Esports.ID

Cara Menjadi Support yang Baik di DOTA 2 Part 2

Billy
10/07/2018 14:00 WIB
Cara Menjadi Support yang Baik di DOTA 2 Part 2
Esports.ID

Bila kamu telah membaca guide menjadi support yang baik di bagian 1, kita akan melanjutkan ke bagian kedua di mana aspek-aspek penting selanjutnya yang sangat berguna untuk memahami cara bertahan hidup menjadi support. Kalau belum, pastikan cek dulu bagian pertama agar tidak ketinggalan hal-hal esensial bagi support.


Meski Lemah, CM diprediksi Menjadi Support Pilihan Pada TI8 Nanti

Setelah membahas tipe support, fase laning, dan pembelian ward, maka kali ini kita akan masuk ke persoalan komunikasi, positioning, serta baiting.

1. Pemain Support Harus Vokal

Ibaratkan dirimu sebagai gelandang pengangkut air di sepakbola, kamu bertanggung jawab untuk tugas bertahan sekaligus bantu lini penyerangan, oleh karena itu kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik sebagai support. Kamu harus memberitahukan bila ingin melakukan gank ataupun stack, bahkan termasuk melarang carry untuk menyerang musuh sendirian bila di minimap tak terlihat pertanda musuh.

Chat Wheel, Ping alert menjadi alat efektif untuk menginformasi rekanmu. Kamu juga bisa menggambar di mini-map untuk memberi ilustrasi tentang kemungkinan pergerakan musuh atau jalur penyerangan. Gunakan fungsi-fungsi itu sebaik mungkin maka kewaspadaan dan soliditas tim kian meningkat.

Itu juga alasan mengapa banyak kapten tim berasal dari pemain support. Karena dari jenis hero support apa yang digunakan bisa menentukan gaya main dari timmu. Bila kamu menggunakan hero dengan keistimewaan di laning, maka bermain ganking kemungkinan kurang efektif sehingga lebih mengutamakan push. Berbeda bila memiliki hero support yang cepat dengan disable, maka bermain gank dan merebut map control bisa menjadi strategi utamamu.

2. Bila Teamfight Terjadi, Kurangi Memukul Lawan dan Sabar Menggunakan Skill

Dalam teamfight, seorang support bisa menjadi target lawan karena ketahanan yang lemah. Meski begitu tak perlu takut sampai menghindari teamfight. Support diperlukan untuk inisiasi serangan, karena biasanya mereka memiliki skill disable maupun nuke yang punya fungsi menyerang dan bila mampu bertahan selama mungkin dalam pertempuran agar bisa mengeluarkan skill sebanyak-banyaknya.

Untuk itu, kamu harus segera mengatur posisi dari menyerang ke jarak aman. Logikanya, radius spell wajib selalu lebih jauh dari jarak serang hero, termasuk hero range. Jadi menjaga diri dalam batasan radius spell bisa diasumsikan adalah posisi teraman dalam pertempuran. Ketika kamu memutuskan untuk right-click lawan, otomatis posisi kamu menjadi rawan dari AoE maupun carry musuh yang sudah mengidentifikasi posisimu.


Contoh Dari JerAx Bagaimana Menjadi Support Yang Efektif

Tentu hit diperlukan, namun sebaiknya lakukan seefektif mungkin dan tidak terus-menerus karena damage dari support biasanya tidak terlalu besar dan kecepatan serangnya pun tak mengagumkan, dengan pengecualian beberapa talent yang memberi insentif untuk sebagian hero.

Dengan menjaga jarak aman saat war, kamu bisa mengunci pergerakan hero lawan, menganalisa situasi, menghitung bala bantuan lawan yang datang dari belakang, dan menghadangnya agar rekan setim bisa menghabisi musuh yang sudah diinisiasi lebih dulu.

Memanfaatkan permukaan map di DOTA 2 juga bisa menjadi cara untuk mengelabui lawan. Pergunakan kontur high ground/low ground, juke spot, seperti pepohonan untuk menghilangkan vision lawan yang coba mengejar.

Mengetahui waktu terbaik untuk gank juga penting bagi support. Night time memberi keterbatasan vision bagi hero sehingga menurunkan kewaspadaan bagi lawan. Bila melakukan di siang hari, selalu manfaatkan smoke dan bergerak melalui high ground agar terhindar dari deteksi lawan yang menunggu di atas.

3. Kematian Sudah Lumrah bagi Support, Jadi Kudu Kontribusi Maksimal Sebelum Mati

Kamu tak perlu harus bermain sempurna saat menjadi support, lalu membangga-banggakan diri ketika terhindari dari kematian. Tetap hidup bisa mengandung dua arti, yakni antara kamu tak berkontribusi sama sekali karena menghindari pertempuran atau saking bagusnya kamu mengambil posisi dan selalu menemukan cara untuk bertahan hidup.


