Esports.ID

Turnamen FIFA 18 Jadi Pemanasan bagi PSG di Asia

MalZaHar
20/07/2018 11:47 WIB
Turnamen FIFA 18 Jadi Pemanasan bagi PSG di Asia
PSG Community Tournament, Ekshibisi FIFA 18 Bersama Team Flash

Singapura lagi-lagi menjadi persinggahan bagi para atlet eSports dari cabang FIFA 18. Setelah rampungkan Grand Finals Asian Football Gaming Championship (AFGC) 2018, pekan kemarin (15/7), kini para fans bakal disuguhi partai-partai menarik antara jagoan FIFA 18 dari klub Paris Saint-Germain (PSG) versus penggocek-penggocek bola virtual terbaik di Singapura!

Bekerjasama dengan Team Flash, organisasi eSports asal Singapura, PSG siap menggelar event bertajuk 'Paris Saint-Germain Community Tournament', yang merupakan bagian dari program 'PSG eSports Challenge 2018' yang bakal hadirkan pertandingan ekshibisi antara dua pemain FIFA 18 dari klub pemenang Ligue 1 ini melawan sejumlah pemain top asal Kota Singa tersebut.

Bertempat di Clarke Quay, Singapura, tanggal 29 Juli nanti, Lucas 'DaXe' Cuillerier dan Johan 'ManiiKa' Simon, yang turut mendampingi skuad Buffon Cs selama menjalani tur Asia, 25 Juli - 4 Agustus, akan ditantang oleh para pemain FIFA 18 terbaik di Asia, termasuk pemain dari Team Flash (Amraan Gani, Joseph 'Zarate' Yeo), dan tentunya pemenang ajang AFGC 2018, Subaru 'Mikey' Sugano.

Kehadiran divisi FIFA 18 dari PSG, dan juga keberadaan turnamen ini, masuk dalam agenda jadwal persiapan pra musim dari klub tempat Neymar Cs bermain. Tim PSG sendiri telah rencanakan untuk menyambangi ranah Asia sepanjang musim semi ini, dengan mengikuti ajang International Champions Cup (melawan Arsenal, 28 Juli; versus Atletico Madrid, 30 Juli). Kemudian menuju ke Shenzhen, Cina, guna berpartisipasi dalam Trophee des Champions.


Pemain FIFA 18, divisi eSports PSG saat eClub World Cup 2018!

"Di tahun 2011, Presiden kami (Nasser Al-Khelaïfi - red) telah menegaskan ambisi klub untuk menjadi salah satu franchise olahraga yang terbesar di dunia," ujar Fabien Allegre, Director of Merchandising & Diversification di PSG. "Agar mencapainya, PSG perlu inovasi. Dengan eSports, kami melakukan beragam hal dengan brand PSG agar menjangkau audiens lebih besar, terutama para remaja dan kalangan muda Asia yang sangat memahaminya."

Selain itu, bagi PSG, kunjungan dan rangkaian tur pra musim ke Asia bakal memberi dampak positif, yakni kesempatan bagi tim utama PSG menjajal kekuatan tim besar Eropa lainnya (Arsenal & Atletico Madrid), kemudian bertemu dengan fans mereka di kawasan Asia, serta bentuk kerjasama bisnis lainnya (seperti kolaborasi event bareng Team Flash). PSG punya basis fans sekitar 17 juta orang, via laman medsos tim, mencakup 1,5 juta fans di Cina.


Klub PSG sendiri bakal jalani dua pertandingan di Singapura

"Kami senang bahwa potensi besar eSports di kawasan Asia Tenggara sudah berhasil menarik minat dari tim sebesar PSG," ungkap Terence Ting, CEO & Founder dari Team Flash. "Kami (Team Flash - red) akan membantu klub PSG dalam memasuki pasar dan scene eSports di sini melalui tim-tim binaan kami, baik yang di Singapura maupun Vietnam."

Memang ada kemungkinan juga bahwa divisi eSports dari PSG bakal merekrut pemain-pemain hebat dan potensial dari SEA untuk mengisi roster mereka. Seperti misalnya yang mereka lakukan saat mengakuisisi tim LGD Gaming (kini bertitel PSG.LGD) sebagai representatif divisi DOTA 2 mereka secara global.


Deretan pengurus dan pemain legendaris PSG di Singapura

Bahkan geliat kiprah tim sepakbola dunia yang merambah dunia eSports juga menular ke tim-tim besar lain seperti halnya yang dilakukan Manchester City (Juara EPL musim lalu) dengan merekrut pemain asal Cina untuk divisi eSports FIFA Online. Ayo, pemain-pemain eSports Indonesia, jangan mau kalah, segera tunjukkan prestasimu karena mata dunia telah mengarah kepada kamu semua! Siap dan mau bergabung di PSG, sobat eSports?