IES Ligagame

Sumail Hijrah ke Cina? Kilas Sejarah Pemain Imigran yang Main di Timur

Billy Rifki
15/01/2020 09:42 WIB
Sumail Hijrah ke Cina? Kilas Sejarah Pemain Imigran yang Main di Timur
Apakah Sumail bisa meraih kesuksesan saat bermain di region Cina? Source: vpgame

Sumail Syed Hassan atau lebih dikenal sebagai Sumail sedang dikabarkan akan pindah region untuk kembali berkarir profesional. Penyebabnya, sejak keluar dari Evil Geniuses, ia belum menunjukkan minatnya untuk bermain serius lagi. 

Sempet menyatukan kekuatan bersama sang kakak, Yawar di tim Quincy Crew, namun ternyata sumail  tampak tidak betah di sana. Jika Sumail ingin main serius di tim berbeda, tim peminatnya harus memberikan tebusan yang tinggi karena ia masih punya ikatan dengan EG.

SUMAIL DIDEKATI ASTER

Persyaratan tersebut tak membuat Aster minder. Berita yang beredar mengatakan Xiaofei, owner dari Aster, sudah menghubungi Sumail untuk menyatakan minat memboyongnya ke Cina. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang dia ungkap ke Burning bahwa Xiaofei akan mengeluarkan harga berapa pun guna mendapatkan Sumail.

Awalnya, Xiaofei mengatakan negosiasi urung terjadi karena kedua pihak tidak menemui kata sepakat. Namun kemudian, Sumail malah mengungkapkan di streamnya kalau dia akan pindah dan bermain di Cina. Hal ini semakin melengkapi kepingan puzzle transfer saga Sumail ke Cina.


Terjemahan : Kolom merah kiri : Aster Xiaofei : Kita sudah menghubungi Sumail namun pembicaraan tak berlanjut.
Kolom Kanan : Aster Xiaofei : Kendala bahasa? Carikan Sumail gadis Cina, masalah selesai. source : vpgame.com

APAKAH SUMAIL BISA SUKSES DI CHINA?

Terlepas dari rumit dan ketidakpastian transfer Sumail ke Aster, kejadian ini bukan kali pertama. Sudah ada beberapa pemain imigran yang hijrah dan bermain di Cina untuk beberapa saat. Tapi, apakah mereka sukses? Atau Sumail bakal jadi orang asing ke sekian yang karirnya hancur di Cina?

- DOMINICK "BLACK^" REITMEIER

Carry lawas yang dijuluki "Sang Pengelana Dunia" telah bermain hampir disemua kawasan bumi.  Meski pindah region bakal menciptakan kendala seperti bahasa dan budaya, Black^ tak khawatir seraya ia menerima pinangan Vici Gaming 2014 silam.

Di tim tersebut, ia meraih cukup banyak prestasi membanggakan seperti juara 1 di ESL One New York 2014, The Summit 2 sampai runner up DAC 2015. Hingga akhirnya Black^ memutuskan hengkang di tahun 2015 setelah 6 bulan disana.

- JIAN WEI "XNOVA" YAP

Pemain Malaysia ini mungkin jadi contoh pemain luar Cina yang bisa merasakan sukses dan punya karir awet. XNova jadi bagian integral sukses PSG.LGD sejak bergabung di tahun 2018, berkontribusi dalam lolosnya PSG.LGD ke dua event DPC berturut-turut dikesempatan pertamanya.

Namun PSG.LGD bukan tim pertamanya di Cina. Ia  sempat bergabung dengan Rattlesnake dan tim bernama GeNysis. Kedekatan budaya yang dimiliki xNova dan Cina secara keseluruhan membuat adaptasinya tidak menyulitkan.

- CHAI "MUSHI" YEE FUNG

Pemain legenda Asia Tenggara ini jadi salah satu sosok yang disegani bukan cuma di kawasan domestik, tapi dunia di masa jayanya. Mushi membawa tim Asia Tenggara berkiprah mengesankan di The International 2012 dan 2013. Hal ini yang membuat tim DK dari Cina merekrutnya.

Mushi digabungkan bersama para legenda DotA diantaranya BurNing, Iceiceice, LaNm dan MMY. Beberapa trofi prestis yang Mushi raih selama berkarir di Cina adalah Starladder Starseries season 9 dan 2013 WPC ACE Dota 2 League.

- EVIL GENIUSES

Roster EG periode 2011 sempat berlatih di Cina. Walau bukan bermain di tim Cina, namun mereka merasakan pindah region dan berlatih dengan tim-tim disana yang dianggap paling kuat saat itu. Pemain EG saat itu terdiri dari Fear, Misery, Pajkatt, DeMon dan PlaymatE.

Sayang, usai 2 bulan menjalani latihan dan bootcamp ala shaolin, tim ini terpecah dan berganti roster.

Itu dia beberapa pemain yang sempat bermain di Cina. Menurut Sobat Esports, apakah Sumail bisa sukses kalau main di Cina?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Video Pilihan
Solo MMR
1 GeekFam.Raven.ggbook
2 BOOM.Mikoto.OMEN
3 TNC.Armel.www.J J B.ONE
4 T1.inYourdreaM.poloson
5 MG.Trust.Jackky
6 GeekFam.Kuku^.ggbook
7 MSC.Nikko
8 neon.PlayHard-.♥
9 Adroit.Mac.lbwlbw.com
10 BOOM.Dreamocel.OMEN
1 EHOME.NothingToSay.同乐城TLC
2 VG.Eurus.JBO.CLUB
3 Eurus
4 SAG.圣子华炼God-King-SzhL
5 k11
6 VG.Ori.JBO.CLUB
7 ASD
8 EHOME.Faith_bian.同乐城TLC
9 IG.Emo.Betwαy
10 Avengerls.DESKA
1 VP.iLTW.Parimatch.gg
2 abbdi
3 VP.No[o]ne-.Parimatch.gg
4 Alliance.LIMMP
5 scarlet
6 B8.Xcalibur.tw.tv/xcaliburye
7 GODSENT.W1sh-
8 VP.P.DM.whatever
9 Secret.MATUMBAMAN.uwiո
10 OG.Saksa.Kogami
1 OG.SumaiL-
2 QCY.Quinn.Tree#4
3 business.Moo.ꜝꜝʕ•ᴥ•ʔꜝꜝ
4 bc.ScofielD EL SOLIIIII.AORUS
5 EG.天鸽
6 4Zs.Sammyboy.BLM
7 ヒーロー狩り
8 Lelis
9 ThunderP.MNZ.4321
10 QCY.MSS.Felidae
1 BOOM.Mikoto.OMEN
2 T1.inYourdreaM.poloson
3 BOOM.Dreamocel.OMEN
4 BOOM.Fbz.OMEN
5 BrX.Ifr1t!.Old
6 GeekFam.Whitemon.ggbook
7 T1.Jhocam.조솔
8 OCY.Azur4.Anna
9 ♥RusmαÑ -奎因?.LFT
10 GeekFam.Xepher.ggbook
Team MMR
1 Team Secret 1599
2 Vici Gaming 1494
3 CDEC 1455
4 VGJ Storm 1450
5 PSG.LGD 1442
6 Unknown 1429
7 Nigma 1417
8 INVICTUS GAMING 1401
9 Team NP 1401
10 Fnatic 1393