Esports.ID

Sambut Perombakan 7.21, Update DOTA 2 Angkat Meta Lama

Billy
31/01/2019 09:20 WIB
Sambut Perombakan 7.21, Update DOTA 2 Angkat Meta Lama
dota 2 blog

Penantian itu berakhir! Update terbaru DOTA 2, patch 7.21 sudah bisa kamu download sejak semalam (30/1). Beberapa janji manis yang diimplementasikan antara lain reset MMR, balance patch, tambahan eksklusif untuk pengguna jasa Dota Plus, dan kabar buruk bagi pengguna IO.

Ada empat skin eksklusif untuk pelanggan Dota Plus, khusus hero Medusa, Enchantress, Centaur, dan Monkey King. Disertai dengan quest musiman teranyar untuk menyegarkan para pemain dalam bertarung. Menariknya lagi, kesempatan restart medal di musim terbaru yang kali ini berisi tujuh bintang (dulu lima progression) di tiap medal. Setiap rank yang berhasil kamu lampaui akan menerima emoticon khusus sebagai bonus.

Mumpung turnamen Pro Circuit selanjutnya masih terjadwal cukup lama, ini kesempatan bagi para pro mendefinisikan meta terbaik di 7.21. Bila patch sebelumnya, rata-rata durasi match berakhir 30 menitan, ada indikasi bahwa Valve ingin memperpanjang durasi pertarungan sembari mempertahankan aksi seru.

Alasannya, adalah:

- Rata-rata gold bounty dari melee creep berkurang tiga

- Mengganti ancient camp utama di jungle dengan big camp

- XP untuk capai level 7->12 berubah dari 640/660/680/800/820/840 jadi 720/750/780/810/840/870

- Tier 2 tower armor bertambah dari 14 ke 15, tier 3 tower armor meningkat dari 14 ke 16, melee barrack armor naik dari 13 ke 15, dan tower protection armor untuk hero surplus di semua tier dari 3 ke 4.


Ancient Camp Radiant Hilang dan Diganti Big Camp

Dari beberapa perubahan pada patch 7.21, Valve menggodok pendapatan secara makro dengan mengurangi jumlah bounty dari creep lane dan jungle, Bila dihitung, jumlah uang yang berkurang dari patch 7.21; minus 9 gold di empat creep melee awal. Dalam rentang waktu 5 menit akan ada sekitar 10 gelombang creep dan kita berpotensi defisit 90 gold. Hal ini bisa mendorong fase laning yang lambat. Cara mengurangi kerugian lebih yakni dengan mengedepankan last hit dan deny dari formasi dual lane.

Begitu pun di arah jungle yang kehilangan harta karun utamanya. Ancient creep rata-rata memberikan 173 gold, dibanding dengan big camp yang memberikan 101 gold. Bila dikalkulasikan untuk 30 menit (artinya 30 kali ancient respawn), maka tiap carry player kemungkinan defisit sekitar 5.000 gold di patch terbaru. Meski tak banyak hero yang mampu melakukan ancient farm di level awal, namun dalam beberapa kasus seperti Phantom Assasin atau Anti-Mage dengan buff Empower pasti akan mengincar farming ancient di early game.

Semua pengurangan sumber gold ditambah tower yang berimplikasi pada proses farm, serta push lebih lama bisa bermakna bahwa durasi game bakalan lebih panjang.

Beralih ke perombakan hero dan item. Seperti yang disebutkan di awal, patch 7.21 lebih menyasar ke arah penyeimbangan, sehingga tidak terlalu banyak pergantian radikal. Kecuali IO yang di-ban dari Captain's Mode. Bukan yang pertama untuk IO, karena sebelumnya pernah diasingkan setelah skillnya diubah. Sekali lagi IO harus beradaptasi dengan overcharge terbatas walau skill lainnya terlihat lebih imba seperti attack speed dan damage reduction yang makin tinggi.

Sebagai kompensasi farm dan tower yang semakin sulit, beberapa hero melee mendapat tambahan movement speed hingga 15 MS. Ini akan membantu agresivitas laning karena kebanyakan hero melee seolah punya wind lace gratis. Deretan pemberi kecepatan seperti Phase Boots dan Power Treads berganti komponen layaknya 7.19 walau angkanya tak sekuat di masa itu. Kalkulasi movement speed di berbagai item kembali ke flat +20 yang sebelumnya memakai persentase. Banyak item populer seperti Vlad, Sangyas/Kaya terkena sedikit nerf. Ada juga yang diperbaiki seperti Bloodthorn, Mask of Madness, dan Aeon Disk

Beberapa midlaner yang belum banyak terlirik kini dapat insentif cukup banyak. Alchemist, Arc Warden, Dragon Knight, dan Leshrac. Golongan carry bakal punya favorit baru dengan buff yang diterima Chaos Knight, Lifestealer, Lone Druid, dan Naga Siren. Sementara barisan support dari duet maut Lich & Tuskar bisa jadi tergeser oleh Crystal Maiden dan Ancient Apparition yang makin menjanjikan. Sementara Bounty Hunter dan Riki menunggu kesempatan tampil mendominasi pilihan support 4 berkat buff barunya.

Apa pendapat sobat esports dengan patch 7.21 di DOTA 2?