Tembak-Tembakan Kok Pake Duit? Pentingnya Aspek Ekonomi di CS:GO

Billy
02/05/2018 16:04 WIB
Tembak-Tembakan Kok Pake Duit? Pentingnya Aspek Ekonomi di CS:GO
esportsranks, esports-talk

Lazim bagi banyak gamer mengenal currency atau mata uang yang biasanya terdapat dalam game. Sebut saja Gold yang dipakai dalam DOTA 2 dan banyak MOBA lainnya digunakan membeli equip dan memperkuat hero. Begitupun uang yang dipakai dalam game FPS seperti CS:GO ternyata memiliki pengaruh krusial dalam strategi suatu tim.


Image Source : www.Esport-Talk.com

Hampir serupa dengan MOBA, uang dalam CS:GO dikumpulkan tergantung keberhasilan tiap round serta bonus-bonus dari membunuh lawan dengan senjata tertentu atau menjinakan/meledakan bom. Jumlah kekayaan suatu kubu akan semakin banyak bila sukses memenangkan round sementara yang kalah semakin terjepit.

Dampak paling mudah mencontohkan keuntungan memiliki uang yang banyak adalah varian senjata yang lebih mematikan bisa digunakan. Sebut saja jenis senjata seperti AWP yang menawarkan kendali jarak jauh dan perlindungan bagi anggota lain yang maju terdepan, sayangnya harga dari AWP sangat mahal di CS:GO.

Berapa Jumlah Uang yang Didapatkan Bila Memenangkan Satu Round di CS:GO?

Keuntungan ekonomi sangat penting untuk memastikan babak selanjutnya bisa dikendalikan dengan lebih mudah berkat keunggulan persenjataan. Bila kalian berhasil membunuh seluruh anggota tim lawan, maka kubu kalian mendapatkan $3.250. Begitu pula bila kalian berhasil menghabiskan waktu dari kubu terrorist ketika berperan sebagai counter-terrorist.

Terrorist akan mendapatkan $3.500 bila berhasil meledakan bom, sebaliknya bila berhasil dijinakan oleh CT maka uang itu akan ke kantong para aparat. Tapi bila bom telah tertanam dan dijinakan, terrorist tetap berhak mendapat $800.

Ada pula imbalan individual ketika membunuh lawan menggunakan senjata seperti rifle atau P90 sebesar $300, membunuh lawan memakai sub-machine gun diberikan $600. Menghabisi lawan dengan shotgun, memasang dan menjinakan bom memberikan $900.

Memenangkan round secara berturut-turut juga menambah dana kemenangan yang didapat pada babak selanjutnya. Salah satu babak paling krusial adalah Pistol Round. Di babak ini tiap pemain hanya memiliki $800, dana yang cukup terbatas. Beberapa orang mungkin mencoba membeli handgun terbaik yakni Desert Eagle, tapi ketahuilah bahwa harga dari senjata ini $700 dan mungkin saja kalian tidak memiliki cukup pertahanan untuk menembakan satu peluru pun karena lawan memilih mengalokasikan dana untuk aksi preventif dan antisipasi.

Jadi pembelian terbaik untuk CT maupun terrorist agak berbeda di Pistol Round. Perlengkapan terstandar pertama biasanya membeli Kevlar ataupun helmet untuk perlindungan. Beberapa grenade juga disarankan seperti smoke, flash bang dan High Explosive. Urusan senjata, percayakan pada Five-Seven.

Sementara bagi Tero, mereka memiliki Tec-9 yang mampu menembak dengan kecepatan tinggi. Tapi untuk pertarungan jarak jauh, senjata tersebut kurang efektif apalagi bila pasukan CT dilindungi Kevlar. Tergantung situasi dan lingkungan map, membeli senjata seperti USP-S atau P2000 lebih mumpuni disegala situasi.


Pilihan Senjata di CS:GO

Babak Pembalasan Eco Round : Full Eco, Eco dan Force Buy

Bila kalian mengalami kekalahan di babak pistol, ada pilihan babak lanjutan yang memungkinkan kalian mendapatkan keuntungan pada round selanjutnya. Eco round adalah istilah ketika tiap salah satu tim memilih bermain dengan situasi ekonomi yang sangat terbatas dan hanya diperbolehkan membeli persenjataan yang sangat murah.

Full Eco berarti suatu tim hanya bisa menggunakan pisau dan pistol. Pembelian Kevlar, grenade maupun persenjataan lain. Tapi pihak CT bisa membeli diffusal kit seharga $400.

Eco memberi kesempatan bagi suatu tim untuk membeli senjata (pistol) yang harganya kurang dari $500. Tetap tak ada grenade dan utility seperti difffusal kit. Eco Round disebut juga Saving round atau babak dimana kalian tidak membeli apapun dan berhemat demi game selanjutnya. Perlu diketahui tim lawan berarti dalam fase Anti-Eco yang mana mereka juga bisa mendulang l uang dari membunuh memanfaatkan pemilihan senjata yang menawarkan reward lebih seperti Shotgun.

Dan terakhir Force Buy, yakni ronde yang memungkinkan kalian menghabiskan segala uang kalian yang hanya sedikit. Biasanya pemain akan membeli SMG karena reward membunuh dengan senjata ini lebih besar dan kemungkinan pendanaan pada game selanjutnya akan jadi lebih baik.

Armed Round: Lepaskan Potensi Terbaik Dengan Senjata Pilihanmu

Babak ini memberi kebebasan bagi shooter untuk menggunakan senjata pilihannya, tentu dengan dana yang cukup. Biasanya bila dibulatkan menjadi paket lengkap, kubu terrorist bisa menghabiskan sampai $3.700 berisikan rifle, amunisi, Kevlar dan helmet. Sementara CT agak sedikit keluarkan lebih banyak sekitar $4.100 karena diffusal kit.

Senjata andalan seperti AK-47 maupun M4A1 serta mengganti handgun dengan yang lebih mematikan bisa meningkatkan pengeluaran lebih variatif tergantung kebutuhan kalian.

Itulah aspek ekonomi dalam CS:GO guys, ternyata tidak hanya tembak-tembakan tapi ada unsur penting yang mesti kalian pahami untuk menjadi professional CS:GO terbaik.