Esports.ID

Tak Diunggulkan, MoAuba Juarai FIFA eWorld Cup 2019!

Meneketehe
05/08/2019 15:49 WIB
Tak Diunggulkan, MoAuba Juarai FIFA eWorld Cup 2019!
Pemain FIFA Pertama dari Jerman yang Raih Juara Dunia!

Mosaad 'Msdossary' Aldossary, sang juara bertahan di tahun sebelumnya juga takluk olehnya! Nicolas99fc, yang jauh lebih diunggulkan sebagai wakil dari grup konsol PlayStation, pun dibuat tak berdaya. Rekan sejawatnya dari Jerman, MegaBit, juga tak bisa menandinginya. Sambut juara dunia baru di FIFA eWorld Cup 2019, Mohammed 'MoAuba' Harkous!!

Penampilan konstan dan performa prima yang dipertunjukkan oleh Msdossary sepanjang musim lalu, hingga musim tahun ini bergulir, nampak mulus bagi dirinya untuk mempertahankan gelar juara dunia. Namun, pemain berusia 22 tahun asal Jerman berhasil membalikkan semua prediksi awal dengan menumbangkan deretan pemain FIFA papan atas, seperti 'Pinna97', 'Maestro', 'nicolas99fc', dan termasuk 'Msdossary' di partai puncaknya!

FIFA eWorld Cup tahun ini terlaksana di The O2, London, dan berlangsung akhir pekan kemarin, 2 - 4 Agustus 2019. Sama bergengsinya dengan Piala Dunia yang bergulir setiap empat tahun sekali, maka ajang kejuaraan dunia sepakbola virtual tahunan ini mempertemukan pemain-pemain FIFA 19 terbaik sejagat!

Sebanyak 32 pemain berhak tampil di FIFA eWorld Cup 2019, yang terbagi atas 16 pemain dari dua platform konsol (Xbox One dan PS4). Mereka adalah pemain-pemain ranking teratas berdasarkan rangkaian kualifikasi dan event kalendar dari EA Sports FIFA 19 Global Series.

Pada fase group stage, para pemain akan dibagi ke dalam dua grup untuk masing-masing platform konsol. Delapan pemain di tiap grup saling berebut empat posisi teratas guna memastikan slot melaju ke fase berikutnya (Round of 16). Setelah itu, pemain yang lolos kembali bertarung, dengan sistem silang antara peringkat atas dan bawah.

Empat pemain yang menang di fase ini, kemudian berhak tampil di babak perempatfinal, dan mencari dua finalis untuk jadi pemuncak dari platform Xbox One maupun PlayStation 4. Babak akhirnya, Final Showdown, merupakan partai final (home & away) yang mengharuskan pemain beradu skill di kedua platform, untuk mencari juara sejati FIFA 19!

MoAuba, pemain dari klub Werder Bremen ini, secara bertahap mampu lewati banyak hadangan dari pemain hebat sebelum menyentuh Final Showdown. Di babak 16 besar, dia mampu kandaskan Pinna97, lalu Maestro pada babak selanjutnya, untuk kemudian menantang nicolas99fc di semifinal. Final konsol tersebut berhasil dimenangkan oleh MoAuba dengan skor tipis, 9 - 8 (4 - 1 & 5 - 7).

Sebagai juara bertahan, Msdossary sudah tampil greget sejak group stage dengan torehan sempurna (7 - 0). Langkahnya pun tak terhenti oleh pemain veteran dari Jerman, MegaBit, di 16 besar. Saat semifinal, dia kalah pada leg pertama dari Rafsou, yang memaksanya berjuang ekstra untuk 'comeback' di leg kedua, dan menutupnya dengan skor 4 - 3.

Klimaksnya, kedua pemain terbaik dari ajang FIFA eWorld Cup tahun ini jalani pertandingan leg pertama di konsol Xbox One, platform favorit dari Msdossary. Pertanda bagus, MoAuba mampu menahan imbang sang juara bertahan dan menyongsong leg kedua di konsol kesukaannya. Alhasil, pemain yang juga berdarah keturunan Libanon ini mampu mengunci gelar juara FIFA eWorld Cup 2019!

"Aku hanya berharap tidak terbangun," ungkap Mohammed 'MoAuba' Harkous, tak lama setelah luapkan kemenangannya dengan mengitari arena panggung sambil kibarkan bendera Jerman. "Ini hal gila. Aku tidak menyangkanya, dan ini sungguh luar biasa. Aku datang tanpa banyak latihan karena sudah masuk akhir musim. Tapi aku berhasil kalahkan Msdossary, jadi tak karuan rasanya!"

Selain kesuksesannya untuk mengganjal pemenang turnamen ini sebelumnya, MoAuba juga catatkan diri sebagai pemain FIFA pertama asal Jerman yang berhasil menjuarai FIFA eWorld Cup (dulunya bernama FIFA Interactive World Cup - FIWC). Sejarahnya, sejak digelar perdana tahun 2004, ada total 12 juara dunia sepakbola virtual yang berasal dari sembilan negara.

"Tentu saja aku sedih, tapi dia (MoAuba - red) lebih pantas untuk menang. Selamat!" ujar Msdossary, ketika dikonfirmasi usai partai finalnya. "Aku akan merebutnya (trofi juara - red) lagi antara tahun depan, atau tahun berikutnya."

Berkat kemenangan ini, MoAuba tidak hanya berhak atas titel juara dunia FIFA 19 terakhir (sebelum rilisnya FIFA 20), dirinya juga mengantongi nominal hadiah uang lumayan fantastis, yakni sebesar $250.000 dolar AS. Plus tiket perjalanan dan akomodasi untuk kunjungan eksklusif pada ajang The Best FIFA Football Awards!


Mungkinkah akan ada wakil pemain FIFA asal tanah air di masa mendatang? Bahkan, seorang juara dunia sepakbola virtual dari Indonesia? Amiin!