LA Bolds Main

Kursi Kosong Jadi Pemandangan Pilu TI9, Apa Sebabnya?

Billy
22/08/2019 09:39 WIB
Kursi Kosong Jadi Pemandangan Pilu TI9, Apa Sebabnya?
Esports.ID, dotesports

Gelaran The International 2019 dapat beberapa cibiran dari fans yang menonton online. Utamanya karena tayangan kamera kerap menangkap penampakan kursi-kursi kosong.

Beberapa fans pun mulai berasumsi minimnya antusias fans Cina menyaksikan tim DOTA 2 terbaik dunia yang bertarung di tanah mereka. Padahal, ada beberapa alasan loh yang bisa jadi penyebab mengapa kursi kosong di Mercedes-Benz Arena sering terlihat.


source: reddit.com

- Penonton Memilih Pertandingan

Sudah bukan rahasia umum bahwa penonton yang hadir langsung akan memilih-milih pertandingan di TI. Bahkan kadang cukup menonton pertandingan tertentu saja sudah menjadi strategi mereka untuk tidak kelelahan akibat bertahan di venue seharian.

Tentu saja, kita tidak bisa menyalahkan fans DOTA 2 di Cina apabila mereka hanya hadir dan bersorak untuk tim Cina. Tokh, itu adalah pahlawan lokal mereka meskipun sejatinya TI adalah perayaan seluruh penggemar.

Ada juga penonton yang lebih memilih keluar venue sebelum pertandingan untuk membeli makanan atau minuman saat jeda match. Banyak pula yang memilih untuk menonton di big screen yang tersedia di luar main stage.

- Fans Asing Enggan Tinggal Seminggu di Cina Demi TI

Salah satu fans dari barat pernah diwawancarai oleh SirActionSlacks jelang pertandingan DOTA 2. Orang ini telah hadir sejak babak grup dan kemungkinan akan tetap ada di venue hingga final TI9 berakhir.

Tidak banyak fans yang bisa tinggal seminggu lebih hanya demi TI. Tinggal berhari-hari di negeri orang membutuhkan biaya hidup tak sedikit. Meskipun, banyak ulasan yang mendapati bahwa tinggal di Cina masih cukup terjangkau.

Terkait penginapan misalnya, Shanghai Blue Mountain Youth Hostel yang berjarak 2,1 KM dari Mercedes-Benz Arena menyediakan kamar dengan harga kisaran Rp150 ribu per harinya. Makan-minum, kebanyakan review menganjurkan untuk membekali diri dengan air mineral dan onigiri dari mini market setempat. Transportasi juga instrumen yang terbilang murah di Cina.

Namun kembali lagi, apakah fans DOTA 2 punya mental dan strategi bertahan hidup yang baik untuk tinggal seminggu lebih di sana hanya demi TI?

- Banyak Fans Memilih Datang Pas Grand Final

Bila ingin lebih murah bagi pengunjung lokal maupun internasional. Datang di main event pada dua hari terakhir TI jadi lebih memungkinkan. Seperti yang disediakan oleh Valve, tiket TI bisa dibeli untuk beberapa hari pertama main event yang mana tersedia akses untuk opening ceremony dan all-star match, atau dua hari terakhir main event.

Sepertinya sih Marcedes-Benz Arena bakal membludak di dua hari terakhir. Terlebih lagi, dua tim asal Cina sudah memastikan diri masuk top three, berarti masih ada dari mereka yang bertahan mendekati akhir TI9.

- Efek dari Kasus Calo

Tak dapat dipungkiri, kasus calo di TI kali ini pasti membuat fans yang sebelumnya antusias jadi pikir-pikir dua kali. Harga tiket yang melambung tinggi diduga terjadi karena kerjasama pihak penjual tiket, yakni Damai.cn dan pelaku percaloan.

Entah seberapa besar dampak dari kasus calo ini mempengaruhi jumlah fans yang datang. Pastinya tidak banyak orang mampu membayar harga tiket TI yang dijual kembali tiga kali lipat lebih mahal dari harga normal.

Itu dia beberapa kemungkinan kenapa TI9 masih banyak kursi kosong guys. Semoga makin mendekati akhir bakal semakin marak yah!

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 OG 1591
2 PSG.LGD 1534
3 Team Liquid 1509
4 Team Secret 1485
5 Vici Gaming 1454
6 VGJ Storm 1450
7 Unknown 1429
8 Evil Geniuses 1422
9 Team NP 1401
10 (monkey) Business 1389
LA Bolds Right