Esports.ID

Apakah Aghanim Scepter Item yang Bagus untuk Anti-Mage?

Billy
02/08/2018 09:37 WIB
Apakah Aghanim Scepter Item yang Bagus untuk Anti-Mage?
vpesports

Aghanim menjanjikan perubahan skill secara signifikan dari sebagian hero di DOTA 2, termasuk Anti-Mage. Di patch 7.00, Anti-Mage menjadi hero kesekian yang mendapat keistimewaan tersebut. Efek Aghanimnya,  menciptakan pelindung dari Spell Shield, yang membuatnya anti-spell dengan menghalau sekaligus membalikkan efek spell ke hero yang mengeluarkannya tiap 12 detik.

Secara pragmatis, bonus ini sangat menggiurkan mengingat betapa rentannya Anti-Mage dari disable target seperti Hex, Stun, atau beberapa Ultimate pembuat gelisah, Rupture dari Bloodseeker. Mudahnya, efek Aghanim memberikan keuntungan Linken Sphere dan Lotus Orb sekaligus. Tapi apa benar Aghanim adalah item yang bagus untuk Anti-Mage? Mengapa masih banyak pemain yang lebih memiliki Linken Sphere, dan Black King Bar dibanding Aghanim? Ini beberapa alasannya.

- Efek Pedang Bermata Dua

Sayangnya, efek spell blocking yang bagus tak diiringi interaksi spell reflection yang diharapkan. Terkadang Anti-Mage melakukan hal yang 'tidak-tidak' dikarenakan Aghanim Scepter. Sebagai contoh, ketika Tuskar melakukan Snowball kepada Anti-Mage, kedua hero ini akan menjadi bola salju dan bersinggungan. Anti-Mage tentu berada dalam kesialan, karena saat harusnya melarikan diri namun karena efek Aghanim dia malah menjadi bola salju secara otomatis dan menggelinding ke arah musuh?

Interaksi yang sama terjadi dengan Spirit Breaker. Charge of Darkness akan berfungsi seperti biasa bila ditargetkan ke Anti-Mage, namun efek Aghanim akan membuat AM ikut-ikutan nge-charge si Space Cow. Untungnya bisa di-cancel dengan melakukan perintah berjalan.

- Beberapa spell tidak mengaktifkan Spell Shield

Ya, ada beberapa jurus yang ternyata luput dari perlindungan special spell shield Anti-Mage, di antaranya Nether Swap. Ultimate dari Vengeful Spirit ternyata berfungsi seperti biasa seakan-akan Anti-Mage tak mempunyai Aghanim sama sekali. Hal ini disebabkan skill ini hanya berfungsi menukar posisi, meskipun dalam beberapa kasus Anti-Mage tak perlu khawatir posisinya tertukar karena dia bisa kabur kembali dengan mudah.

Jurus lainnya datang dari Nyx Assasin. Klan serangga satu ini bisa membodohi sistem pertahanan Aghanim milik Anti-Mage dengan mengaktifkan Spiked Carapace dan Mana Burn. Karena efek dari Aghanim yang membalikkan efek spell Mana Burn kembali ke sang pemilik, Nyx dengan Carapacenya juga menegasi efek tersebut menjadi stun ke Anti-Mage. Sehingga Nyx memiliki dua disable berdurasi 5 detik bila Anti-Mage membuat Aghanim Scepter.

- Pembelian Item yang Sia-sia

Salah satu bonus yang tidak kamu inginkan dari Aghanim Scepter ketika berharap menangkal inisiasi dari Legion Commander yang berupaya Duel dengan Blade Mail, meski jurus tersebut bisa di-block, namun karena Aghanim, kini kamu men-duel LC. Jadi sebenarnya sama hasilnya. Sial lagi, Aghanim Scepter tak membantu apapun bagi Anti-Mage dalam Duel, kecuali LC yang terbantu dari skill passive dan item terutama Blade Mail.

Skill Sunder milik Terroblade juga berdampak buruk untuk Anti-Mage. Cara kerja yang sama seperti Duel, meski upaya TB terhalau oleh Aghanim, namun secara otomatis Anti-Mage juga melakukan Sunder ke TB, hasilnya dia menukar darahnya yang banyak untuk darah sekarat TB.

Membeli Aghanim untuk menghalau Rubick juga sia-sia, meskipun tak mampu mencuri jurus Anti-Mage, sehingga efek Aghs cuma jadi spell block biasa. Pembelian Aghanim biasanya untuk menangkal Rupture dari Bloodseeker, tapi pemain yang pintar tahu mengakali perlindungan Aghanim.

Dengan mengeluarkan Bloodrage terlebih dulu, dia menambah damage dan melemahkan si Anti-Mage sekaligus membuka Spell Shield, kemudian barulah Rupture disematkan kepada Anti-Mage supaya dia bingung dan akhirnya mati di tanganmu.

Seperti yang disebutkan, Aghanim Scepter untuk Anti-Mage bisa bagus di beberapa kesempatan, namun ada juga sejumlah kerugian datang dari hero counter yang sebenarnya ingin dihindari, Menurut sobat eSports, apakah Anti-Mage memerlukan Aghanim?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Solo MMR
1 Secret.MidOne.U赢电竞
2 Tigers.k`wonderkid.YOKYBEN
3 Fnatic.Abed
4 WG.Unity.NothingToSay
5 Karolina2012
6 LOTAC.ChYuaN.SPG
7 Pandaria.K`LFT
8 AlterEgo._Mikoto_
9 TNC.ARMEL.竞技宝
10 Hubert
1 Serenity.zhizhizhi
2 VG.Paparazi灬.龙虾竞技
3 vtFαded.謎夢
4 Aster.Xxs.亿电竞
5 CDEC.Xm
6 国服猪狗养殖场
7 PSG.LGD.Ameame
8 PSG.LGD.小可
9 EHOME.eGo
10 圣子华炼
1 DTN.Xcalibur
2 Alliance.Boxi.Monster
3 Seraph
4 VP.No[o]ne-
5 RAZMES999
6 VP.RAMZeS666.arseQQ
7 Na`Vi.SoNNeikO.GG.BET
8 Zitraks
9 NiP.Saksa
10 @Believe
1 EG.rtz.唐柔
2 coL.Limmp
3 Bx.Kōtarō
4 coL.Sneyking.yage
5 paiN X.CCnC
6 J.Storm.Moo
7 Infamous.Scofield
8 Infamous.Timado.FuckMeInMyJag
9 paiN X.Lelis
10 TEAMTEAM.Ryoya
1 Tigers.k`wonderkid.YOKYBEN
2 AlterEgo._Mikoto_
3 RR.QEON.♥RusmαÑ -奎因?
4 BOOM.Fbz
5 Leyasu Tokugawa
6 BrX.Azur4.CubeTV
7 Cije LFT
8 RR.QEON.R7
9 PLAYGROUND.cNz-
10 Tigers.Xepher.Juju
Team MMR
1 PSG.LGD 1552
2 OG 1550
3 Virtus.pro 1501
4 Team Liquid 1499
5 Evil Geniuses 1470
6 VGJ Storm 1450
7 Team Secret 1447
8 Fnatic 1430
9 Unknown 1429
10 Vici Gaming 1408