First Warriors

Efek Nerf 7.22e, Bagaimana Nasib Hero Terlaris di Kualifikasi TI9?

Billy
19/07/2019 13:54 WIB
Efek Nerf 7.22e, Bagaimana Nasib Hero Terlaris di Kualifikasi TI9?
dota 2.com, liquipedia

Usai kualifikasi The International 2019, Valve segera merilis update 7.22e. Beberapa hero populer seperti Ember Spirit, Beastmaster, Centaur Warruner dan Dark Seer terkena nerf dan penyesuaian, sedangkan banyak opsi baru bermunculan karena mendapatkan buff.

Lalu bagaimana nasib hero yang terkena nerf menjelang The International 2019?

- Ember Spirit

Terlalu "licin" adalah kata yang tepat untuk menggambarkan kemampuan sang fire remnant. Memang sepatutnya ada cara untuk menghentikan pergerakan Ember Spirit ketimbang terus menerus memilih Nyx Assassin sebagai counternya.

Ember Spirit adalah hero paling banyak dipilih saat kualifikasi dengan 92 kali pick dan winrate 57%. Memprioritaskan hero ini bisa dibilang harga mati karena tak banyak cara menghentikan kegesitan Ember Spirit.

Root melebarkan opsi penangkal sang Ember Spirit, mulai dari Crystal Maiden, Dark Willow hingga Treant Protector. Meski bukan nerf fatal, namun lebih pada penyesuaian atas kekuatan Ember Spirit yang belakangan terlalu imba. Bisa jadi perubahan ini memunculkan meta support baru.

- Dark Seer

Terkena dampak pengurangan damage skill Ion Shell, rasanya terpaut beberapa poin damage dari patch sebelumnya sehingga tak timbulkan kerugian drastis. Akan lebih memberatkan bagi Dark Seer bila ongkos mana untuk skill ini ditingkatkan. 

Satu nerf yang memberatkan sejatinya adalah pelarangan dua Stout Shield. Belakangan pemain offlane di regional TI9 menunjukan cara mudah mendapat level dan exp hanya dengan memotong lane dan menghalau creep laju secara normal.

Dengan bantuan dua Stout Shield, mereka bertahan dari pukulan hero lawan yang terserap setengahnya berkat item tersebut. Mungkin Dark Seer akan tetap bertahan di TI9, namun ia butuh bantuan rekannya setidaknya sampai level tiga agar memungkinkannya kabur dari jebakan lawan dengan Surge. Hal ini berefek pada agresi permainan yang lebih lambat karena tim akan fokus pada menguasai laning dan mengusir lawan.

- Beastmaster

Nerf pada Beastmaster tak signifikan, hanya perubahan talent pada serangan boar piaraannya. Secara gameplay harusnya tak ada yang berbeda dari Beastmaster. Lagi-lagi pemakaian Stout Shield yang dibatasi jauh lebih berdampak untuk offlaner macam Rexxar.

Beastmaster salah satu hero populer saat kualifikasi dengan 41 kali tampil dan kantongi winrate yang cukup tinggi 66%. Bila melihat rangkaian update selanjutnya, BM masih tetap jadi meta karena hero-hero lincah mendapat buff siginifikan seperti Bloodseeker, Weaver, Visage dan Lycan. Hal ini membuat BM makin menguntungkan digunakan sebagai counter ataupun rekan.

- Wraith King

Sang raja tengkorak juga menemukan meta di patch sebelumnya. Punya potensi kill besar, kuat dalam laning dan mem-push lane cukup cepat dengan bantuan pasukan tengkoraknya. Mau tak mau Valve mengurangi sedikit darah dari pengikut setianya dari 250 HP ke 175 HP.

Kerusakan tambahan via talent untuk tengkorak ini juga dikurangi agar lawan tak serepot dulu menghadapi para mayat hidup ini. WK hampir serajin Ember Spirit tampil di qualifier. 91 kali penampilan dan 53% win rate terbilang lumayan untuk posisi carry.

WK mungkin masih bertahan namun hero counter baru bakal bermunculan seperti Bloodseeker yang membuat WK tak berdaya, mendiamkannya ditempat selama pertempuran, serta silence Blood Rite yang luas jadi alat farming handal menghapus pasukan tengkorak sang Wraith King.

Ada lagi Lycan yang punya atribut lebih baik, menawarkan kapasitas laning yang makin mumpuni untuk pukul-pukulan kontra WK. Jangan lupa build dari Lycan salah satunya membuat Necronomicon, item yang paling dibenci WK.

- Centaur Warrunner

Centa hanya agak kesulitan di level awal karena cooldown stun dari Hoof Stomp dibuat berskala dan lebih lama di level 1. Walau digemari, Centa cuma kantongi 48% win rate dari 90 penampilan. Itu karena skill Hoof Stomp memang tak diutamakan lagi.

Centa lebih memanfaatkan Retaliate ketimbang Hoof Stomp karena menawarkan potensi kill lebih besar. Stampade pun digemari hanya karena membantu untuk melarikan diri.

Patch ini adalah nerf kedua untuk Centa, bisa jadi karirnya sudah habis di The International 2019. Kalau pun ada pemilihnya, mungkin hasilnya tak berjalan baik.

Itu dia beberapa hero penting yang terkena nerf di 7.22e. Apakah mereka masih bertahan di TI9 sobat esports?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
1 TNC.Armel.竞技宝
2 Fnatic.23savage.Letou
3 BOOM.inYourdreaM
4 BOOM.Dreamocel
5 LK.Skadi.Pippen
6 BOOM.Mikoto.OMEN
7 Azur4.Predator
8 Adroit.Mac.Fin
9 RR .` AlaCrity -.Санёк
10 AxH.NothingToSay
1 VG.Yang.黑鲸HLAJEANS
2 IG.Emo
3 hj
4 Aster.Sccc丶
5 TNT.Wolfgang
6 RNG.Monet
7 Aster.ChYuan.铨SPG
8 Newbee.Aq
9 Eurus
10 Newbee.Wizard
1 VP.epileptick1d
2 Na`Vi.Crystallize.GG.BET
3 VP.No[o]ne-.Mr.Cat
4 EG.RAMZES666.FVBet.com <3
5 GODSENT.charlie.la flame
6 Liquid.Boxi
7 Asco.HeStEJoE-RoTTeN
8 Alliance.LIMMP
9 FTM.Kelen
10 Gambit.gpk~
1 EG.Abed.FVBet.com
2 QCY.Quinn
3 EG.天鸽.FVBet.com
4 < blank >
5 EG.Cr1t-.13FVBet.vip
6 J.Storm.Brax
7 FP.Bryle
8 Tiange2015
9 FP.MoonMeander
10 mingatte
1 BOOM.inYourdreaM
2 BOOM.Dreamocel
3 BOOM.Mikoto.OMEN
4 Azur4.Predator
5 BOOM.Fbz.OMEN
6 RR.QEON.♥RusmαÑ -奎因?.uLoL
7 BrX.Ifr1t!
8 Mydearest
9 INYOURDREAM
10 Whitemon.LFT4/5
Team MMR
1 OG 1591
2 PSG.LGD 1534
3 Team Secret 1485
4 VGJ Storm 1450
5 Vici Gaming 1437
6 Unknown 1429
7 Team Liquid 1418
8 Evil Geniuses 1417
9 Alliance 1414
10 Team NP 1401