KASKUS Battleground PUBG Mobile

ESL Pro League Perluas Cakupan Region di Season 7

Rendy Lim
06/03/2018 13:56 WIB
ESL Pro League Perluas Cakupan Region di Season 7
ESL Pro League CSGO

ESL Pro League, kompetisi liga CS:GO yang telah berlangsung selama 6 musim untuk region Eropa dan Amerika Utara, mengumumkan rencana ekspansi ke region baru pada musim selanjutnya. Pada Season 7, ESL akan menambahkan region Asia Pasifik yang terdiri dari 3 sub region, yakni Asia Tenggara, Cina, dan Australia/New Zealand. Ekspansi ini adalah langkah dari ESL untuk menjadikan EPL sebagai turnamen berskala global.

“Ini merupakan langkah yang sangat penting dalam tujuan kami untuk menjadi arena pertandingan global bagi para pemain profesional CS:GO di seluruh dunia,” ungkap Ulrich Schulze, Senior Vice President of Product di ESL. “Region APAC sudah cukup lama menunggu untuk menjadi bagian dalam global gaming circuit. Kami sangat bersemangat untuk melihat bagaimana ekspansi Pro League ke region ini dapat memperkuat dan tingkatkan mutu pertandingan profesional di Pro League”.

Open Qualifier

Ketiga sub region tersebut akan menjalankan sesi open qualifier yang diadakan pada 18-25 Maret, dilanjutkan dengan season matches untuk menentukan delapan tim yang akan lolos dan bertanding di Pro League APAC regional finals pada 20-22 April di ESL Studio, Sydney.

Khusus untuk sub-region Australia/New Zealand dan Cina, keduanya akan mendapatkan 3 slot untuk babak regional finals, sedangkan Asia Tenggara hanya berkuota 2 slot. Nantinya, dua tim teratas yang menang pada Pro League APAC regional finals akan mendapatkan spot untuk bertanding di Pro League Finals yand akan diadakan di Dallas, Texas, pada 14 hingga 20 Mei.

Saat ini, ESL Pro League akan berlangsung dengan 16 tim sebagai standarisasi format untuk menjadikannya sebagai turnaman berskala besar. Kemudian, karena regional APAC hanya mendapatkan 2 slot menuju main event, tampaknya akan ada 1 region baru yang mendapatkan slot tersebut, atau kemungkinan lain adalah slot tersebut dialokasikan untuk Eropa ataupun Amerika Utara.

Indonesia masuk ke dalam sub-region Asia Tenggara, yang artinya kesempatan bagi tim-tim pro CS:GO di tanah air untuk berlaga pada kompetisi berskala internasional sekelas ESL Pro League. Saatnya untuk mempersiapkan diri melawan tim-tim terbaik di region SEA dan APAC? Bagaimana menurut sobat eSports?