[GUIDE] Kenali Hero DOTA 2, Panduan Build dan Tips Abaddon

Billy
07/12/2017 09:52 WIB
[GUIDE] Kenali Hero DOTA 2, Panduan Build dan Tips Abaddon
dotabuff

Hero dengan atribut utama STR (strength) ini memiliki keunggulan dengan mampu perankan berbagai role mulai dari support, tanker/offlane, bahkan carry. Abaddon juga disertai buff, kemampuan dispel dan heal/nuke yang sangat berguna baik untuk kawan maupun lawan. Meski mana pool-nya tergolong kecil dan skill cd yang cepat, hero ini tidak membutuhkan banyak pemakaian mana. Abaddon termasuk segelintir hero yang dapat kantongi winrate di atas 50% (tepatnya 53,56%) dan menjadikannya pub-stomper yang disegani.

Sebagai support, Abaddon memang menawarkan kapabilitas mumpuni termasuk jadi rekan laning ideal bagi carry yang membutuhkan aura attack speed lewat Curse of Avernus-nya. Namun Abaddon (support) kurang efektif karena ketiadaan disable dan ketergantungan dengan level membuat hero ini tidak maksimal jika alami under-level. Tipe support pun sebaiknya lebih memprioritaskan Mist Coil dan Apotic Shield, daripada Curse of Avernus, karena keduanya lebih berpengaruh.

Opsi carry juga bisa dijalankan dengan baik, karena Abaddon mampu harras lawan di lane, memiliki movement speed, dan attack speed lumayan berkat tambahan buff pasif-nya. Namun kemampuan Abaddon di late game cenderung menurun dan bisa ditangkal oleh banyak hard Carry dan hero yang memiliki kemampuan break serta disable untuk mengunci pergerakan Abaddon.

Beberapa hero pengguna Silver Edge seperti Slark ataupun Bloodseeker mampu menonaktifkan Borrowed Time, sedangkan hero-hero macam Shadow Demon dan Viper miliki kemampuan Break yang berfungsi sama seperti Silver Edge, otomatis jadi natural counter untuk Abaddon. Terlebih Rupture, Demonic Purge, dan Viper Strike kian pastikan pergerakan Abaddon jadi terbatas dan lebih mudah untuk dibunuh.

Oleh karena itu, opsi offlane jauh lebih sesuai untuk Abaddon karena mampu bertahan di lane dengan baik berkat Apotic Shield. Ultimate-nya, Borrowed Time, memastikan Abaddon mampu menahan serangan lawan yang berujung pada self-healing sehingga Abaddon merupakan salah satu pilihan tanker terbaik yang sulit ditaklukkan.

Sebagai offlaner, lazimnya Abaddon akan memprioritaskan utility item macam Lotus Orb, Vladimir Offering, bahkan Guardian Greaves untuk menambah kekuatan tim, termasuk Abaddon tentunya. Namun tak jarang juga membeli Radiance yang berfungsi sangat baik bagi Abaddon, menjadikan hero satu ini semakin sulit dan berbahaya untuk didekati. Berdasarkan statistik, winrate Abaddon mencapai 57,20% di offlane, sementara raihan 54,04% saat mengarungi safelane.

GAMEPLAY

Abaddon tidak memiliki disable karena hero ini diciptakan untuk menabrak pertahanan lawan bila menilai dari rangkaian skill yang dimilikinya. Apotic Shield pastikan segala macam disable terlepas dari kawan, sekaligus memberi ledakan area kecil bila mencapai batas damage tertentu. Bahkan Apotic Shield mampu menahan DPS dari Ice Blast, Doom, dan Acid Spray untuk hindari kematian pelan yang menyiksa.

Mist Coil mampu berikan damage signifikan ke lawan maupun heal kawan, kalian juga bisa melakukan self-denied dengan skill ini. Curse of Avernus jadikan Abaddon dan rekan makin lincah saat melakukan pengejaran dan Borrowed Time jadikan Abaddon pengacuh tower maupun kerusakan dari lawan karena setiap damage akan menyembuhkan dirinya selama berada dalam efek ini.

Kemampuan Abaddon untuk menerima serangan sekaligus menguatkan dan menyelamatkan kawan dalam pertempuran jadi nilai plus kenapa kamu harus menggunakan Abaddon. Meski memiliki impact tinggi sejak early sampai mid game, perannya kurang efektif di late game namun bisa tetap terbantu dengan sokongan dari item-item.

STARTING ITEMS

Sebagai offlane, pastikan untuk membawa consumables untuk menjaga health bila terkena serangan. Memiliki Boots of Speed lebih dulu cukup efektif untuk bermanuver di sela-sela hutan demi mencuri exp sekaligus melarikan diri dari upaya harras support lawan. Namun item sustain macam Stout Shield juga bermanfaat memperkuat diri Abaddon saat harus terkena pukulan. Magic Stick atau magic wand berfungsi sebagai penyelamat di saat darurat, sementara Orb of venom jadi item penting bila fase laning kamu sukses dan mampu kuasai carry lawan.

Gunakan Apotic Shield untuk melindungi diri ketimbang mengharas lawan secara agresif dengan skill ini. Waspadai upaya bait dari lawan untuk memancingmu dive terlalu jauh. Curse of Avernus juga bisa jadi alat melarikan diri dengan memukul lawan sehingga mendapatkan tambahan buff movement speed agar semakin sulit dikejar dan pukulan musuh makin lambat.

Upgrade Boots menjadi Tranquil atau Phase Boots bisa jadi item penting, tergantung situasi yang kamu alami. Bila kesulitan di lane, prioritaskan Tranquil untuk jaga ketahanan diri, sementara Phase Boots bagus untuk menambah daya agresifitas dan potensi kill. Vladimir Offering, Lotus Orb, Solar Crest sampai Drum of Endurance menjadi item core yang bagus untuk tingkatkan kemampuanmu dan tim.

