Esports.ID

Saksa Ungkap Item Penyebab Munculnya Meta Core Support

Billy
31/10/2018 11:50 WIB
Saksa Ungkap Item Penyebab Munculnya Meta Core Support
vpesports, dotabuff

Patch 7.19d kemungkinan akan segera berakhir, namun sementara ini pemain casual dan profesional harus bertahan dengan meta sekarang. Gelaran ESL One Hamburg telah tunjukkan variasi pemilihan hero terutama di peran support.

Kebingungan ini tentu perlu dipercerah karena kemunculan Axe, Brewmaster, hingga Legion Commander menjadi support sudah banyak merusak logika orang.

Oleh karena itu, Martin "Saksa" Sazdov lewat interviewnya dengan vpesports menjelaskan apa yang terjadi dengan meta sekarang dan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Saksa adalah salah satu dari sedikit pemain yang bisa bertahan di top leaderboard menggunakan hero support. Saat ini, dia bermain di Ninjas in Pyjamas bersama dengan PPD, dan baru saja usai melakoni ESL One Hamburg 2018.

Menurut Saksa, hal ini terjadi karena perubahan pada patch di 7.19b ketika Stout Shield mengalami peningkatan damage block untuk melee hero dari 18 ke 20. Meski cuma 2 poin tapi siapa sangka item ini membuat hero melee terutama yang sejatinya tanky di awal game makin susah dibunuh.

Efek ini sudah mengingatkan banyak pemain terhadap item murah legendaris Poor Man Shield. Berkat ini, ada beberapa aspek yang ikut bertransformasi dari pembelian support 5. Bila biasanya support cenderung memprioritaskan Boots of Speed, maka support tanker seperti yang diperagakan Puppey cenderung membeli Stout Shield dan beberapa item regenerasi seperti Tango, Salve, serta beberapa Mango.




Pembelian Stout Shield Jadi Itemisasi Standard Puppey di Awal Game. Source: Dotabuff

Dampaknya, karena stout shield begitu kuat, maka hero core seperti Ursa, Axe, Brewmaster, dan Legion Commander bisa memulai sebagai support. Sebisa mungkin, tugas utama mereka sebenarnya adalah untuk melindungi carry dan memenangkan lane. Karena bagaimana pun fase laning begitu penting di meta saat ini. Mudahnya, hero tank support ini jauh lebih kuat untuk menerima pukulan dibanding support biasanya, sehingga mereka terkesan lebih baik dibandingkan support konvensional untuk meta sekarang.

Setelah sepuluh menit, atau ketika hero core mendapat akses ke ultimatenya, hero core support ini akan berkurang dampaknya, dan ini saat mereka berotasi melakukan farm untuk mengumpulkan item seperti Blink Dagger dan tentunya tugas warding. Blink adalah beberapa item paling penting yang bisa mengembalikan relevansi mereka ke pertarungan. Axe, Brewmaster, LC, dan Ursa memiliki inisiasi yang bisa membuyarkan lawan, sehingga Blink Dagger wajib dikejar secepat mungkin ketika memiliki waktu.

Sekarang kamu sudah tahu kan pentingnya stout shield, berani coba eksperimen hero support seperti Puppey?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Solo MMR
1 Tigers.k`wonderkid.Eunex
2 EG.rtz.地点
3 Hubert
4 Fnatic.Abed.Rivalry.gg
5 WG.Unity.NothingToSay
6 VG.Paparazi灬.龙虾竞技
7 BOOM._Mikoto_
8 LOTAC.ChYuaN.SPG
9 @Believe
10 BOOM.Fbz
1 PSG.LGD.Ameame
2 Serenity.zhizhizhi
3 CDEC.Xm
4 vtFαded.謎夢
5 EHOME.eGo
6 anaapple
7 圣子华炼
8 EHOME.ASD
9 PSG.LGD.小可
10 DBG.Ms
1 Secret.MidOne.U赢电竞
2 LFT1-2.Sh
3 Seraph
4 Espada.iLTW
5 VP.No[o]ne-
6 Alliance.Boxi.GGBET
7 VP.RAMZeS666.clown
8 coL.Limmp
9 Afk20.tw.tv/ark_dota
10 Zitraks
1 Bx.Kōtarō
2 k1
3 Infamous.Timado
4 007
5 vK.Lanaro
6 TEAMTEAM.Ryoya
7 $$$$.As . vanN
8 Bx.kingteka.XO~ToUr-liFe
9 TEAMTEAM.Costabile.久州竞技
10 Infamous.Scofield
1 Tigers.k`wonderkid.Eunex
2 BOOM._Mikoto_
3 BOOM.Fbz
4 RR.QEON.♥RusmαÑ -奎因?
5 JG.lawlesshy^
6 BrX.Azur4.PREDATOR
7 Leyasu Tokugawa
8 AlterEgo..
9 RR.QEON.R7
10 Tigers.Xepher.Eunex
Team MMR
1 PSG.LGD 1584
2 Team Secret 1564
3 OG 1550
4 Team Liquid 1499
5 VGJ Storm 1450
6 Virtus.pro 1448
7 Unknown 1429
8 Evil Geniuses 1403
9 Team NP 1401
10 Vici Gaming 1390