IES Ligagame

Kompetisi Liga COD Digelar Online, Activision Siapkan Protokol Ekstra

Rendy Lim
06/07/2020 16:12 WIB
Kompetisi Liga COD Digelar Online, Activision Siapkan Protokol Ekstra
Protokol ekstra bakal menjamin kenyamanan para peserta juga menjunjung tinggi integritas pemain

Call of Duty League Championship 2020 dipastikan akan berlangsung secara online dalam rangka menjaga kesehatan dan keamanan akibat pandemi COVID-19. Ini merupakan pertama kalinya kompetisi tingkat dunia dari Activision tidak dilangsungkan secara LAN. Untuk mempersiapkan kompetisi yang berhadiah total 4,6 juta USD ini, CDL mengumumkan beberapa protokol ekstra. 

Beberapa peraturan baru diantaranya bertujuan untuk menjaga integritas dari kompetisi. Perubahan yang akan diterapkan mencakup penyediaan setup kamera bagi setiap pemain. Nantinya, pihak official dapat memantau pergerakan dari konsol, controller, dan monitor dari pemain yang bertanding. 

Sistem ini akan mulai diimplementasikan saat New York Home Series event yang dimulai tanggal 10 Juli mendatang. Setiap tim juga bisa mencoba dan memilih lima server yang tersedia, dimana sebelumnya hanya tersedia tiga server. Sejak pertandingan dialihkan ke online, tidak sedikit pemain yang mengeluhkan masalah ping yang berdampak pada performa permainan mereka. 

Salah satunya adalah SlasheR dari OpTic Gaming yang mengeluhkan pingnya mencapai 100+ saat pertandingan, membuatnya sulit untuk bertanding secara online. 

Untuk menjamin Call of Duty League Championship berjalan dengan baik, pihak official mengatakan bahwa mereka telah siap untuk merekrut lebih banyak staff untuk mengisi posisi production, technical, dan bagian operasi lainnya. 

Sebelumnya, CDL telah mengadakan beberapa Home Series event di North America dan Eropa, namun meningkatnya kasus COVID-19 di seluruh dunia membuat kompetisi ini dialihkan ke online sejak 12 Maret lalu. Tidak sedikit fans yang masih berharap kompetisi tahunan terbesar Call of Duty ini dapat diselenggarakan secara offline. 

COD League sendiri memang belum memberikan tanggal pasti kapan akhir dari season event, namun CDL memperkirakan rangkaian acara tersebut akan selesai sekitar bulan Agustus. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, mungkin memang masih belum saatnya yah untuk kompetisi esports diselenggarakan secara offline. Siapa nih yang sudah kangen ke event offline esports?