Shiva’s Guard, Assault Cuirass, Radiance, dan Abyssal Blade adalah item mewah yang jadikan Abaddon makin sulit ditaklukan. Namun, bila posisi tertinggal bisa pertimbangkan Force Staff, Mekans, atau Guardian Greaves, Pipe of Insight, dan Glimmer Cape.

Berikut adalah build dari Newbee.kpii pada 5 match terakhir, menggunakan Abaddon:

TALENT CHOICES

Level 10: 20% exp akan cukup membantu bila kamu tertinggal di lane, namun apakah cukup untuk membalikkan levelmu dengan cepat? Abaddon tidak memiliki kemampuan flash farm meskipun bermodalkan skill aoe pada Apotic Shield, yang faktanya kurang bisa diandalkan dalam farm. Sementara tambahan 25+ movement speed akan tetap signifikan sepanjang pertandingan dan membuatmu semakin cepat di berbagai situasi. Bahkan, pilihan talent berorientasi movement speed memiliki winrate 3,2% lebih tinggi dibanding 20% exp.

Level 15: Talent kedua cukup menggiurkan karena menawarkan heal/damage yang lebih besar, atau 6 armor yang tentunya sangat lumayan menambah ketahanan fisik Abaddon. Bila berhadapan dengan line-up hero yang banyak menggunakan kerusakan fisik, memilih armor akan sangat membantu dibanding tambahan Mist Coil. Namun bila butuh burst dan heal yang lebih efektif, maka talent pertama lebih disarankan. Faktanya, pemilihan 50+ Mist Coil Damage/Heal kantongi winrate 1,1% lebih besar.

Level 20: 90+ damage jadikan Abaddon hitter handal untuk menghancurkan tower, plus melakukan farm tambahan dengan lebih cepat maupun memberikan dps kepada musuh. Saingannya, 15% cooldown reduction juga menggiurkan untuk Abaddon yang artinya semakin sering spell bisa dikeluarkan. Namun  apakah Abaddon memiliki ketersedian mana untuk sering keluarkan spell? Bila Abaddon memiliki Arcane Boots persoalan mana bukan masalah dan CD reduction akan sangat mempercepat Borrowed Time, sehingga Abaddon makin menyulitkan dalam war.

Bila mengincar CD reduction, Abaddon bisa menggunakan Octarine Core dan memanfaatkan 90+ damage untuk membantunya farm lebih cepat. Atau bila game diperkirakan berlangsung terlalu panjang, tambahan Radiance sebelum Octarine akan membuat Abaddon 'Abadi' dalam pertarungan. Faktanya, lebih banyak orang memilih 90+ damage karena kantongi 1.9% winrate lebih baik.

Level 25: +25% Curse of Avernus Slow dan +250 Apotic Shield sama menariknya. Untuk seorang carry, tambahan movement slow pada Abaddon akan jadikan lawan bergerak di tempat dan sulit mengelak dari sambitan pedang Abaddon. Namun bagi tanker dan utility core, tambahan damage threshold sebanyak 250 akan sangat menolong Abaddon maupun rekan yang melakukan dive atau terkena serangan. Faktanya, lebih banyak orang memilih +250 Apotic Shield health dibanding buff Curse of Avernus walau kantongi 0,9% win rate lebih baik.

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Video Pilihan
Solo MMR
1 TNC.ARMEL.ANGGAME
2 MSCerberus.23savage
3 LOTAC.ChYuaN.LFT
4 Fnatic.Abed
5 Mineski.AhJit.阿捷♥颖
6 EVOS.k`wonderkid.EVERGARDEN
7 BOOM._Mikoto_.02
8 Voyager.Mac.iwnl
9 LOTAC.skem.EternaLEnVy666
10 Mineski.Moonn.Timun
1 Wolfgang
2 VG.Paparazi灬.黑鲸HLAJEANS
3 FTD.vtFαded.謎夢
4 VG.Yang.黑鲸HLAJEANS
5 Eurus
6 PSG.LGD.小可.黑鲸HLAJEANS
7 Dstones.♥卷
8 DBG.Ms
9 Waixi
10 你惧怒贪怨嫉妒恨吗 ?
1 z12.Homomobile
2 Kaban.Nine
3 VP.RAMZeS666.<3
4 Vega.gpk
5 FTM.tw.tv/ark_dota.lft
6 FWD.Sneyking.Mr.Cat
7 NiP.Saksa.Betway
8 Liquid.Miracle-
9 EG.Cr1t-.13
10 Winstrike.DM
1 J.Storm.FoREv.GG.Bet
2 EG.rtz.tyx
3 Infamous.Timado.安博电竞
4 coL.Limmp
5 EG.SumaiL.1999
6 Tiange2015
7 tt.Gunnar
8 Infamous.skiter.安博电竞
9 thats just life sometimes
10 Egorco
1 EVOS.k`wonderkid.EVERGARDEN
2 BOOM._Mikoto_.02
3 RR.QEON.♥RusmαÑ -奎因?.wolF
4 BOOM.Fbz
5 BrX.Azur4.PREDATOR
6 BrX.Ifr1t!.RingerHut
7 AlterEgo.MyDearest
8 AlterEgo.Hyde-
9 Leyasu Tokugawa
10 EVOS.Whitemon
Team MMR
1 Team Secret 1622
2 Virtus.pro 1474
3 Vici Gaming 1473
4 Fnatic 1460
5 VGJ Storm 1450
6 Team Liquid 1444
7 Evil Geniuses 1435
8 Unknown 1429
9 PSG.LGD 1429
10 KEEN GAMING 1409
Yamisok