Kaskus Battle

Rotasi dan Intuisi, Pemain Support 4 Paling Berpengaruh

Billy
01/03/2018 10:20 WIB
Rotasi dan Intuisi, Pemain Support 4 Paling Berpengaruh
Esports.ID

Ikuti meta di patch 7.09 yang mengedepankan team fight, peran support 4 semakin penting pengaruhnya. Tidak hanya untuk beri keunggulan sebanyak mungkin bagi para core hero di fase laning, namun kadang jadi penentu dengan permainan-permainan indah di late game. Transisi dari hero support INT ke hero tipikal STR / AGI yang berikan lebih banyak utilitas membuka dinamika baru terhadap jalannya pertandingan DOTA 2 itu sendiri.

Kini, aksi-aksi dari para support 4 telah menggeser binar idaman para viewers. Fans lebih banyak mengidolakan playmaker bayangan dibandingkan carry atau midlaner, alasan utamanya karena kesuksesan para player dalam memainkan hero-hero signature dengan dampak signifikan yang sering terekam dari highlights memukau pada kanal streaming. Ada siapa saja pro player idaman yang pengaruhnya paling krusial sepanjang Pro Circuit tahun ini? Cekidot sobat eSports!

5. Newbee.Kaka

Penampilan Hu 'Kaka' Liangzhi bersama Newbee mungkin belum secerah musim lalu, meski hanya torehan gelar runner-up di ajang International 7. Raihan dua gelar minor (Perfect World Masters dan ESL One Genting) sejauh ini, belum sesuai ekspektasi ataupun performa standar Newbee walau masih bercokol di peringkat 5 klasemen Pro Circuit.

Kaka, yang juga pegang rekor sebagai pemain dengan MMR 9.000 pertama di server Cina, sebagai kapten / drafter, dipercaya dapat terus angkat prestasi Newbee lewat permainan tenang dan terukurnya menggunakan hero playmaking macam Earth Spirit, Sand King, dan tren masa kini, Naga Siren.

4.Vici Gaming.LaNm

Pemain veteran yang sempat umumkan pensiun setelah International 2014, Zhang 'LaNm' Zhicheng akhirnya memutuskan kembali bersama Big God, dan kini berlabuh di Vici Gaming. Boleh jadi di region Cina, VG berada di bawah bayang-bayang Newbee. Namun untuk urusan prestasi di Pro Circuit, VG dan LaNm lebih konsisten dengan torehan 4 kali runner-up di berbagai ajang Pro Circuit, dan membuat timnya berada setingkat lebih baik dari Newbee.

Performa Vici Gaming pun tak pernah merosot jauh dari menengah ke atas, dan tentunya semua berkat andil dari kematangan LaNm. Sang support brilian ini cukup terkenal dengan gameplay Sand King dan Naga Siren, serta cukup sering manfaatkan pula agresi dari Undying ataupun Bounty Hunter.

3. Secret.YapZor

Lama malang-melintang di tim semenjana atau kelas menengah, Yaized 'YapzOr' Jaradat temukan sorotan yang sepantasnya kala direkrut Team Secret. Penampilannya dengan Rubick semakin terkenal dan dielu-elukan para fans yang bermimpi bisa memainkan Rubick layaknya pemuda 23 tahun ini. Kesuksesan YapzOr dalam berduet dengan Clement 'Puppey' Ivanov, bagaikan Yin dan Yang bagi Team Secret.

Ketika Puppey lebih analitis dan mendalam, serta tipikal yang cenderung defensif, maka YapzOr bermodalkan pool hero yang luas terus berikan tekanan kepada lawan hingga mampu ubah situasi sulit jadi menguntungkan. Andaikata Rubick pun akhirnya terbelenggu, para fans tetap bisa mengandalkan YapzOr yang tampil tak kalah menakutkan kala tunggangi Earthshaker, Elder Titan, ataupun Mirana. YapzOr mampu bawa Secret berada di peringkat dua klasemen Pro Circuit berkat torehan memuaskan di beberapa turnamen berskala Major.

