Esports.ID

Forsaken: "Tidak Ada Hal Baik Terjadi Sejak Saya Bermain CS:GO"

Rendy Lim
25/10/2018 10:20 WIB
Forsaken: "Tidak Ada Hal Baik Terjadi Sejak Saya Bermain CS:GO"
Nikhil “forsaken” Kumawat

Mantan pemain CS:GO OpTic GamingNikhil “forsaken” Kumawat, akhirnya mendapatkan hukuman atas aksi terlarang (cheat) yang dilakukan olehnya pada beberapa turnamen CS:GO terakhir. General Manager ESIC, Kezra Powell, mengumumkan bahwa Forsaken akan menerima hukuman tidak boleh mengikuti event yang diadakan oleh grup Esports Integrity Coalition selama 5 tahun.

Hukuman tersebut dijatuhkan setelah Forsaken ketahuan telah menggunakan cheat saat mengikuti turnamen eXTREMELAND ZOWIE Asia tournament di Shanghai. Selain itu, ESL India juga menemukan bahwa sebelumnya Forsaken juga menggunakan cheat yang sama ketika bertanding di ESL India Premiership, yang mana tim OpTic Gaming keluar sebagai juara pertama. 

Match Analysis juga menemukan bukti bahwa Forsaken menggunakan cheat dalam komputernya. Meski tidak ada bukti yang memberatkan player lain di OpTic Gaming, namun ESIC belum mempertimbangkan perihal keabsahan titel juara OpTiC Gaming di ESL India Premiership. Menurut Ian Smith, komisioner dari ESIC, kemenangan OpTic bisa saja dibatalkan, tapi harus menunggu keputusan selanjutnya.

Smith juga menyampaikan kekecewaannya terhadap Forsaken. Kejadian ini akan sangat berdampak pada pandangan dunia kepada eSports CS:GO di India. Dirinya mengatakan, hal ini sebenarnya tidak boleh terjadi dalam scene eSports manapun dan berharap secara personal agar Forsaken tidak pernah kembali ke CS:GO ataupun game lainnya. 

Forsaken pun buka suara melalui AFK Gaming, dan mengatakan bahwa sebenarnya dia cukup percaya diri dalam banyak hal namun tidak untuk hal membidik. Itulah sebabnya dia menggunakan program cheat tersebut. "Andaikata bisa balikkan waktu, saya akan menghapus hari saat pertama kali main Counter Strike," ungkap Forsaken. "Tidak pernah ada hal baik terjadi sejak aku bermain CS:GO".

Forsaken mengutarakan permintaan maafnya kepada anggota tim dan komunitas CS:GO India atas perbuatannya. Dirinya mengatakan bahwa ini adalah harga yang harus dibayar atas perbuatannya, serta juga kepada orang-orang yang percaya padanya. Forsaken sadar bahwa karirnya di CS:GO telah berakhir.

Akibat dari kasus ini, OpTic Gaming telah mengeluarkan Forsaken dan melepas semua roster CS:GO mereka. Meskipun tujuan dari awal berdirinya OpTic Gaming adalah meningkatkan komunitas CS:GO di India, namun dengan berakhirnya tim ini maka pastinya bakal berdampak pada perkembangan CS:GO di negara tersebut. 

Bagaimana pendapat sobat eSports?