Cening Ayu Gaming, Pesona Tim eSports Ladies Asal Bali

MikeApalah
10/04/2018 09:43 WIB
Cening Ayu Gaming, Pesona Tim eSports Ladies Asal Bali
Cening Ayu Gaming

Semakin menjamurnya pemain MOBA Phone, maka belakangan ini makin jarang pula gamer menggeluti game-game PC, terlebih dari kalangan cewek.

Namun, hadirnya tim DOTA 2 asal Pulau Dewata, Cening Ayu Gaming (disingkat CAG) bisa menjadi pencerah di tengah minimnya gamer wanita yang getol mainkan game keluaran Valve ini. Menakar potensi positif tersebut, tim Esports.ID pun tertarik untuk mewawancarai CAG, yang beranggotakan 7 dara manis asal Bali.

ESPORTS.ID: Boleh diperkenalkan nama, nick, dan posisi masing-masing anggota dari CAG?

CENING AYU GAMING:

Charity Tamara (TamTam - role support)
Anastasya Ade
(M1ND - role Carry)
Michelle
(Michehe - role offlane)
Ayu Diana
(GoldGirl999 - role Midalane)
Paramitha Pradnya
(Metong - role support)
Gayatri Putri
(aya - standin)
Ani Moi
(Ahnnnn~  - standin)

ESPORTS.ID: Apakah dari awal pertama kali bertemu sudah mantap untuk membuat tim DOTA 2?

CENING AYU GAMINGAwal mula terbentuk secara tidak sengaja. Kami bertemu saat event 'Meet & Greet Nixia' di Bali, kira-kira bulan Juli. Saat itu, hanya bertiga, hingga akhirnya kami mengumpulkan anggota lainnya sampai sekarang sudah berjumlah 7 orang.


Tim Cening Ayu Gaming Sedang Berlatih

ESPORTS.ID: Apa sih yang membuat kalian tertarik dengan DOTA 2?

CENING AYU GAMING: Awalnya si TamTam yang dulu ngajakin anggota lain buat belajar main Dota dan bikin tim bersama michehe & goldgirl999. Lama-lama jadi suka dan ketagihan main. Anggota yang lainnya memang dari awal sudah main DotA (1), jadi tinggal lanjut ke DOTA 2...hehehe.

ESPORTS.ID: Berapa lama kalian menghabiskan waktu untuk bermain DOTA dan latihan sebagai tim?

CENING AYU GAMING: Biasanya sih cuman sekitar 4-5 jam saja, tergantung berapa lama dikasih keluar sama orang tua masing-masing.

ESPORTS.ID: Belakangan ini, mobile game menjadi suatu fenomena tersendiri. Bagaimana pendapat kalian khususnya terhadap game-game bergenre MOBA via smartphone, seperti Mobile Legends dan AOV?

CENING AYU GAMING: Yah, sebenarnya makin lama game itu bakal semakin berkembang dan banyak juga orang yang ‘ga punya waktu buat main di depan PC. Bagus kok buat killing time sama bikin gathering atau turney kecil di kalangan pemain MOBA phone.

ESPORTS.ID: Sebagai tim yang seluruhnya beranggotakan wanita, tentu kalian tidak mau hanya di-cap sebagai 'pemanis' atau hiburan di scene DOTA 2 Indonesia. Bagaimana kiat-kiat atau strategi agar bisa berkompetisi dengan para tim pria?

CENING AYU GAMING: Kami berusaha untuk bisa bermain dan bersaing dengan para tim pria di luar sana, dan strategi kami cuma melatih skill sekaligus juga mental sebelum benar-benar berlaga di turnamen.

ESPORTS.ID: Bagaimana caranya mengatur kehidupan pribadi (mungkin ada yang sekolah, kuliah, atau pacaran) dengan kepentingan tim? Apakah ada peraturan khusus mengenai hal ini?

