Esports.ID

Siapa Lebih Berpeluang Lolos TI8, BOOM.ID atau IYD-Xepher?

Billy
21/06/2018 20:44 WIB
Siapa Lebih Berpeluang Lolos TI8, BOOM.ID atau IYD-Xepher?
liquipedia

Usai disuguhkan aksi ribuan tim amatir DOTA 2 di kualifkasi terbuka, kini mata tertuju pada 8 tim saringan terbaik, yang punya potensi dan kekuatan untuk dipadu-padankan dengan kekuatan regional demi rebut jatah menuju The International 2018. Dari kawasan Asia Tenggara, ada nama besar Fnatic dan TNC sebagai dua penguasa SEA, sementara Mineski sudah duduk nyaman di Kanada karena termasuk golongan 8 besar tim auto-invite berdasarkan peringkat selama Pro Circuit.

Uniknya, ada nama BOOM.ID, sebagai salah satu tim undangan regional qualifiers. Tim asal Jakarta ini tak perlu susah-susah lalui kualifkasi terbuka seperti tim Indonesia lainnya dan sudah nangkring menanti penantang terkumpul. Sempat ada gaung negativisme terkait undangan tersebut, mengingat secara prestasi BOOM.ID memang belum begitu bersinar, apalagi mereka sempat dua kali "mangkir" dari event Pro Circuit meski punya kans besar untuk lolos. Namun beberapa faktor penting yang mungkin jadi pertimbangan utama adalah stabilitas, performa, dan kiprah di scene domestik yang sangat vokal.

BOOM.ID, sebagai suatu organisasi eSports bisa dibilang sudah sekelas dengan brand kenamaan seperti Mineski dan TNC, karena tim ini bukan asal bentuk seperti kebanyakan pemain-pemain teamless di SEA yang hanya exist begitu ada turnamen tertentu. Tim ini memiliki prospek dan visi serta misi sehingga pantas menyematkan undangan regional mengingat di ranah SEA tidak ada banyak lagi tim yang memiliki stabilitas seperti BOOM.ID. Mengingat TNC, Fnatic dan Mineski sudah diundang, maka wajar BOOM.ID jadi salah satu kandidat.

Membuka kembali riwayat pertandingan mereka di beberapa kualifikasi Pro Circuit, BOOM.ID mampu tundukkan TNC ataupun Fnatic, hal ini tentu suatu prestasi membanggakan yang menandakan mereka sedang dalam performa menanjak. Meski disayangan mereka urung tuntaskan perjuangan karena mengikuti Indonesia Games Championship, yang mana mereka akhirnya keluar sebagai juara. Pada kesempatan qualifier kali ini, mereka siap tunjukkan auman serigala yang sudah lama terkungkung dari perhatian penonton DOTA 2 mancanegara.

Melanjutkan faktor "kelayakan", BOOM.ID selama setahun belakangan ini kerap menjadi juara di turnamen bergengsi tanah air. Beragam piala dan pundi-pundi hadiah telah tasbihkan mereka sebagai tim DOTA 2 terbaik di Indonesia, dan bila harus mengirim tim terbaiknya untuk berlaga melawan negara lain, tak perlu dipertanyakan karena memilih BOOM.ID adalah absolut, setidaknya saat ini.

Namun tak cuma BOOM.ID yang bawa nama Indonesia, ada pula InYourDream dan Xepher yang berjuang bersama pemain asing di TNC Tigers. Tim kedua dari brand TNC ini belum berumur panjang namun sudah tunjukkan potensi menjanjikan di bawah asuhan captain 1437, mantan pemimpin di TNC Phoenix.

Keberhasilan mereka tembus kualifikasi tertutup tentu mengagetkan banyak pihak karena ada banyak tim kuat SEA yang tersingkir. Akan sangat manis bila debut event Valve mereka bisa torehkan tempat ke main event. Terutama membayangkan pertemuan saudara TNC Phoenix vs TNC Tigers, atau CLBK IYD dengan BOOM.ID.

Sungguh menarik menantikan laga kedua tim dan pemain tanah air, closed qualifier berlangsung sejak 18 Juni hingga tanggal 25 Juni mendatang. Saat ini baru regional Cina yang tuntaskan pencarian peserta dengan Invictus Gaming dan Team Serenity jadi kontestan pertama yang lolos ke TI8 via qualifier.

Jangan lewatkan aksi BOOM.ID dan duo IYD-Xepher di kualifikasi regional SEA, tunjukkan semangat dan dukunganmu agar nama Indonesia berkibar di event International kedelapan nanti. Go IndoPride..!!!!

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Solo MMR
1 Secret.MidOne.U赢电竞
2 PSG.LGD.Ameame
3 Hubert
4 EG.rtz.地点
5 Fnatic.Abed.Rivalry.gg
6 Tigers.k`wonderkid.Eunex
7 Alliance.Boxi.GGBET
8 Karolina2012
9 VG.Paparazi灬.龙虾竞技
10 WG.Unity.NothingToSay
1 CDEC.Xm
2 Serenity.zhizhizhi
3 vtFαded.謎夢
4 EHOME.ASD
5 DBG.Ms
6 anaapple
7 EHOME.eGo
8 圣子华炼
9 Chaoyue
10 RNG.Monet
1 Sh
2 Seraph
3 VP.No[o]ne-
4 VP.RAMZeS666.Afoninja
5 coL.Limmp
6 Afk20.tw.tv/ark_dota
7 Espada.iLTW
8 Loc Doc
9 Liquid.Miracle-
10 Zitraks
1 Bx.Kōtarō
2 Bx.kingteka.XO~ToUr-liFe
3 $$$$.As . vanN
4 k1
5 vK.Lanaro
6 Infamous.Timado
7 007
8 TEAMTEAM.Ryoya
9 TEAMTEAM.Costabile.久州竞技
10 Infamous.Scofield
1 Tigers.k`wonderkid.Eunex
2 BOOM._Mikoto_
3 BOOM.Fbz
4 RR.QEON.♥RusmαÑ -奎因?
5 JG.lawlesshy^
6 AlterEgo..
7 Tigers.Xepher.Eunex
8 BrX.Azur4.PREDATOR
9 RR.QEON.Yabby.c
10 RR.QEON.R7
Team MMR
1 Team Secret 1596
2 OG 1550
3 PSG.LGD 1530
4 Team Liquid 1499
5 Virtus.pro 1460
6 Evil Geniuses 1452
7 VGJ Storm 1450
8 Unknown 1429
9 Team NP 1401
10 Vici Gaming 1390