WePlay! Tuduh Caster CIS Bajak Siaran, Komunitas Tak Terima

Billy
01/03/2019 17:01 WIB
WePlay! Tuduh Caster CIS Bajak Siaran, Komunitas Tak Terima
gosugamer, reddit

Akhir-akhir ini, kompetisi lokal di Eropa cukup marak dengan hadirnya turnamen WePlay!. Event lalu mereka di bulan Desember (Winter Madness) dan Februari (Valentine Madness) memunculkan impresi positif bagi mereka di mata para viewer dan fans.

Sayangnya, setelah dua iterasi sukses, WePlay! tunjukkan "kepolosannya" dengan melakukan ban pada salah satu caster Rusia, Roman "CaspeRRR" Vladimirovich. CaspeRRR dilaporkan atas klaim DMCA (Digital Millenium Copyright Act) atau penyalahgunaan hak cipta digital. Laporan tersebut berkaitan dengan profesi CaspeRRR sebagai caster-streamer dan kebetulan menayangkan konten dari WePlay! lewat DotaTV walau tanpa iklan juga sponsor.

Sebetulnya, tidak ada yang salah atas tindakan CaspeRRR karena kasus serupa pernah menimpa ESL. Tahun lalu, ESL berusaha menyiarkan secara eksklusif konten turnamen Katowice Major lewat Facebook. Banyak penonton tak puas dengan kualitas stream mereka dan pada akhirnya memutuskan pindah kanal dengan menyaksikan streamer independen. ESL beraksi dengan menindak streamer-streamer seperti Admiral Bulldog, PPD, sampai BananaSlamJamma karena menyiarkan konten turnamen mereka. Valve nampak berang dan turun tangan lalu meluruskan masalah ini.

Valve sendiri malah tak keberatan dengan para pegiat independen yang ingin menayangkan konten DOTA 2 baik itu turnamen maupun yang digarap oleh pihak ketiga, seperti ESL dan WePlay!. Dengan ketegasannya, Valve mengatakan "Keputusan untuk menentukan suatu pelanggaran atau tidak ada di tangan kami, bukan pihak ketiga". ESL pun pada akhirnya meminta maaf atas penutupan yang dialami oleh streamer.

Imbasnya, Forward Gaming kini memimpin aksi protes kepada WePlay! dan menuntut mereka minta maaf secara terbuka. Namun, tampaknya masalah ini lebih kelam dari yang terlihat. WePlay lontarkan pembelaan bahwa apa yang dilakukan CaspeRRR adalah ilegal, bahkan ada indikasi berkomplot dengan v1lat dan GodHunt, caster terkenal di ranah CIS lainnya.

Latarbelakang mereka sebagai wajah dari studio penyiar event esports terkemuka di Rusia (StarLadder, RuHub, dan Maincast) diduga telah tersaingi dengan kemunculan WePlay!. Atas dasar itu, mereka melakukan pembajakan konten milik WePlay! lewat kanal resmi RuHub Studio yang menyiarkan re-stream konten milik WePlay! dari stream mandiri milik CaspeRRR tanggal 26 Februari 2019.

Agak runyam yah, tapi sudah terlanjur terjadi! Kalau begini, siapa yang salah yah guys?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
1 Fnatic.Abed.Rivalry.gg
2 VP.RAMZEs.Mr.Cat
3 PSG.LGD.小可.黑鲸HLAJEANS
4 Liquid.Miracle-
5 Icarus.Nine
6 PSG.LGD.Ameame.黑鲸HLAJEANS
7 fake666
8 Mineski.AhJit.阿捷♥颖
9 Secret.MidOne.uwiո
10 VP.No[o]ne-.Mr.Cat
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Secret 1646
2 PSG.LGD 1510
3 Team Liquid 1473
4 Evil Geniuses 1466
5 VGJ Storm 1450
6 Unknown 1429
7 Vici Gaming 1427
8 OG 1406
9 Team NP 1401
10 (monkey) Business 1389