Esports.ID

Menuju 'Big League', Pemain Top Daerah Bersaing di IGL!

MalZaHar
04/04/2019 14:31 WIB
Menuju 'Big League', Pemain Top Daerah Bersaing di IGL!
Jaring Pemain di Minggu Keempat, Separuh Jalan IGL - FIFA 19 FUT!

Guna menemukan bakat-bakat baru dan pemain FIFA 19 potensial dari berbagai daerah, pihak Indonesia Gaming League (IGL) memprakarsai kompetisi Liga FUT pertama yang bakal menyaring tiga pemain terbaik dari fase kualifikasi online, setiap minggunya.

Dijadwalkan selama 8 minggu, pelaksanaan IGL – FIFA 19 FUT telah rampungkan Online Qualifier – Week 4, pada hari Sabtu (30/3) dan Minggu (31/3), yang kembali meloloskan tiga Top Player untuk mengisi kuota 24 pemain terbaik menuju 'Big League'!

Acara yang turut didukung oleh 1011 Event Organizer ini sudah berlangsung separuh jalan, dan sebanyak 12 pemain top asal berbagai daerah di Indonesia telah memastikan tempat di ajang lebih bergengsi ke depannya (Big League). Rencananya, liga teratas ini bakal dibagi dalam dua grup besar, yakni Big East dan Big West.

Dilansir dari situs VivaGoal, selaku official media partner dari IGL – FIFA 19 FUT, terdapat 220 peserta yang ikut mendaftarkan diri dan berpartisipasi pada online qualifier di minggu keempat. Meski terjadi penurunan dari segi jumlah peserta bila dibandingkan penyelenggaraan minggu sebelumnya, namun hal ini masih sesuai prediksi awal yang disampaikan oleh Stephen Clinton, selaku Wakil Ketua IGL.

“Penurunan player yang mendaftar saya rasa wajar. Soalnya ada beberapa turnamen berskala internasional digelar mulai dari akhir Maret hingga awal April ini. Banyak player kita, mulai dari tim esport hingga yang bermain secara individu mendaftar di sana,” ujar Stephen Clinton, sebagaimana dikutip via VivaGoal.

Meski demikian, Clinton mengaku bangga dengan banyaknya player yang mengikuti kompetisi di luar negeri. Menurutnya, hal tersebut menunjukkan bahwa player asal Indonesia memang bisa bersaing di skala internasional sekaligus mengharumkan nama bangsa, khususnya di scene esport global.


“Minimal mereka sudah berjuang dan membawa nama Indonesia ke luar melalui hal yang mereka suka. Ini membuktikan esport kita memang bisa bersaing dan memiliki kualitas yang tak kalah dengan negara-negara lain. Soal hasil dan lainnya bisa menyusul di kemudian hari,” tambahnya.

Lantas, siapa saja yang berhasil menjadi ‘Top Three Player’ di Online Qualfier – Week 4, FIFA 19 FUT (PS4)? Berikut daftarnya!

1. Rudi Julio

Nama: Rudi Julio
Asal: Surabaya
PSN ID: rudiojulio
Nama Tim: Jor El

Dalam permainannya, Jor EL coba mentransformasikan pola 4-2-3-1 yang dikombinasikan dengan gaya bermain Gegen Pressing ala Jurgen Klopp. Hasilnya pun boleh dibilang cukup maksimal. Distribusi bola dari lini kedua hingga lini depan mengalir deras hingga ciptakan banyak peluang ke arah gawang lawan.

Selain itu, tim yang memiliki nilai sebesar 4.000.000 coins atau setara dengan Rp 6 Juta ini juga memiliki fleksibilitas formasi untuk diterapkan. Di sela laga, Jor El bisa langsung beralih ke 4-2-1-3 dan menjadi counter pressing. Dalam urusan counter, tim ini boleh dibilang cukup support dengan pola tersebut karena andalkan dua winger berkecepatan lumayan dalam diri Neymar jr dan Kylian Mbappe.

Sementara itu, sebagai juru gedornya, Jor El memasang nama Pavel Nedved di poros depan. Saat Nedved tumpul, pemain asal Republik Ceko ini akan bertukar posisi dengan Zlatan Ibrahimovic yang terkenal memiliki positioning serta kemampuan hampir sempurna sebagai seorang striker.

Tak hanya tajam di depan, sisi gelandang bertahan kian mantap dengan adanya dua classic macam Ruud Gullit dan Frank Rijkaard. Keduanya memiliki peran sebagai penahan dan pendistribusi bola ke sisi depan. Di sektor pertahanan, tim ini sudah diperkuat defender-defender mumpuni macam Alex Sandro, Kenny Lala, David Luiz, dan Virgil Van Dijk untuk menjaga sterilnya gawang mereka yang dikawal oleh David De Gea.

Terkait persiapan menuju liga, Rudi Julio sang pemilik tim mengaku cukup bangga dengan pencapaian yang ditorehkan tim besutannya. Padahal dia sendiri sebenarnya baru tahun ini mulai bermain gim FIFA. Mencapai babak utama liga tentunya merupakan prestasi sendiri baginya secara pribadi. “Meski sudah memastikan diri ke liga, saya akan terus berlatih dan menjaga stamina guna tetap tampil prima. Lawan yang akan dihadapi lebih sulit dibanding sebelumnya. Porsi berlatih tentunya akan saya tingkatkan ke depannya,” ujar eks dosen yang kini tengah terjun ke dunia entrepreneur ini.

