Smartfren

Mau Jadi Support yang Baik di DOTA 2? Wajib Baca Ini!

Billy
05/07/2018 13:43 WIB
Mau Jadi Support yang Baik di DOTA 2? Wajib Baca Ini!
Esports.ID

Membahas kembali soal peran tersulit dalam DOTA 2, tidak akan ada habisnya bila mengungkit pahit dan perih hal-hal yang dialami oleh seorang support. Tapi selalu ada cara bagi kalian, penekun jalan terjal untuk menari diatas penderitaan. Support yang baik akan membuat setiap permainan jauh lebih mudah dibanding support yang clueless. Untuk itu, kita kasih kamu petunjuk untuk bisa menjadi support yang baik dan dibutuhkan oleh tim.

1. Seberapa Besar Jiwa Supportmu? Ingin Menjadi Support Seperti Apa?

Harusnya sudah diluar kepala kalau kalian ingin menjadi support maka prioritas farm, gold dan exp bukan untuk kalian. Justru kalian harus memberikan prioritas tersebut kepada carry, mid, offlane dan mungkin support 4. Tapi bukan berarti kalian tidak boleh mendapat farm, gold dan exp karena ada waktunya dari segelintir waktu di pertandingan DOTA 2, kalian akan menemukan "your time" sendiri.

Beberapa orang ada yang menyukai bermain support passive. Menjaga carry di lane, memberikan heal dan buff, seorang penjaga setia. Ada yang suka bermanuver, bergerak kesana kemari dan bermimpi menciptakan permainan-permainan keren yang membuat ia dipuji rekan dan lawan. Keduanya adalah support namun dengan tujuan berbeda. Bila kalian bisa menentukan support seperti apa yang cocok dengan kalian, maka lekatkanlah peran tersebut. Namun sesekali memainkan hero dengan konsep berbeda dari zona nyaman kalian tak merugikan malah menambah perspektif kalian sebagai support.

Selanjutnya adalah memilih hero support yang sesuai dengan gaya kalian. Misalnya, kalian fokus dalam laning, maka hero seperti Dazzle, Lich, Crystal Maiden dan Ancient Apparition merupakan beberapa hero yang sempurna. Beberapa diantaranya tak diberkahi dengan movement speed yang baik sehingga kurang efektif untuk diajak jalan-jalan. Ada yang memiliki nuke kuat dengan cooldown sebentar, mengerikan bagi lawan yang berani mendekat.

Hero support dengan konsep roaming contohnya Earth Spirit, Sand King, Tuskar dan Earthshaker memiliki beberapa kesamaan diantaranya punya skill inisiasi untuk memulai serangan. Beberapa bisa menghalangi jalan agar musuh terjebak dan tak bisa ke tempat aman. Memiliki disable satu atau lebih juga penting untuk kesuksesan ganking. Contoh diatas juga cenderung tanky dengan tujuan untuk menerima lebih banyak hit ketimbang core yang bisa lebih mudah terbunuh bila memutuskan untuk bermain resiko. Tentu masih ada banyak alternatif  hero support dengan fungsi yang berbeda-beda, temukan favoritmu dan buat dia menjadi hero auto win sudah cukup meningkatkan kelas bahkan medal MMR-mu.

2. Fase Laning Menentukan Baik Buruknya Kamu Sebagai Support

Setelah memilih hero, maka bergerak ke lane adalah tahapan selanjutnya. Beberapa pemain mungkin akan kebingungan harus melakukan apa ketika laning. Ada yang diam saja menunggu hero lawan, ada yang sibuk menarik creep dan ada juga yang mendampingi carry tiap waktu sampai menyedot jatah exp yang harusnya bisa mempercepat keunggulan pos 1. Kalian harus banyak menerka dan analisa situasi dalam permainan kemudian menentukan tindakan terbaik.

