Esports.ID

DOTA 2 Rajai SteamCharts, Ini 4 Faktor Pemikatnya!

Billy
06/02/2019 09:39 WIB
DOTA 2 Rajai SteamCharts, Ini 4 Faktor Pemikatnya!
foxsportsasia

Setelah sekian lama, DOTA 2 kembali merajai tangga leaderboard untuk game dengan jumlah pemain terbanyak. Berdasarkan data yang disediakan  SteamCharts, DOTA 2 mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat jumlah pemain dari rata-rata 440 ribu pemain pada Desember 2018 menjadi 900 ribu concurrent players. Angka ini terpaut tipis dari rekor pemain tertinggi yakni 1,2 juta pemain.

Setidaknya ada empat faktor utama para pemain kembali memainkan MOBA legendaris ini. Pertama update baru 7.20 dan 7.21 yang menawarkan sensasi baru dalam bermain. Kedua, reset MMR yang lama di nanti. Ketiga, inovasi event-event musiman seperti New Bloom dan terakhir, fenomena  DOTA  Auto Chess yang hampir menggeser popularitas DOTA 2 itu sendiri.

Sejak update 7.20 hingga 7.21, DOTA 2 mengalami peningkatan hingga 12% terutama di bulan Desember 2018 ke Januari 2019. Sajian utamanya bukan semata gameplay yang lebih fresh namun harapan dari musim kalibrasi MMR terbaru. Setidaknya pemain akan tetap setia sampai proses kalibrasi selesai dan telurkan hasil sesuai ekspektasi.

Di tambah selebrasi khas DOTA 2 dengan event New Bloom terbaru, pemain yang giat bermain di jamin mendapat banyak skin ekslusif dan tahun ini sesuai dengan semangat berbagi dalam tahun baru Cina, pemain bisa berbagi kesempatan mengundi skin dengan saling berkirim rewards.

Namun tren yang paling "ngangkat" popularitas DOTA 2 menjadi game nomer satu adalah DOTA Chess atau DOTA Auto Chess. Game berbasis strategi kombinasi antara catur dan trading card sukses memikat hati 2,6 juta subscriber dengan jumlah pemain real time per hari mencapai 130 ribu orang.

Bisa jadi peningkatan concurrent players masih akan meningkat sampai bulan depan menyusul rilis hero baru, Mars. Berdasarkan histori, tiap kemunculan hero baru punya sumbangsih cukup signifikan memikat pemain lama dan baru untuk mencoba.

Jadi, apa alasanmu main DOTA 2 lagi sobat esports?