CENING AYU GAMING: Intinya CAG ga pernah memaksa harus banget ikut jadwal, karena sama-sama punya urusan kehidupan masing-masing. At least, saat memang dibutuhkan untuk tim wajib fokus demi tim. Jadi, kami selalu sediakan waktu, karena tidak saban hari dan setiap detik juga ketemu hehehe..


Cening Ayu Gaming on Magazine

ESPORTS.ID: Tentu kalian mendengar / mengetahui kalah baru-baru ini ada GESC Indonesia Minor 2018. Bagaimana tanggapan kalian mengenai event ini?

CENING AYU GAMING: Hiks, kami tidak ada yang bisa dateng dan nonton *cry*, tapi kami punya harapan dengan adanya GESC maka banyak tim indonesia yang bisa go international (( GO TI8 )). Pastinya juga, bakal lebih banyak event semacam GESC yang akan diselenggarakan di Indonesia.

ESPORTS.ID: Bagaimana tanggapan kalian mengenai perkembangan industri eSports dewasa ini?

CENING AYU GAMING: Industri eSport juga sama ketatnya kayak pekerjaan. Makin banyak perkembangan dan kian maju berarti harusnya eSport di indonesia tidak bakal lagi dianggap remeh atau dipandang sebelah mata.


Berhasil Memikat ACYUTA dan MSi menjadi sponsor

ESPORTS.ID: Ada pesan-pesan bagi seluruh gamer pecinta eSports di Indonesia?

CENING AYU GAMING: Pokoknya, berusahalah untuk tidak menjadi feeder di tim *lol*, apalagi bersikap toxic, harus humble & be smart! Terakhir, jangan pernah malu tanya sama yang lebih jago dari kalian ya :)

Bagaimana sobat eSports? Mau kenalan atau latihan bareng tim Cening Ayu Gaming? Langsung aja like fanpagenya dan dukung terus eSports Ladies Indonesia!

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Solo MMR
1 TP.NND.inYourdreaM.california
2 Secret.MidOne
3 Fnatic.Abed
4 FDG.`AlaCrity -
5 TNC.Raven.竞技宝
6 SeTH.Lovely MuCha
7 TNC.Armel.竞技宝
8 AlterEgo._Mikoto_
9 TNC.Tims.竞技宝
10 Meracle-
1 VG.Paparazi灬.Mr.Cat
2 iG.Xxs
3 VG.Ori.Mr.Cat
4 Eclipse.ghost
5 Serenity.zhizhizhi
6 FTD.S1umang
7 PSG.LGD.Chalice.凌仕LYNX
8 PSG.LGD.Somnus丶M.凌仕LYNX
9 EHOME.i.Xm
10 EHOME.Faith_bian
1 VP.No[o]ne-
2 Liquid.MATUMBAMAN
3 @Believe
4 paiN.w33.haa安博电竞
5 Liquid.Gh
6 Kzar
7 VP.RAMZES666.六六六
8 .Xcalibur
9 .FoREv
10 NOT MAD AT ALL
1 OpTic.CCnC
2 I will remind u
3 EG.rtz YB`a.唐柔
4 vanN
5 sr4ever.スクールラYK
6 coL.Chessie
7 SG.Costabile.久州竞技
8 CG.Jeyo
9 Monster
10 VGJ.Storm.YS.10
1 AlterEgo._Mikoto_
2 BOOM.Fbz.Yufera
3 XcN.Ifr1t!.Game.ly
4 BrX.Azur4.CubeTV
5 AlterEgo.Hyde.-
6 RR.QEON.♥RusmαÑ .Tokopedia
7 RR.QEON.R7.GO-JEK
8 RR.QEON.Yabby.ROG
9 Tigers.Xepher
10 RUBIX.FLIPFLOP
Team MMR
1 PSG.LGD 1602
2 Team Liquid 1589
3 Virtus.pro 1585
4 VGJ Storm 1470
5 Team Secret 1450
6 OpTic Gaming 1420
7 Mineski.E电竸 1414
8 Team NP 1401
9 Vici Gaming 1398
10 TNC Predator 1394
Yamisok