada limited-time gameplay mode. Jadi bagi kamu yang sering bermain standar solo, duo, atau squad akan bebas dari buff loot boxes. Namun beberapa limited-time mode seperti Alcatraz sangat populer di Blackout Mode dan bisa saja jadi tempat para pengguna Blackjack Stashes untuk pamer senjata.

Blackjack Stashes, Source: Kotaku

Meskipun tidak sepenuhnya pay to win, namun memasukkan unsur DLC ke Blackout Mode seakan memberi kesan buruk untuk genre battle royale dari gim ini. Sejatinya, sebuah gim battle royale seperti pada umumnya mengharuskan player mencari senjata di tempat mereka mendarat yang akan muncul secara acak. Namun kehadiran Blackjack Stashes ini pastinya merusak unsur RNG tersebut dan membuatnya terkesan pay to win

Sepertinya Call of Duty harus segera mempertimbangkan hal ini yah. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?