Esports.ID

Laga Playoff Malam Ini! Siapa Unggul, Na'Vi atau Tigers?

Billy
01/11/2018 11:52 WIB
Laga Playoff Malam Ini! Siapa Unggul, Na'Vi atau Tigers?
Esports.ID

Nanti malam (1/11), laga lanjutan DreamLeague 10 Minor kembali bergulir. Tim unggulan Asia Tenggara, Tigers merajut asa untuk teruskan rentetan hasil positif di event pro circuit perdana mereka.

Lawannya pun tidak main-main, di laga playoff ini, mereka harus mampu lampaui hadangan tim yang sedang lalui fase revolusi atau perombakan total, Natus Vincere.

Berbicara riwayat pertandingan kedua tim di turnamen ini, Tigers adalah pemuncak Grup B dengan rekor 4 kali menang dan sekali kalah. Di lain pihak, meski Na'Vi kantongi kemenangan sama namun mereka menelan dua kali kekalahan karena sempat jalani decider match melawan Infamous.

Apakah rapor tersebut mengimplikasikan Tigers lebih unggul dari Na'Vi? Belum tentu! Kalau menakar daftar lawan di grup masing-masing, maka Na'Vi jauh lebih ribet karena lawan-lawannya miliki pengalaman lebih berisi seperti compLexity, Infamous, bahkan Vega Squadron. Sedangkan Tigers tergabung dengan lawan "tier 2" dari region masing-masing, layaknya Rooons dan The Final Tribe, bahkan RNG yang butuh pembuktian agar bisa dikatakan tim kuat Cina.

Namun berbicara objektif, permainan mana yang lebih baik? Sejauh ini, Tigers dengan arahan sang kapten 1437 memang tampak dominan di tiap pertandingan. Draft yang konsisten, baik itu dalam counter lawan maupun amankan komposisi heronya. Belum lagi rotasi efektif yang dilakukan k'wonderkid serta Ah Jit yang berbuah fleksibilitas draft sehingga menguntungkan bagi proyeksi draft kreasi 1437.

Bahkan, dia menemukan penangkal efektif untuk Terrorblade, hero carry yang paling mematikan di meta saat ini. Tigers tampak masih menyimpan banyak strategi khususnya pemilihan hero. Gyrocopter, Morphling, dan Earthshaker siap diledakkan pada laga pamungkas nanti.

Beralih ke wakil CIS, Na'Vi menunjukkan celah kala ditumbangkan compLexity. SoNNeikO, selaku kapten, kerahkan strategi yang sama di hari pertama dan kedua, yakni early pressure dengan Chen didukung war rapi memanfaatkan ultimate besar. Namun, compLexity bisa membacanya secara cermat. Di game pertama, EE-sama membiarkan Chen terlepas namun membuka kartu dengan IO first pick. Sadar dengan kombinasi yang mungkin dilakukan IO, SoNNeiko memutuskan untuk tak memilih Chen. 

CoL pun melanjutkan dengan ban hero yang paling piawai digunakan oleh Crystallize yakni, Faceless Void. EE-sama bahkan ban hero ini di kedua game. Meski Crystallize mampu memainkan carry lain, tapi performa carry muda dengan Void cukup fenomenal, seperti yang dia tunjukkan di hari pertama kala melawan Vega.

Tampaknya, Na'Vi lebih menyukai gaya permainan berkumpul dan melakukan war bersamaan secara rapi ketimbang bermain sporadis meski memiliki potensi pickoff tinggi. Tiny, Clinkz, dan TA di game pertama melawan coL tak mampu membuahkan kemenangan, dan malah berujung kematian yang cukup tinggi.

Begitu pula halnya di game kedua, karena tak bisa memainkan Void, alhasil pilihan jatuh pada Phantom Lancer dan Pugna. Coba memainkan tempo dan push play, tapi lagi-lagi EE membacanya dengan baik. Berdayakan Lich sebagai counter untuk memperkuat pertahanan tower dan hero dari push, serta memilih hero laning yang baik.

Dari pemaparan di atas bisa disimpulkan bahwa Tigers memiliki variasi hero yang lebih mumpuni, di mana tiap pemainnya bisa memaksimalkan pilihan hero apapun tanpa harus terlalu lengket dengan hero tertentu. Sedangkan Na'Vi cenderung siratkan ketidaksiapan ketika strategi utamanya ditampik oleh lawan.

Na'Vi juga teramat mengandalkan Crystallize untuk mengangkat permainan, sementara Tigers punya amunisi berbahaya dalam diri offlaner mereka, MoonMeander. Agresifitas Moon rasanya mampu memperlambat keganasan Crystallize sampai Ah Jit dan k'wonderkid bisa bergaya di panggung utama.

Menurut sobat eSports, jadi tim manakah yang bakal tampil sebagai terbaik nanti malam, Tigers atau Na'Vi?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Solo MMR
1 Tigers.k`wonderkid.Eunex
2 EG.rtz.地点
3 Hubert
4 Fnatic.Abed.Rivalry.gg
5 WG.Unity.NothingToSay
6 VG.Paparazi灬.龙虾竞技
7 BOOM._Mikoto_
8 LOTAC.ChYuaN.SPG
9 @Believe
10 BOOM.Fbz
1 PSG.LGD.Ameame
2 Serenity.zhizhizhi
3 CDEC.Xm
4 vtFαded.謎夢
5 EHOME.eGo
6 anaapple
7 EHOME.ASD
8 圣子华炼
9 PSG.LGD.小可
10 DBG.Ms
1 LFT1-2.Sh
2 Secret.MidOne.U赢电竞
3 Seraph
4 Espada.iLTW
5 VP.No[o]ne-
6 Alliance.Boxi.GGBET
7 VP.RAMZeS666.clown
8 coL.Limmp
9 Afk20.tw.tv/ark_dota
10 Zitraks
1 Bx.Kōtarō
2 k1
3 Infamous.Timado
4 007
5 vK.Lanaro
6 TEAMTEAM.Ryoya
7 $$$$.As . vanN
8 Bx.kingteka.XO~ToUr-liFe
9 TEAMTEAM.Costabile.久州竞技
10 Infamous.Scofield
1 Tigers.k`wonderkid.Eunex
2 BOOM._Mikoto_
3 BOOM.Fbz
4 RR.QEON.♥RusmαÑ -奎因?
5 JG.lawlesshy^
6 BrX.Azur4.PREDATOR
7 Leyasu Tokugawa
8 AlterEgo..
9 RR.QEON.R7
10 Tigers.Xepher.Eunex
Team MMR
1 PSG.LGD 1584
2 Team Secret 1564
3 OG 1550
4 Team Liquid 1499
5 VGJ Storm 1450
6 Virtus.pro 1448
7 Unknown 1429
8 Evil Geniuses 1403
9 Team NP 1401
10 Vici Gaming 1390