[GUIDE] Ketar-Ketir Ancaman Rikimaru, Si Pembunuh Yang Saru

Billy
26/04/2018 11:48 WIB
[GUIDE] Ketar-Ketir Ancaman Rikimaru, Si Pembunuh Yang Saru
dotabuff, esportsranks

Ancaman baru muncul ke permukaan, sejak patch 7.12 hero ini mulai banyak dilirik karena skill setnya yang di-rework ternyata sangat efektif. Siapa gerangan hero satu ini? Sulit mengetahuinya karena bergerak dalam sunyi adalah ciri khasnya. Butuh upaya lebih untuk melihat wujudnya karena ia tak terdeteksi bermodalkan mata telanjang.

Ialah Rikimaru, Stealth Assasin begitu julukannya. Hero mungil berwarna biru yang muncul tenggelam kini tanamkan posisinya sebagai pubstomper. Yang unik, efektifitasnya tak tercoreng walau ia diperankan sebagai support di awal game. Apa yang berubah dari Rikimaru sehingga membuatnya begitu populer disegala bracket?

Tak banyak yang berubah dari Riki selain Ultimate-nya yang dirombak. Alih-alih jadi AOE yang memukul setiap hero perdetik, kini Tricks of The Trade hanya menusuk satu musuh setiap 0,5/0,45/0,4 detik. Artinya meski Riki tidak lagi bisa “cleave” hero ketika ulti, tapi mekanik terbarunya dipastikan memukul lebih cepat dan mematikan untuk perorangan. Jadi  Riki mampu mengeliminasi satu target dari peperangan, terlebih bila ditunjang dengan itemisasi yang memadai.

Kelebihan lainnya dari Riki, ia tak perlu banyak kemewahan. Sekedar sepatu, Ring of Aquila dan terpenting, Diffusal Blade sudah cukup jadikannya biang kekacauan. Riki cocok untuk digunakan bagi penghuni MMR yang tergolong lower, kisaran 1000-4000 MMR karena kecenderungan pemain yang enggan korbankan sumber daya untuk mengantisipasi Riki.


Itemisasi Sederhana LFY. Ah Fu

Di bracket MMR menengah atas, signifikansi dari Riki agak sedikit menurun tapi tetap mematikan. Menggunakan Riki memaksa lawan untuk bermain penuh khawatir. Pembelian Sentry Ward terus menerus kurang efektif untuk mengejar Riki, Dust lebih efektif meski Riki bisa menghindarinya dengan Ultimate di waktu yang tepat.


Lonjakan Pick Rate Riki di 7.12

Pembelian Gem of True Sight secara dini bisa jadi menghambat pergerakan Riki tapi itu akan membuat tim kalian selalu bergerak bersamaan karena takut kehilangan Gem. Artinya musuh mendapat space yang lebih leluasa untuk farm karena posisi kalian mudah terdeteksi. Sebuah mind games, efek paling menyebalkan ketika berhadapan dengan Riki.

Beberapa hero juga bisa menjadi counter tapi bukan berarti Riki tak bisa mengantisipasinya. Bounty Hunter dan Slardar memiliki kemampuan untuk beri True Sight. Tetapi Riki sendiri mampu untuk membunuh salah satu hero tersebut dalam situasi 1on1. Lebih penting, hindari memilih hero-hero lembek seperti Skywrath Mage atau Crystal Maiden ketika berhadapan dengan Riki. Hero yang tanky lebih mumpuni seperti Barathrum atau Night Stalker.

Item paling wajib untuk digunakan melawan Riki adalah Force Staff karena itu menyelamatkan kalian dari radius ultimatenya. Baik itu hero melee atau ranged, item ini wajib ada sebelum Riki memiliki talent yang menambah jauh cakupan Tricks of The Trade.

Riki juga jadi lawan yang baik bagi hero seperti Anti-Mage, Storm Spirit dan Puck karena Smoke Screen memberikan efek Silence dan Slow. Opsi talent dari Rikimaru terbilang menarik seperti tambahan Critical, perpanjangan jarak inisiasi Blink Strike, memukul tanpa kehilangan status invisibilitynya atau Backstab Multiplier.

Riki adalah opsi yang baik bagi pemain yang menginginkan hero dengan kapasitas team fight dan pickoff yang baik. Meski agak keteteran diawal game, celah dimana lawan akan sebisa mungkin mengganjal potensi maksimalnya, namun Riki akan menggila di late game. Berbeda dengan Nyx Assasin yang cenderung stabil di segala fase tapi kurang memadai untuk urusan bunuh-membunuh. Ia lebih cenderung memberi ruang dan disable sebanyak-banyaknya bagi sekutu untuk habisi lawan.

Lain lagi dengan Bounty Hunter yang dampak maksimalnya sangat kentara di awal game namun menurun drastis di menit panjang. Tapi kompensasi dari Track Gold akan memberi ekonomi yang cukup bagi kawan untuk menutupi kekurangannya. Ia juga tipikal yang menghindari terlibat langsung dalam baku hantam atau dengan kata lain menjauhi terlibat di tengah pertempuran namun bergerak mencari kesempatan menghabisi yang pasti-pasti.

Adakah dari kalian seorang Riki spammer? Apakah Riki di patch saat ini overpower? Berikan tanggapan kalian dikometar ya guys

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Solo MMR
1 TP.NND.inYourdreaM.california
2 TNC.Raven.竞技宝
3 FDG.`AlaCrity -
4 TNC.Armel.竞技宝
5 SeTH.j3E3Bie
6 TNC.Tims.竞技宝
7 RR.QEON.RusmαÑ-.TokoPedia
8 AlterEgo._Mikoto_
9 EVOS.ilLogic
10 BOOM.Fervian
1 VG.Ori.龙虾竞技
2 KG.Ms
3 FTD.S1umang
4 EHOME.i.Xm
5 anaapple
6 VGJ.T.Yang.U赢电竞
7 c♪nicole灬
8 ghost
9 douyu.shuaige
10 ASD
1 Na`Vi.SoNNeikO.GG.BET
2 SQG.Zitraks
3 .Xcalibur
4 coL.Limmp
5 TSpirit.IllidanSTR SF46.QIWI
6 ST.twitch.tv/daxak
7 Kzar
8 Karolina2012
9 Hubert
10 coL.Chessie
1 Liquid.MATUMBAMAN
2 Fnatic.Abed.Rivalry.gg
3 EG.rtz.唐柔
4 VP.No[o]ne-
5 Secret.MidOne.U赢电竞
6 I will remind u
7 Liquid.Miracle-
8 VP.RAMZES666.六六六
9 VG.Paparazi灬.龙虾竞技
10 iG.Xxs
1 RR.QEON.RusmαÑ-.TokoPedia
2 AlterEgo._Mikoto_
3 RR.QEON.R7.GO-JEK
4 BrX.Azur4.CubeTV
5 AlterEgo.Hyde.-
6 RR.QEON.QeonationJr.ROG
7 BOOM.Fbz.Yufera
8 XcN.Ifr1t!.θεός
9 BD.Yuki
10 Tigers.Xepher
Team MMR
1 Team Liquid 1618
2 PSG.LGD 1574
3 Virtus.pro 1546
4 VGJ Storm 1503
5 Evil Geniuses 1478
6 Team Secret 1434
7 OpTic Gaming 1432
8 OG 1421
9 Team NP 1401
10 (monkey) Business 1389