2. Apri Hantoro

Nama: Apri Hantoro
Asal: Sleman
PSN ID: aji_battle208
Nama Tim: PSS SLEMAN

PSS Sleman asuhan Apri Hartno adalah tim kedua yang berhasil lolos dari kualifikasin online minggu ke-4. Secara pribadi, dia merasa besyukur bisa lolos karena persaingan dalam FIFA 19 FUT PS4 dirasa cukup ketat. Meski lolos, dirinya mengaku tak jumawa karena merasa timnya masih memiliki kekurangan. “Ada yang harus dibenahi sebelum memasuki liga. Persiapan mental serta latihan yang rutin akan sangat diperlukan. Selain itu, saya juga akan mempersiapkan chemistry tim agar lebih solid lagi nanti,” ujar Apri.

Pria yang berprofesi sebagai wiraswasta ini coba menerapkan pola yang kurang populer di sepakbola modern dewasa ini. Dia lebih suka menerapkan pola 4-5-1 untuk mengalahkan lawan-lawannya. Berkat kolektivitas yang mumpuni serta pack player yang terbilang lumayan, PSS Sleman berhasil menjadi satu dari tiga tim terbaik kali ini.

Menilik dari susunan pemainnya, tim ber-value 1.183.500 coins (Rp 1,8 Juta) ini ingin bermain atraktif dengan menyematkan pemain-pemain dunia macam Timo Werner yang bertugas sebagai juru gedor utama. Nama classic seperti Michael Owen dan jendral Real Madrid, Toni Kroos juga didaulat sebagai deputi Werner kala pemain Red Bull Leipzig ini butuh sokongan tambahan di sektor depan.

Sementara dari lini kedua, tim yang bisa bertukar pola menjadi 4-1-4-1 ini juga memiliki pemain dengan reputasi baik seperti Quincy Promes dan Felipe Anderson di sisi sayap kanan serta kiri. Nama terakhir yang mengisi lini kedua PSS Sleman adalah Geoffrey Kondogbia. Pemain Afrika tengah ini bertugas sebagai benteng terakhir sebelum bola memasuki zona pertahanan.

Di benteng terakhir, PSS memiliki nama beken yang bermain di dua raksasa LaLiga yakni Real Madrid dan Barcelona. PSS menyisipkan nama Marcelo, Nelson Semedo, Sergio Ramos, dan Raphael Varene. Di sektor penjaga gawang, nama Thibaut Curtois hadir untuk mengisi pos pertahanan terakhir

3. Anak Agung Ngurah Ardy Diptayana

Nama: Anak Agung Ngurah Ardy Diptayana
Asal: Tangerang
PSN ID: ArdyDipta
Nama Tim: Nusantara AFC

Sejatinya, Nusantara AFC telah bermain di tiga minggu pertama Online Qualifier. Namun, tiga kali percobaan tersebut, dirinya selalu gagal. Enggan untuk menyerah pada keadaan, Ardy kembali mencoba peruntungannya dengan bermain di Online Qualifier keempat. Hasilnya, Ardy mewakili Tangerang untuk bermain di Liga,

Dalam pola permainan, Nusantara AFC coba memainkan pola yang kurang lebih sama dengan PSS Sleman yakni 4-5-1 sebagai fondasi dasar. Bedanya, susunan pack player tim asal Tanggerang ini terbilang lebih mentereng karena hadirnya tiga pemain classic yang menghuni skuat bernilai 6.300.000 coins (Rp 9,4 Juta).

Menilik dari pack player yang dimiliki, pola possession nampaknya menjadi dasar utama permainan Nusantara untuk merepotkan lawan-lawannya di babak kualifikasi. Guna memainan pola tersebut, tim ini sudah di-support oleh nama-nama berkualitas macam Eden Hazard dan Kylian Mbappe di sisi sayap serta lini kedua. Sementara itu, lini tengah juga disesaki oleh tiga nama classic macam Raul dan Michael Ballack yang mengisi posisi CAM. Sementara satu nama terakhir di isi oleh Emanuele Petit

Lini terahir, yakni lini pertahanan, menjadi sektor yang lumayan kuat karena telah disesaki oleh nama top macam Marcos Alonso, Virgil Van Dijk, David Luiz, dan Dani Alves untuk bahu-membahu kawal pertahanan sekaligus melakukan overlap ke lini kedua. Dari sektor penjaga gawang, posisi ini diamankan oleh David De Gea yang memiliki overall tertinggi dalam tim, yakni 97.

Terkait persiapan Nusantara AFC ke Liga, Ardy yang masih berstatus sebagai mahasiswa ini mengaku tengah mempersiapkan mental dan skill bermain guna tampil lebih apik di Liga. “Saya juga akan upgrade skuat agar menutupi beberapa kekurangan pada tim,” ujarnya.

Apakah sobat esports sudah mendaftarkan diri untuk berkompetisi menjadi yang terbaik, serta kesempatan membawa pulang total hadiah senilai ratusan juta rupiah? Jika belum, langsung saja daftarkan tim kamu DI SINI. Informasi lebih lengkap, bisa menghubungi beberapa akun sosmed berikut; Instagram, Fanpage Indonesia Gaming League, Youtube, dan Twitter.