Esports.ID

Secercah Harapan Iringi Lahirnya Asosiasi CS:GO Indonesia

MikeApalah
11/06/2018 16:10 WIB
Secercah Harapan Iringi Lahirnya Asosiasi CS:GO Indonesia
CS:GO Indonesia

Melihat scene kompetisi tanah air saat ini terbilang cukup unik. Di tengah bersinarnya Duo Indonesia BnTeT – xccurate bersama tim TyLoo atau bagaimana tim-tim seperti XCN, Recca dan BOOM memberikan perlawanan berarti di ranah SEA, namun, masih ada sedikit kekhawatiran terutama di sisi “regenerasi” pemain dan scene lokal yang sedikit menurun belakangan ini. Hal inilah yang membuat para perwakilan tim-tim berinisiatif membentuk Asosiasi CS:GO Indonesia.  


BnTeT - xccurate Terus Mereguk Prestasi Bersama TyLoo

Tim Esports.ID pun sedikit mengulik mengenai keberadaan dan latar belakang lahirnya Asosiasi CS:GO Indonesia dengan mewawancarai Nevindra “Nevz” Ibnazhifi yang terpilih sebagai Ketua.

Menurut Nevz ide ini berawal dari untuk mengumpulkan ataupun tim-tim CS:GO besar di Indonesia. “Awalnya belum ada niatan untuk membentuk asosiasi, yang kita pingin cuma membuat rulebook baru dan diskusi tentang scene indo yg agak turun saat ini. Kemudian, ada ide dari Ozan (Manager BOOM) untuk membentuk asosiasi yang bisa menjadi penghubung tim, organizer dan masyarakat (pecinta game CS:GO). Setelah beberapa hari pembahasan, akhirnya sepakat untuk bentuk dewan etik dan pengurus asosiasi".


Tim Recca Esports Kala Membawa Nama Indonesia Menjadi Juara

Lebih lanjut menurut Nevz, scene indonesia ‘gak bisa dibilang mati ataupun down sampe CS:GO di steam itu ditutup. Sekarang saatnya untuk melakukan regenerasi player-player baru. Cuma untuk mewujudkan itu perlu bantuan dari komunitasnya juga, gak mungkin cuma bbrp orang yang punya pengaruh memaksakan itu terjadi pada orang banyak. “Kita berharap dengan adanya asosiasi ini bisa jd pagar untuk scene CS:GO Indo nantinya. Pengawas sekaligus membantu komunitas,” lanjutnya.

Tim-tim pendukung  Asosiasi CS:GO Indonesia:

BOOM ID
XCN
TEAMnxl>
Power Danger Esports
Bigetron Esports
Team Rhapsody
FF Gaming
Emporium
PG.BarracX
Juggernaut Gaming
G1ST
Alter-Ego Esports
Team Capcorn

Meksi belum berfokus langsung pada penyelenggaraan event, Asosiasi CS:GO Indonesia saat akan memulai dari proses mediasi untuk membuat penggunaan faceit lebih banyak lagi. Karena menurutnya penting untuk tournament-tournament di Indonesia membiasakan penggunaan Faceit Anti-Cheat dulu, sedangkan masalahnya mayoritas warnet Indo tidak ada FAC.

Tim NXL> dengan sederet prestasi di CS:GO

Kehadiran Asosiasi CS:GO Indonesia sendiri tentu menjadi angin segar untuk pecinta game keluaran Valve tersebut. Di tengah minimnya regenerasi tentu kita berharap inisiatif Nevz Cs ini akan melahirkan player-player kelas dunia asal Indonesia seperti layaknya BnTeT dan xccurate serta hadirnya tim tanah air di ajang-ajang kelas dunia seperti IEM, ESL atau DreamHack. Maju terus CS:GO Indonesia!