Esports.ID

Twitch 'Hukum' S1mple Gegara Canda Homophobic

Rendy Lim
14/08/2019 14:47 WIB
Twitch 'Hukum' S1mple Gegara Canda Homophobic
Kena Ban Seminggu Oleksandr “s1mple” Kostyliev dibanned Twitch selama seminggu gara-gara candaan homophobic

Bermain gim sambil melakukan live streaming mungkin sudah menjadi keseharian sebagaian besar gamer saat ini. Sayangnya, kadang gegara terlalu merasa santai, perkataan atau tindakan yang kita lakukan saat streaming  malah tak patut ditonton atau didengar oleh publik. Biasanya, hal tersebut akan berujung pada streamer kena hukuman atau banned dari platform streaming-nya.

Kasus demikian memang cukup sering terjadi, namun cukup langka bila sampai menimpa professional CS:GO player asal Ukraina, Oleksandr “s1mple” Kostyliev yang di-banned oleh Twitch akibat candaan homophobic di live streamingnya. 

Saat melakukan live streaming bersama dengan salah satu anggota timnya di Na'Vi, Kirill “Boombl4” Mikhailov, S1mple mengucapkan kata 'pidor', cercaan yang biasanya digunakan kepada kaum gay. Kejadian ini terjadi pada 29 Juli 2019 lalu, namun tampaknya seseorang baru melaporkan video atau clip tersebut.

Akibatnya, S1mple mendapatkan banned dari Twitch selama 1 minggu, terhitung mulai hari ini. Meski hukuman satu minggu ini tidak akan terlalu berpengaruh untuk S1mple, namun respon Twitch menunjukkan bahwa mereka memang benar-benar menanggapi semua laporan terhadap pelanggaran terms of service.

S1mple juga tampak tidak berusaha untuk meminta Twitch mencabut hukumannya lebih cepat. Jadi kamu harus menunggu setidaknya seminggu agar bisa kembali melihat aksi dari pemain ini di channel Twitch-nya. 

Lucunya, meski banned baru saja dijatuhkan oleh Twitch hari ini, seorang editor video CIS sudah terlebih dahulu membuat video meme dari ucapan homophobic S1mple sejak dua minggu lalu. Kamu bisa melihat videonya di atas.

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, siapa yang juga pernah mengalami kasus sama saat live streaming?