First Warriors

Format Baru Pro Circuit, Beri Kelegaan Gonta-Ganti Roster

Billy
05/06/2018 13:51 WIB
Format Baru Pro Circuit, Beri Kelegaan Gonta-Ganti Roster
dota 2 blog

Meski masih berjalan satu event Pro Circuit terakhir, Valve tampak sudah berbenah dengan sistem Pro Circuit sebelumnya dan merilis pengumuman format anyar untuk tahun 2018-2019. Beberapa poin terpenting kali ini adalah pergantian roster tak lagi berimplikasi pada keluarnya tim dari persaingan Pro Circuit melainkan hanya mendapat pengurangan poin Pro Circuit apabila mereka berhasil finis top 4.


Kompak, Kunci Kesuksesan di Pro Circuit

Berkaca dari persaingan perdana di tahun ini, banyak tim yang memiliki poin kemudian didiskualifikasi dalam jalan mendapatkan tiket undangan otomatis ke TI. Ada juga kasus tim yang sudah menyerah dengan persaingan sehingga memutuskan untuk mengubah roster demi kesempatan arungi kualifikasi TI yang lebih memadai.

Kini, untuk sistem musim depan, poin akan dialokasikan untuk tim yang terdaftar alih-alih untuk pemain dari suatu tim seperti sebelumnya. Sehingga pergantian roster tak akan memberi pengaruh poin. Sebaliknya, setiap tim mampu mengganti pemainnya sepanjang musim setelah sebelumnya mendaftarkan nama lima pemain tetapnya. Implikasinya hanya pengurangan poin sebanyak 20% setiap melakukan pergantian pemain.

Salah satu hal penting lainnya adalah di musim mendatang, Minor dan Major akan berlangsung berpasangan. Dengan kuota dan format lebih tegas dari Valve yang menentukan jumlah tim untuk tiap skala event (minimal 8 untuk minor dan setidaknya 16 tim untuk major). Tidak ada lagi direct invite untuk Major, semua tim berjuang dari kualifikasi. Kualifikasi Major akan dimulai terlebih dahulu, bila suatu tim gagal, maka ia bisa mengikuti kualifikasi Minor setelahnya. Apabila ia berhasil menjuarai event minor tersebut, maka ia berhak atas slot pada Major yang akan datang.

Hal ini membuka kesempatan bagi tim-tim tier 2 untuk bisa bersaing di level tertinggi, hal yang menjadi banyak komplain banyak pengamat DOTA 2 di musim ini tentang kelemahan format Pro Circuit edisi pertama.

Seperti biasa, Valve juga menerima proposal dari pihak ketiga untuk menyelenggarakan event Pro Circuit, namun semua harus berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah Valve tentukan. Pengumuman resminya bisa kamu cek di sini.

Bagaimana sobat eSports? Apakah format terbarunya bisa lebih baik dari model di tahun ini?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 OG 1591
2 PSG.LGD 1534
3 Team Liquid 1509
4 Team Secret 1485
5 Vici Gaming 1454
6 VGJ Storm 1450
7 Unknown 1429
8 Evil Geniuses 1422
9 Team NP 1401
10 (monkey) Business 1389
LA Bolds Right