2. Liquid.GH

Salah satu pionir yang meletupkan nama support 4, di mana tiada hari tanpa aksi brilian dari Maroun 'GH' Merhej. Jadi momok paling menakutkan di International 7 dengan hero andalan macam Earthshaker, IO, dan Keeper of The Lights, yang selalu jadi incaran ban para lawan.

Seakan mampu mengubah takdir pertandingan, GH bahkan diberikan prioritas farm lebih dulu dibanding sang carry, Amer 'Miracle-' Barqawi bila situasi tak memihak Liquid. Meski belum rengkuh titel major, performa GH pastikan Liquid tetap berada di jajaran atas saat ini dengan terus menempel pesaing-pesaing tersulit.

1. Virtus.pro RodjeR

Entah bagaimana nasib Vladimir 'RodjeR' Nikogoysan bila tetap berkostum Natus Vincere. Karena yang jelas masa depannya kini terlihat lebih cerah setelah bergabung dengan VP. Tak tanggung-tanggung, Rodjer bawa VP juarai satu titel major lagi, yakni ESL One Katowice, sekaligus sabet gelar MVP of the Tournament yang berkahi dirinya hadiah tambahan berupa satu unit mobil Mercedes-Benz.

Permainan RodjeR lipat-gandakan agresivitas dari VP dengan hero Earthshaker, Nyx Assasin, dan Night Stalker. Bila debutnya sudah memberikan dampak sebesar ini, bukan tidak mungkin formula juara VP bersama RodjeR akan bawa tim asal CIS mendominasi ajang Pro Circuit yang tersisa.

Itu dia para support empat yang pengaruhnya sangat besar sepanjang perjalanan Pro Circuit di tahun ini. Adakah favorit kamu yang disebutkan di atas? Atau jangan-jangan idolamu kurang unjuk gigi musim ini?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Solo MMR
1 Tigers.k`wonderkid
2 SeTH.j3E3Bie
3 vtFαded
4 AlterEgo._Mikoto_
5 `AlaCrity -
6 LOTAC.ChYuaN.SPG
7 TNC.ARMEL.竞技宝
8 RR.QEON.♥RusmαÑ -奎因?
9 BOOM.Fervian
10 RSG.Meracle-
1 Serenity.zhizhizhi
2 VG.Paparazi灬.龙虾竞技
3 VG.Ori.龙虾竞技
4 怒怨恨意贪妒罪恶恐惧
5 CDEC.Xm
6 Chaoyue
7 IG.ghost
8 VG.Yang
9 睫毛小金刚♪
10 IP.idc
1 Zitraks
2 Secret.MidOne.U赢电竞
3 VP.No[o]ne-
4 Karolina2012
5 Liquid.Miracle-
6 Liquid.MATUMBAMAN
7 epileptic kid
8 ferzee.Daxak
9 Alliance.Boxi.Monster
10 Na`Vi.Crystallize.GG.BET
1 EG.rtz.唐柔
2 coL.Limmp
3 I will remind u
4 Bx.Kōtarō
5 FWD.Universe
6 paiN X.CCnC
7 TFT.Chessie
8 MOOA.Moo
9 Infamous.Timado.deathwithin
10 lelis2
1 Tigers.k`wonderkid
2 AlterEgo._Mikoto_
3 RR.QEON.♥RusmαÑ -奎因?
4 BOOM.Fbz
5 RR.QEON.R7
6 BrX.Ifr1t!
7 SBCplay.Cije
8 PG.Orca.Mamang Daya
9 RR.QEON.Yabby.QeonationJr
10 PLAYGROUND.cNz-
Team MMR
1 PSG.LGD 1591
2 Team Liquid 1580
3 OG 1550
4 Evil Geniuses 1532
5 Virtus.pro 1504
6 VGJ Storm 1450
7 Team Secret 1439
8 Unknown 1429
9 Team NP 1401
10 (monkey) Business 1389