First Warriors

Paruh Tahun 2019, VAC Jaring 4 Juta Akun Curang di CS:GO

Rendy Lim
01/07/2019 16:14 WIB
Paruh Tahun 2019, VAC Jaring 4 Juta Akun Curang di CS:GO
CS:GO

Valve Anti Cheat merupakan sistem yang dikembangkan oleh Valve untuk mendeteksi akun hingga program cheat dari gim mereka, serta bertugas untuk memberikan hukuman kepada para pemain yangm melakukan pelanggaran. 

Hingga akhir bulan Mei kemarin, VAC telah mendeteksi dan memblokir lebih dari 500.000 akun yang tertangkap menggunakan program cheat. Angka ini menambahkan total hingga 4 juta akun yang telah diblokir pada tahun 2019. 

VAC banned; Source: Unikrn

Berdasarkan grafik di atas, tepatnya ada 538.000 akun yang terkena banned oleh VAC selama bulan Mei. Dan, sepanjang tahun 2019, ada 3.907.927 akun telah diblokir. Ini merupakan rekor blokir terbesar yang pernah dilakukan atas CS:GO, dengan kecenderungan akibat status gim yang berubah menjadi free-to-play pada akhir 2018 lalu.

Respon dari mereka yang tertangkap menggunakan program terlarang juga menarik untuk disimak. Bahkan beberapa dari mereka memohon untuk Valve mencabut banned-nya, kamu bisa baca postingan-postingan menarik ini di Reddit.

Salah satu cheater yang tertangkap oleh Valve menunjukkan akunnya di Reddit, dan ironisnya di post tersebut juga terlihat bahwa cheat yang digunakan olehnya telah diunduh lebih lebih dari 11 ribu kali melalui website tersebut.

Valve Anti Cheat System memang mendapatkan banyak komplain dari para pemain CS:GO karena dianggap banyak cheater yang tidak terjaring. Namun tampaknya VAC selalu mendapatkan tangkapan baru setiap harinya dan jumlah akun yang hampir mencapai 4 juta membuktikan hasil kerja Valve.

Source: unikrn

Hingga saat ini, Valve hanya memberikan hukuman yakni pemblokiran akun untuk mereka yang tertangkap menggunakan cheat. Mungkin saja nanti Valve akan mencontoh PUBG yang menggunakan pemblokiran hardware untuk mencegah mereka membuat akun baru dan kembali melakukan kecurangan.

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?