First Warriors

Analisa Patch 7.22g : Akhir Ketamakan Alchemist & Mimpi Fana IO Carry

Billy
09/09/2019 14:15 WIB
Analisa Patch 7.22g : Akhir Ketamakan Alchemist & Mimpi Fana IO Carry
dota2.com

Habis The International, terbitlah patch baru! Update versi 7.22g ini akan implementasi gameplay selanjutnya di DOTA 2. Beberapa perubahan penting terjadi, salah satunya mengoreksi meta yang terjadi di TI9 di mana Alchemist, Chen, dan IO carry jadi wabah tak terbendung.

Hero Nerf dan Buff

Seperti biasa, hero yang populer akan mendapat nerf demi menyeimbangkan kekuatan kosmik hero-hero DOTA 2. Di lain sisi, ada pahlawan yang dapat insentif agar menyeruak ke panggung permainan patch kali ini.

BUFF:

- Chaos Knight : Chaos Strike crit max naik dari 60/195/230/265% ke 160/200/240/280%, talent cooldown reduction level 15 dari 12% ke 15%.

Penunggang kuda dari neraka ini sejatinya mendapatkan banyak buff menarik dari patch sebelumnya. Hanya saja masih kurang pas bagi banyak pemain terutama kemampuan farming yang cenderung lambat serta ultimate-nya terlalu mudah ditanggulangi.

Dengan meningkatkan kemampuan gebuknya, CK diharapkan mampu jadi penguasa lane dan bisa lebih aktif dalam war di mid game berkat perubahan talent cooldown reduction.

- Clockwerk : Intelligence dasar meningkat dari 17 + 1,3 jadi 18 +1,5, movement speed meningkat dari 310 jadi 315.

Clockwerk sempat populer sebagai support 4, dikarenakan gesit dan punya banyak disable maut. Efektif di jarak dekat maupun jarak jauh. Hanya saja, mana yang terbatas membuat Clock harus efektif agar tak harus mondar-mandir percuma.

Kini, Clock punya kesempatan kembali ke meta. Movement yang lebih tinggi, apalagi bila dibarengi dengan Boots dan Wind Lace membuatnya menakutkan untuk support-support yang lambat. Apalagi kini mana dasar serta pertumbuhan mana lebih tinggi, sehingga hero ini lebih relevan dari early sampai late game.

- Lycan : Summon Wolves Scepter kini memanggil 3 serigala dari sebelumnya 2. Bounty gold dari serigala berkurang dari 20 jadi 15.

Aghanim makin menguatkan dominasi Lycan di lane. Bisa jadi item ini menggeser Necronomicon sebagai equip inti pertama sang manusia serigala. Selain reward membunuh serigala lebih kecil dibanding Necronomicon, harga Aghanim juga lebih murah dari Necro 3 (Aghs: 4200 Gold - Necro 3: 5000 Gold).

Kemampuan mendorong semua lane secara simultan bukanlah hal yang bisa diremehkan. Musuh akan sulit mempertahankan base dan hampir dipastikan mereka selalu dalam keadaan terdesak bila melakukan war terlalu jauh dari rumah. Lycan bakal jadi penyakit di patch 7.22g.

NERF:

- IO : tak dapat perombakan secara mekanik, hanya saja talent sang bola cahaya bisa merusak citra carry yang baru saja ia populerkan berkat Ana. Talent slow di level 10 kini jadi +90 gold. Ini berakibat pada berkurangnya kemampuan IO mendapat kill karena musuh punya kesempatan lebih baik melarikan diri. +90 gold mungkin terlihat bagus sebagai tabungan membeli item core seperti Aghanim. Namun, +90 gold cuma sama dengan 1 neutral creep besar, IO bisa mendapatkan lebih banyak gold dengan memburu kill dari hero lawan.

Efek slow masih ada, tapi di level 15. Sementara spirits damage kini jauh di level 20. Mau menjadi carry atau pun support, IO adalah hero yang mengoptimalisasi efek momentum di early sampai mid game, sedangkan mencapai level 20 berdurasi terlalu panjang untuk hero ini menjadi carry.

- Tiny : Base strength dikurangi 2 poin. Damage Tree Volley berkurang dari 120% jadi 100%. Mana Tree Volley meningkat dari 150 jadi 200. Tree Volley cooldown meningkat dari 12 ke 15 detik.

Tiny adalah hero populer di TI9. OG mempertontonkan kelihaiannya sebagai midlaner maupun support. Salah satu yang membuat hero ini makin disukai adalah efek Aghanim mematikan. Valve langsung mengevaluasi ulang skill ini dengan beberapa perubahan yang membuat Tiny lebih "santai" melempar lawan dengan pohon.

- Alchemist : Bonus Greevil's Greed gold stack berkurang dari 4 jadi 3. Chemical Rage tak lagi sediakan regen mana. Pengurangan investasi Greevil's Greed tentu jadi pukulan telak untuk Alchemist. Dia bisa merugi sampai 100-150 gold per gelombang creep yang ia bersihkan. Ini berdampak besar pada kemampuannya jadi raja mid game mengungguli hero lawan dengan net worth besar.

Alchemist mungkin akan hilang sementara dari meta, sampai Valve memutuskan harus memberi insentif tambahan untuk monster buas satu ini. Apalagi patch 7.22g kini mengurangi potensi gold neutral creep sebesar 5%, sehingga jungling mungkin tak lagi jadi pilihan terbaik di meta saat ini.

PERUBAHAN ITEM

Perubahan lainnya berdampak pada item seperti Bracer, Hand of Midas, Phase Boots, dan Solar Crest yang laris manis di tiap game. Sedikit pengurangan atribut dan kenaikan harga item-item di atas memberi kesempatan equip lain jadi alternatif.

Cek info selengkapnya DI SINI. Hero apa yang bakal jadi meta di update 7.22g menurut Sobat Esports?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 OG 1591
2 PSG.LGD 1534
3 Team Liquid 1509
4 Team Secret 1485
5 Vici Gaming 1454
6 VGJ Storm 1450
7 Unknown 1429
8 Evil Geniuses 1422
9 Team NP 1401
10 (monkey) Business 1389
LA Bolds Right