Hal mendasar pertama adalah mengendalikan lane. Mudahnya, memukul creep lawan akan membuat creep kalian maju, men-deny akan membuat creep kalian mundur. Sejatinya, kalian ingin creep lawan ada dekat dengan tower kita agar musuh mendekat demi mendapatkan exp, setidaknya. Dengan situasi seperti itu, musuh akan lebih rentan untuk diserang dan kalian bisa melakukan haras dan mungkin membuka serangan. Tapi ingat jangan terlalu agresif karena musuh bisa jadi menyiapkan jebakan dan mengincar kalian. Perhatikan peta dan lihat ada berapa jumlah hero lawan yang terdeteksi. Bila kalian bisa memastikan hanya ada satu musuh di lane yang sama denganmu, maka hajar sekuat tenaga dan buat kesempatan bagi carry untuk melakukan kill.

Kalian juga wajib mengetahui potensi dari core, apakah mereka memiliki kemampuan untuk farming cepat? atau mereka cenderung tipe yang lebih bagus ikut berperang atau hero yang lebih baik dibiarkan sendiri dan farm terus menerus? Kalian tidak perlu stacking bila memomong hero seperti Chaos Knight, alih-alih bermainlah lebih agresif di lane karena CK punya kemampuan untuk mendekatkan lawan dan melakukan stun. Berbeda bila kalian menjaga Luna, dengan Moon Glaives ia bisa menghabisi banyak stackan neutral dengan cepat dan kembali ke lane. Slark pun mampu menghabisi stack, dengan regennya ia tak perlu banyak kembali ke rumah, akan tetapi hero ini lebih maksimal bila dibiarkan bergerak mencari mangsa setelah memiliki Shadow Blade.


Shadow Shaman Mumpuni Untuk Laning dan Ganking, Bahkan Punya Kelebihan Push

Di meta saat ini dimana tiap sidelane kemungkinan diisi oleh dua hero, maka yang perlu kalian latih adalah melakukan last hit dan deny. Pelajari hitungan pukulan untuk membantu carry mendapatkan last hit serta melakukan deny pada creep bersamaan. Dengan begitu kalian akan membakar banyak sekali gold dan exp yang bisa didapatkan musuh. Kembali, menganalisa kekuatan pasangan lawan sebelum bertindak agresif sangat disarankan di fase laning agar kalian tidak jadi golongan yang kalah adu jotos.

Kalian bisa meninggalkan carry bila offlane lawan tertinggal level cukup jauh, bantulah mid atau offlane sendiri untuk menguasai lane mereka. Bila posisi carry kalian justru yang tertinggal, jangan paksakan untuk bertahan, biarkan carry atau suruh ia berotasi ke jungle bila komposisi timmu belum cukup kuat untuk melakukan war akibat belum mendapatkan item atau tak memiliki skill ultimate. Buatlah kerusuhan di lane lain untuk memancing tim lawan merespon, dengan begitu mereka akan meninggalkan lane dan memberikan ruang bagi carry melakukan farm kembali.

Biasanya, support akan mengalami ketertinggalan level. Kalian akan sulit mencapai potensi terbaik kalian bila terus-terusan berada di level 3. Oleh karena itu, ganking adalah salah cara untuk mendapatkan level dan gold, begitu pula membantu stacking dan menghabisinya bersama carry. Namun peran rotasi juga penting, katakanlah mid kalian telah mencapai level 6 atau 8, daripada biarkan mereka terus-terusan di mid, dampaknya akan lebih baik bila mereka berpindah dan membantu lane lain atau manfaatkan waktu ketika mereka pergi ke hutan untuk menyelesaikan item dan menghabisi creep hasil tumpukan kalian. Selagi melakukan manuver tersebut, kalian bisa memutuskan untuk membantu atau mengisi lane yang kosong sementara untuk mendapatkan level dan exp kalian sendiri. Mencapai level 6 dan mendapat sepatu adalah titik aman pertama bagi seorang support khususnya ketika waktu masih baru berjalan 10 menitan.

3. Beli Ward Bukan Formalitas

Vision adalah aspek penting dalam DOTA 2, mereka disediakan oleh penglihatan lane creep, unit, hero, struktur dan juga ward.  Observer ward memiliki fungsi untuk memperlihatkan situasi pada map, seakan memberikan cahaya untuk memperjelas penglihatan. Item ini memiliki durasi dan tak bisa dibeli seenaknya, berbeda dengan Sentry Ward yang menunjukan True Sight atau penglihatan pada objek-objek yang menghilang seperti hero dan ward.