Shadow Demon Miliki Skill Bagus untuk Bait (Disruption) Sembari Menjaga Jarak (Shadow Poison)

Support selalu jadi incaran lawan karena lemah, tapi bukan sepenuhnya tak berdaya. Hero support diberkati skill yang selalu relevan di tiap fase pertandingan. Baik itu early, mid sampai late game, kemampuan mereka selalu bisa diandalkan meski keberadaan Black King Bar dan beberapa item lainnya mempersukar kehidupan support.

Manfaatkan hasrat besar lawan untuk membunuhmu bisa menjadi strategi mematikan. Bisa menghasilkan banyak keuntungan seperti memaksa musuh menggunakan BKB agar bisa membunuh dengan cepat, atau pancing lawan mengerahkan lebih dari 1 hero untuk menghabisimu, sehingga beri kesempatan rekanmu yang memiliki AoE untuk mengunci lebih banyak lawan.

Membunuh satu core saja sudah memiliki keuntungan besar bila ditukar dengan dirimu karena perbedaan gold dan exp yang sangat senjang. Mungkin saja kamu masih bisa hidup dengan menyisakan sedikit HP bila mentaati point kedua, tentang memanfaatkan juke spot agar menghilangkan vision lawan.

Strategi ini tentu punya persentase 50:50 kesuksesan, di fase late game, di mana lawan akan mengetahui kamu adalah pancingan. Kali ini jadikan teman coremu sebagai bait karena mereka lebih berharga. Tugasmu adalah menghalau musuh terutama barisan back line mereka untuk bisa masuk dan mendisable coremu lebih lama. Bila initiator lawan sudah masuk, maka menghentikan hero tersebut sudah terlambat, jadi sebaiknya berganti target ke lawan yang akan bergantian menyerang.


Lion Bisa Mengunci Pergerakan Lawan dan Menghabisi Target Penting dengan Cepat

Lawan yang mengeluarkan spell ke arahmu berarti menghindarkan core-mu terkena jurus mematikan. Dengan begitu kesempatan timmu melawan balik lebih terbuka karena jurus lawan sudah terpakai ke target berbeda.

Jangan lupa dalam menyerang dan bertahan, kamu harus mempersiapkan perbekalan seperti Observer Ward dan Sentry. Ini bisa memberi dampak penting untuk mengetahui siapa saja musuh yang datang menyerang atau posisi bertahan mereka.

Itu dia beberapa tips lanjutan untuk menjadi support yang baik dan punya intuitif. Kamu harus mempelajari terus bermain support dengan praktek langsung sembari mengingat tipsnya, atau menonton pemain support favoritmu akan membantu memvisualisasikan pergerakan mereka ketika terjadi war.

Bila ada aspek support lain yang ingin kamu kuasai lebih baik, sampaikan di kolom komentar yah sobat eSports.

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Solo MMR
1 Tigers.k`wonderkid.YOKYBEN
2 Secret.MidOne.U赢电竞
3 Fnatic.Abed
4 Karolina2012
5 WG.Unity.NothingToSay
6 LOTAC.ChYuaN.SPG
7 AlterEgo._Mikoto_
8 Pandaria.K`LFT
9 Hubert
10 SeTH.!3eebieeeee
1 Serenity.zhizhizhi
2 VG.Paparazi灬.龙虾竞技
3 vtFαded.謎夢
4 Aster.Xxs.亿电竞
5 国服猪狗养殖场
6 CDEC.Xm
7 PSG.LGD.Ameame.凌🔟仕LYNX
8 PSG.LGD.小可.凌仕LYNX
9 EHOME.eGo
10 Newbee.Sccc
1 DTN.Xcalibur
2 VP.No[o]ne-
3 Alliance.Boxi.Monster
4 Seraph
5 Zitraks
6 VP.RAMZeS666.arseQQ
7 Na`Vi.SoNNeikO.GG.BET
8 @Believe
9 NiP.Saksa
10 RAZMES999
1 EG.rtz.唐柔
2 coL.Limmp
3 Bx.Kōtarō
4 coL.Sneyking.yage
5 paiN X.CCnC
6 Infamous.Scofield
7 J.Storm.Moo
8 Infamous.Timado
9 paiN X.Lelis
10 TEAMTEAM.Ryoya
1 Tigers.k`wonderkid.YOKYBEN
2 AlterEgo._Mikoto_
3 RR.QEON.♥RusmαÑ -奎因?
4 BOOM.Fbz
5 Leyasu Tokugawa
6 BrX.Azur4.CubeTV
7 Cije LFT
8 PLAYGROUND.cNz-
9 Tigers.Xepher.Juju
10 RR.QEON.R7
Team MMR
1 PSG.LGD 1552
2 OG 1550
3 Virtus.pro 1501
4 Team Liquid 1499
5 Evil Geniuses 1496
6 VGJ Storm 1450
7 Unknown 1429
8 Fnatic 1423
9 Team Secret 1421
10 Team NP 1401