Esports.ID

[GUIDE] Pemanfaatan Micro Skill Efektif dari AdmiralBulldog

Billy
21/10/2017 16:08 WIB
[GUIDE] Pemanfaatan Micro Skill Efektif dari AdmiralBulldog
Google Images

Dalam bermain DOTA 2, kita diberikan ratusan pilihan hero unik yang tersedia dengan beragam tingkat kesulitan. Tetapi mudah tidaknya suatu hero bukan jaminan atas kemenangan, hanya saja hero dengan tingkat kesulitan lebih tinggi mampu memberi dampak lebih besar dalam permainan untuk situasi tertentu dibandingkan hero yang mudah dimainkan. Salah satu tingkat kesulitan hero diukur dari beberapa faktor, diantaranya adalah kemampuan menggunakan micro skills.

Micro Skill adalah kemampuan untuk mengendalikan unit-unit lain selain unit utama kita yaitu hero. Dalam beberapa skenario, penggunaan micro skill sangat dibutuhkan setidaknya untuk pemakaian dasar seperti penggunaan kurir. Terkadang, banyak pemain yang membiarkan kurir berjalan / terbang sendirian tanpa diawasi dan akhirnya tewas terbunuh. Padahal bila mengetahui cara bermain micro, kita akan bisa meningkatkan efektifitasnya dalam bermain DOTA 2 dan yang terpenting, mencegah kematian kurir.

Beberapa hero populer dengan kemampuan Micro Skill antara lain Meepo, Chen, Visage, Lycan, dan Lone Druid. Namun kali ini, kita akan bahas hero yang mungkin paling mudah sekaligus dapat meningkatkan micro skill kita yaitu Lone Druid. Syllabear atau Lone Druid memiliki kemampuan untuk men-summon beruang yang akan bertarung untuk kita. LD adalah hero yang memiliki keunggulan dalam melakukan push dan merupakan hero carry yang menakutkan. LD tergolong dalam kelas micro skill mudah karena kita hanya mengendalikan 1 unit selain hero utama. Biasanya itemisasi dari LD juga tidak memerlukan item pencetan, seperti Orb of Venom, Hand of Midas, Radiance, Assault Cuirass, atau Mjollnir. Tapi ada pemain suka menggunakan Mask of Madness dan Phase Boots sebagai tambahan kerusakan serta attack speed.

Nah, sekarang mari kita ketahui tips-tips bermain micro skill menggunakan LD dari sang ahli yang terkenal akan kemampuan micro-nya, AdmiralBulldog.

  1. Setting shortcut untuk hero dan unitmu. Shortcut default untuk mengganti-ganti unit adalah tab. Namun kamu bisa menyesuaikan sendiri dengan kenyamananmu. Bila shortcut untuk hero adalah F1, maka kamu bisa mengatur shortcut beruangmu dengan 1, sementara shortcut untuk All Unit memakai 2. Hal ini ditujukan agar kamu mudah untuk mengendalikan unit ataupun hero.
  2. Ketika kamu mencoba mengejar musuh, fokuskan pergerakan dengan menggunakan beruang dibanding menggunakan command secara bersamaan. Ketika kamu memukul musuh, akan terjadi jeda dimana heromu akan berhenti untuk memukul lalu mulai mengejar musuh lagi, yang dinamakan ‘backswing’. Saat memainkan 1 hero, biasanya kita akan memukul sambil mengejar agar musuh tetap dalam jangkauan attack. Begitupun penggunaan LD, dengan memfokuskan kendali ke Beruang dan command hero kita untuk mengejar target, maka kita bisa meningkatkan efektifitas serangan kita hingga 50% (bila kita mampu memukul sebanyak 4 hit dalam jarak tertentu, maka dengan minimalisir efek backswing kita mendapatkan 6 kali hit, pada hero seperti LD hal ini penting untuk memicu skill pasif Root). Efek lainnya dengan mengendalikan beruang ketika mengejar musuh, hero kita akan tetap memiliki vision dari musuh sehingga tetap bisa memukul tanpa kehilangan sight.
  3. Dalam situasi laning, kita bisa menguasai last hit dan denied karena LD dan Beruang bisa memukul dalam command bersamaan. Hal ini akan menyulitkan lawan untuk melakukan last hit. Berlatihlah untuk mengetahui seberapa besar damage yang dihasilkan LD dan beruang kepada creep agar kamu bisa mendominasi lane-mu.
  4. Kendalikan hero dan beruangmu dengan shortcut , misalnya tombol TAB, untuk dapat memaksimalkan cara kalian bergerak ketika menghindari gank ataupun melakukan juke. LD merupakan hero yang cukup kuat di laning stage, dengan keberadaan beruang yang berfungsi sebagai tameng dan kepanjangan tangan kalian. Jangan ragu untuk membuka vision atau mengejar lawan dengan beruang karena durability dan movement speed yang dimiliki cukup tinggi meskipun tanpa item. Ketika melakukan juke, pergunakan tab untuk memerintahkan beruang menghalau lawan sementara kalian kembali menggunakan hero utama untuk berkelit dalam hutan.
  5. Ketika kalian menggunakan skill Return, perhatikan bahwa beruang akan berada di posisi sebelah kanan dari LD. Dalam jalan-jalan setapak kalian harus berhati-hati ketika berjalan ke arah kanan karena me-return beruang bisa mengakibatkan kalian memblok jalan kalian sendiri, namun bila berjalan ke arah kiri, beruang akan berada di belakang kalian. Ketika mengejar musuh dalam True Form, seringkali movement speed kalian bertabrakan dengan beruang, dengan menggunakan return, beruang akan berada di depan kalian lagi.
  6. Posisi terbaik menggunakan LD adalah Mid, Carry, atau Offlane, hindari Jungle!!!

Demikian beberapa tips micro skill dari sang Admiral Bulldog guys, berikutnya kita akan paparkan kembali penjelasan untuk itemisasi dan cara bermain LD yang benar di artikel selanjutnya yah!

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Video Pilihan
Solo MMR
1 BOOM.k`wonderkid.>,sidestepking
2 Aster.ChYuaN.SPG
3 BOOM._Mikoto_.OMEN
4 TJMM.23savage.BEAST
5 Monkey D. Luffy
6 Fnatic.JAbz.Letou
7 496.Vivian
8 NCGC.Nikko
9 VG.P.Destroyer-
10 neon.Skadilicious.LFT
1 PSG.LGD.Somnus.黑鲸HLAJEANS
2 TNC.ARMEL. 安博电竞
3 VG.Yang.黑鲸HLAJEANS
4 NiP.Saksa.B e t w a y
5 Newbee.CCnC
6 Na`Vi.Crystallize.GG.BET
7 CHAOS.vtFαded.86.cm
8 Newbee.Sccc
9 RNG.Monet. 崂山啤酒
10 Liquid.Miracle-
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
1 BOOM.k`wonderkid.>,sidestepking
2 BOOM._Mikoto_.OMEN
3 BOOM.Fervian
4 RR.QEON.♥RusmαÑ -奎因?.uLoL
5 BrX.Azur4.Predator
6 EVOS.Whitemon.LFT
7 BOOM.Jhocam.LFT
8 GeekFam.Xepher.LFT4
9 RR.QEON.Yabby.LFT1/2/4/5
10 BrX.Ifr1t!
Team MMR
1 PSG.LGD 1578
2 OG 1542
3 Team Secret 1489
4 Vici Gaming 1485
5 Team Liquid 1479
6 VGJ Storm 1450
7 Unknown 1429
8 Evil Geniuses 1422
9 Team NP 1401
10 (monkey) Business 1389