Esports.ID

DOTA 2 Dead Game? Ini Bukti Kalau DOTA 2 Masih Diminati Gamers

Billy
03/07/2018 10:07 WIB
DOTA 2 Dead Game? Ini Bukti Kalau DOTA 2 Masih Diminati Gamers
newzoo.com

Maraknya kemunculan game-game baru dan tentunya rivalitas dengan game sejenis membuat DOTA 2 beberapa bulan belakangan ini (katanya!), ditinggalkan pemain. Memang benar, untuk sementara waktu tapi sepertinya hal itu tidak definitif karena data terbaru mengatakan bahwa DOTA 2 memuncaki daftar game yang paling banyak ditonton di Twitch dan Youtube.


source: Newzoo.com

Berdasarkan data dari Newzoo.com, DOTA 2 memimpin daftar game yang paling banyak ditonton via kanal stream Twitch, sementara di Youtube, DOTA 2 terpaut satu posisi dari League of Legends yang berada di peringkat pertama. DOTA 2 nangkring di puncak berkat konten eSports atau fitur kompetisi yang ternyata sangat diminati oleh penggemarnya. Kenyataannya, DOTA 2 memang selalu memimpin dalam dua bulan sebelumnya soal konten tontonan turnamen dibanding game lainnya.

Bila berbicara dari total keseluruhan tontonan, DOTA 2 masih masuk setidaknya dalam 3 besar game yang paling banyak ditonton di bawah Fortnite dan League of Legends, khususnya di kanal Twitch. Meski sempat alami naik turun peringkat, namun saat ini sudah ada perbaikan dari jumlah total tontonan untuk DOTA 2 dengan menduduki peringkat 3. Sementara di Youtube, DOTA 2 masih terperosok di peringkat tujuh total tontonan berada di bawah World of Tanks, Minecraft dan ada di antara MOBA Mobile Legends serta CS:GO. 


Fitur kompetisi masih menjadi andalan DOTA 2 untuk menarik minat penonton, namun streamer macam Admiral Bulldog menyumbang banyak kontribusi bagi penonton untuk melihat DOTA 2 di ranah yang lebih menghibur. Nama BeyondTheSummit juga masuk dalam channel Twitch yang cukup banyak ditonton terutama karena BTS Summer Cup sedang bergulir minggu-minggu ini.

Bisa dipastikan saat The International 8 bergulir Agustus nanti, DOTA 2 akan kembali memuncaki daftar game yang paling banyak ditonton apalagi bila total prize pool tahun ini mampu memecahkan kembali rekor di tahun sebelumnya. Siapa yang mau melewatkan lahirnya milyarder baru?

DOTA 2 is a dead game? Sepertinya masih belum sobat eSports..