Esports.ID

Valve Adaptasi Format Pro Circuit Untuk Turnamen Majors CS:GO

Billy
03/05/2019 13:54 WIB
Valve Adaptasi Format Pro Circuit Untuk Turnamen Majors CS:GO
hltv, vpesports

Ternyata menganak-tirikan karya sendiri itu tidak benar adanya, Valve turut peduli dengan kelancaran turnamen dan kehidupan atlit esports CS:GO yang lebih baik.

Salah satu buktinya adalah turun tangan mengatur jadwal turnamen Major CS:GO. Gampangnya, anak-anak DOTA 2 pasti familiar dengan format Pro Circuit yang Valve tetapkan dimana tanggal main turnamen ditentukan oleh Valve dan penyelenggara turnamen yang berminat bisa mengirimkan proposal mereka sebagai pertimbangan.

Adapun persyaratan yang diminta Valve untuk para pewujud acara dikirimkan via email beserta dengan permintaan segala kebutuhan yang diperlukan sebelum hingga turnamen usai. Proses ini merupakan langkah baru bagi para Event Organizer CS:GO karena biasanya mereka yang menentukan sendiri kapan dan bagaimana turnamen Majors dilaksanakan.

Valve sudah menentukan tanggal untuk empat turnamen Majors sepanjang dua tahun kedepan yakni :

- 11-24 Mei 2020

- 2-15 November 2020

- 10-23 Mei 2021

- 1-14 November 2021

Diketahui turnamen yang akan datang memakan waktu lebih ringkas dibanding musim kompetisi 2018-2019 yang rata-rata berdurasi dari tiga mingguan menjadi dua minggu saja.

Selain itu, Valve berusaha mengatur rundown acara yang ringan bagi peserta melakukan perjalanan lintas zona waktu agar bisa beraksi tanpa kendala jetlag berlebihan. Event Minor dan Major juga diusahakan berada di satu wilayah yang sama atau setidaknya menggunakan satu visa yang sama guna mempermudah masalah perizinan.

Ternyata keputusan Valve bukanlah hujan tanpa angin melainkan proses panjang komunitas CS:GO dan juga Asosiasi pemain professional CS:GO atau CSPPA. Mereka melakukan advokasi demi tujuan pemain bisa mempersiapkan diri secara maksimal saat turnamen serta menikmati waktu istirahat kala jeda kompetisi. 

Bagaimana pandangan kalian soal format turnamen CS:GO yang di atur oleh Valve?