Esports.ID

VAC Sambangi Cina, Eks Pemain TyLoo Kembali Kena Kasus?

Rendy Lim
01/11/2018 14:09 WIB
VAC Sambangi Cina, Eks Pemain TyLoo Kembali Kena Kasus?
Valve Anti Cheat

'Ombak' besar yang dibawa oleh Valve Anti-Cheat (VAC) kembali menyusuri scene CS:GO di Cina dan menangkap basah banyak inventories yang pada akhirnya terkena banned

Selain rentetan item yang terkena VAC, hal yang cukup mengejutkan adalah mencuatnya nama Quan-Qing 'QZ' Wu, mantan pemain TyLoo kembali masuk Game Banned dari Valve. QZ, yang merupakan kakak kandung dari Hui 'DD' Wu ini (anggota aktif TyLoo), memang memiliki histori sebagai pengguna cheat.

Membahas soal QZ, tentunya kamu akan teringat dengan kasus Forsaken yang masih cukup hangat saat ini. QZ pernah mendapatkan VAC banned ketika ikuti MSI Beat IT 2013, dan lumayan heboh saat itu. Apalagi, di tahun 2016, jelang pertandingan di Intel Extreme Masters Season X Taipei bersama tim TyLoo, mereka harus didiskualifikasi karena kasus VAC yang pernah diterima QZ.

Akun Steam QZ saat terkena banned

Aksi ban masif yang terjadi di Cina kemarin (31/10) dipicu oleh terciumnya praktek lokal penyedia private cheat CS:GO yang tercium oleh Valve Anti-Cheat. Akibatnya, para pro player, streamer, serta pemain yang memiliki banyak inventory terkena banned. QZ pun masuk daftar player yang terkena banned tersebut. 

Beruntungnya, banned tersebut sudah dihapus dari akunnya, meski tidak ada penjelasan apapun tentang alasan penghapusannya, atau alasan awal dirinya terciduk dan kena ban. 

Banned QZ diangkat

Di luar dari QZ, para cheater lain yang terkena banned, item mereka akan tetap berada di akunnya namun di-locked dengan status public agar semua pemain bisa mengakses serta melihat apa yang terjadi pada cheater. 

Kasus cheating di Cina memiliki dampak yang besar bagi para penggunanya karena bakal berdampak langsung pada 'social credit' yang mereka miliki. Ketahuan menggunakan cheat maka akan mengurangi social credit tersebut dan akhirnya bisa mempersulit kehidupan sehari-hari mereka, seperti mencari kuliah ataupun kerja. 

Jadi, sebaiknya jangan cheat dari sekarang deh sobat eSports, karena nanti malah pas kamu dikenal dan berprestasi di scene CS:GO, kan malu, iya ga?