Ogre Magi adalah Support yang Kuat, Cocok jadi Pendamping Laning

Di awal game kalian diberi kesempatan untuk membeli dua ward, tujuannya tentu yang pertama pergunakan untuk melindungi core. Entah itu mid atau kepada offlane dan carry tergantung core mana yang lebih rentan serangan. Dengan satu ward, bisa mendeteksi pergerakan lawan sehingga kalian bisa melakukan antisipasi.

Sekitar 5 atau 6 menit kemudian setelah durasi ward pertama akan atau telah habis, belilah kembali ward untuk menjaga  tempat lainnya.. Seperti jungle musuh karena mid lane dari lawan seharusnya sudah memiliki skill yang cukup untuk melakukan farm ke hero jungle. Bila posisi kalian masih kurang aman, gunakan ward untuk menjaga titik-titik belakang untuk menghindari tusukan tak terduga.

Yang terpenting, jangan asal pasang ward karena asal terang saja tidak akan banyak membantu. Pergunakanlah dengan tujuan menyerang atau bertahan. Agresif ward menandakan kalian harus melakukan smoke dan menyerang musuh ke wilayahnya, defensif ward menandakan kalian harus bersiap dengan teleportation untuk segera berpindah membantu lane yang diserang. Tempat paling optimal memasang ward tentu saja di tebing tinggi yang menyediakan penglihatan menyeluruh, tapi tempat tersebut mudah di de-ward. Pasanglah ward dengan lebih kreatif atau straight forward saja, kalian ingin melihat pergerakan musuh di lane, ya pasang saja di jalan, atau di persimpangan tempat-tempat neutral creep beristirahat.

Ini adalah bagian pertama dari guide support DOTA 2 dari Esports.ID, part selanjutnya akan membahas hal-hal penting lain untuk membantu kalian menjadi support yang lebih baik, nantikan terus artikel terbaru dan guide-guide lainnya di Esports.ID

 

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Solo MMR
1 BOOM._Mikoto_
2 Tigers.k`wonderkid.Eunex
3 BOOM.Fervian.NexCarlos
4 LOTAC.Raven
5 LOTAC.ChYuaN.SPG
6 CG.` AlaCrity -
7 TNC.Gabbi.KC
8 Reaper.23savage
9 Mineski.kpii.威客电竞
10 Fnatic.iceiceice.ʕ•ᴥ•ʔ 두부두부두부
1 VG.Paparazi灬.黑鲸HLAJEANS
2 CDEC.Xm
3 Serenity.zhizhizhi
4 Chaoyue
5 FTD.vtFαded.謎夢
6 EHOME.Faith_bian.E.D.J
7 Aster.Xxs.E.D.J
8 EHOME.eGo
9 PSG.LGD.小可
10 DBG.Ms
1 VP.No[o]ne-
2 PSG.LGD.Ameame
3 Hubert
4 Karolina2012
5 NiP.Saksa.Betway
6 Alliance.Boxi.GGBET
7 Espada.iLTW
8 Secret.MidOne.U赢电竞
9 @Believe
10 RAZMES999
1 J.Storm.Moo.GG.Bet
2 EG.rtz.水
3 coL.Limmp
4 J.Storm.FoREv.GG.Bet
5 Pmakers.Kōtarō
6 Pmakers.kingteka.LFT
7 RSG.Meracle-
8 J.Storm.Bryle
9 A11.Sh
10 As . vanN
1 BOOM._Mikoto_
2 Tigers.k`wonderkid.Eunex
3 BOOM.Fbz
4 RR.QEON.♥RusmαÑ -奎因?
5 Leyasu Tokugawa
6 RR.QEON.Yabby.ooo
7 Tigers.Xepher.Eunex
8 AlterEgo.SN
9 JG.lawlesshy^
10 ThePrime.bfl
Team MMR
1 Team Liquid 1562
2 Team Secret 1488
3 PSG.LGD 1462
4 Vici Gaming 1458
5 VGJ Storm 1450
6 Unknown 1429
7 Virtus.pro 1412
8 Team NP 1401
9 Fnatic 1399
10 OG 1389
Yamisok