Esports.ID

Cara Hadapi Offlane Musuh Berdasarkan Hero dan Counter-nya (Part 1)

Billy
29/10/2017 15:41 WIB
Cara Hadapi Offlane Musuh Berdasarkan Hero dan Counter-nya (Part 1)
google, dotesports

Dalam fase laning di DOTA 2, safelane dan offlane selalu bersinggungan. Namun urgensi dari safelane lebih penting dimanapun posisi bermainmu atau role apapun yang kamu mainkan untuk melakukan zone-out dan harassment kepada hero offlane lawan. Meskipun tugas memukul mundur offlane lawan menjadi prioritas support di safelane, tapi mengubah harassment jadi kill adalah suatu keuntungan. Oleh karena itu, sebaiknya jangan hanya melakukan harassment, melainkan buat suatu set up yang bisa berujung kill untuk carry atau timmu. Disinilah pentingnya mengenali hero offlane lawan dan hero apa saja yang bisa meng-counter dengan baik.

1. Bila berhadapan dengan: Dark Seer

Kemampuan farm utama Dark Seer adalah Ion Shell, yang sangat baik digunakan melawan hero-hero melee. Meski begitu, Ion Shell juga berbahaya bila hero range terkena jarak jangkaunya. Apalagi DS memiliki surge yang bisa mempercepat movement, sehingga Dark Seer bisa unggul melawan hero carry melee seperti PA, Spectre, bahkan Terrorblade di awal game, dan menjadikannya hero offlane yang populer untuk melawan melee carry. Hero terbaik untuk melawan Dark Seer adalah:

  • Disruptor: Bisa mengurung DS via Kinectic Field, membalikan DS yang kabur dengan Glimpse, dan Thunder Strikememberikan vision target yang memastikan DS tidak bisa kabur dengan surge.
  • Omniknight: Repel berguna sebagai anti-magic dari Ion Shell. Gunakan pada diri sndiri untuk last hit atau kepada creep agar menghilangkan Ion Shell dari mereka.
  • Oracle: Fortune’s End berfungsi sebagai purge yang bisa menghilangkan Ion Shell sekaligus Surge pada DS.
  • KOTL: Menaikan mana leak bisa menjadi alternative menghentikan DS, setidaknya memberikan efek ketakutan agar dia menghindari lane yang berdampak pada minimnya level dan gold. Bila dia masih berani, gunakan mana leak untuk menghentikan movement DS, dan segera kill dia!

2. Bila berhadapan dengan: Batrider

Batrider adalah hero yang memiliki kemampuan untuk menghabisi banyak creep sekaligus, namun Bat juga bisa melakukan solo kill pada hero yang tidak sadar terkena tumpukan Sticky Napalm. Tak jarang Batrider mendominasi safelane bila kamu membiarkannya bebas. Oleh karena itu, hero terbaik melawannya adalah:

  • Nyx Assasin: Spiked carapace bisa menjadi pembuka bagi Nyx untuk melakukan stun berantai dan mana burn yang akan menghabiskan mana dari Bat sebelum dia mampu menggunakan Firefly.
  • Juggernaut: Bladefury mampu menghilangkan stack dari sticky napalm, namun berhati-hati jangan sampai kamu terlalu banyak kena hit sebelum menggunakannya.
  • Lifestealer: Rage berfungsi sebagai anti-magic dan LS memiliki slow yang bisa mengejar Bat ketika dia sudah dalam posisi yang salah.
  • Disruptor: glimpse bisa membalikan posisi Bat bila dia melakukan inisiasi dengan Blink dan Lasso. Bila kamu mengetahui posisi dari Bat, kejutkan dia dengan Static Storm sebelum dia berhasil mendapatkan temanmu.

3. Bila berhadapan dengan: Magnus

Magnus saat ini sering digunakan sebagai offlaner untuk meningkatkan kerusakan dari hero-hero melee seperti Juggernaut atau Ursa. Magnus hanya memerlukan Arcane dan Blink untuk bisa memberi dampak kepada tim. Tugasmu adalah memperlambat Magnus mendapatkan farm, meskipun Magnus memiliki skill nuke dan buff yang bisa mempercepat farmnya. Hero terbaik melawannya adalah:

  • Rubick: tidak hanya berfungsi mengambil RP, namun Telekinesis berfungsi untuk mengagalkan upaya Magnus yang ingin berlari menggunakan Skewer.
  • Venomancer: Sebaiknya digunakan sebagai core dan manfaatkan Plague Ward untuk membuat Magnus menjauh dari lane, tapi pastikan kamu tidak menjadikan Ward-mu bahan farm Magnus.
  • Disruptor: Selain bisa menjadi rekan laning yang baik, Disruptor juga bisa melakukan harrasment sekaligus memastikan tidak ada lawan yang bisa melarikan diri dengan Glimpse. Didukung pula dengan skill Static Storm yang baik untuk melawan hero-hero dengan inisiasi besar seperti Magnus ataupun Enigma.

Sudah mulai melihat gambaran untuk cara-cara menghadapi offlaner dengan beragam pilihan hero dan secara spesifik counter yang harus kamu lakukan? Nah, jangan lupa menunggu artikel Part 2-nya ya, soalnya masih ada beberapa tips yang mungkin berguna untuk kamu loh! Pastikan hanya membacanya di eSports.id!

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Solo MMR
1 Secret.MidOne.U赢电竞
2 PSG.LGD.Ameame
3 Hubert
4 EG.rtz.地点
5 Seraph
6 Fnatic.Abed.Rivalry.gg
7 Karolina2012
8 Tigers.k`wonderkid.Eunex
9 BOOM._Mikoto_
10 WG.Unity.NothingToSay
1 CDEC.Xm
2 Serenity.zhizhizhi
3 vtFαded.謎夢
4 EHOME.ASD
5 DBG.Ms
6 anaapple
7 Chaoyue
8 EHOME.eGo
9 圣子华炼
10 RNG.Monet
1 Sh
2 VP.No[o]ne-
3 Alliance.Boxi.GGBET
4 VP.RAMZeS666.Olesya
5 coL.Limmp
6 Afk20.tw.tv/ark_dota
7 Espada.iLTW
8 Loc Doc
9 Liquid.Miracle-
10 Na`Vi.SoNNeikO.GG.BET
1 Bx.Kōtarō
2 $$$$.As . vanN
3 Bx.kingteka.XO~ToUr-liFe
4 Infamous.Timado
5 k1
6 vK.Lanaro
7 TEAMTEAM.Ryoya
8 coL.EternaLEnVy
9 007
10 Infamous.Scofield
1 Tigers.k`wonderkid.Eunex
2 BOOM._Mikoto_
3 BOOM.Fbz
4 Tigers.Xepher.Eunex
5 JG.lawlesshy^
6 RR.QEON.♥RusmαÑ -奎因?
7 BrX.Azur4.PREDATOR
8 AlterEgo..
9 RR.QEON.Yabby.c
10 RR.QEON.R7
Team MMR
1 Team Secret 1559
2 OG 1550
3 Virtus.pro 1528
4 PSG.LGD 1511
5 Team Liquid 1499
6 VGJ Storm 1450
7 Evil Geniuses 1431
8 Unknown 1429
9 Team NP 1401
10 Vici Gaming 1390