Esports.ID

PSSI Gelar Kompetisi FIFA 19, Cikal Bakal Liga 1 Esports!

Meneketehe
04/08/2019 06:40 WIB
PSSI Gelar Kompetisi FIFA 19, Cikal Bakal Liga 1 Esports!
Garuda Esports Tournament di PSSI Football Expo 2019!

Tidak menutup mata akan antusias sejumlah klub sepakbola yang mulai merambah dunia esports, PSSI pun siap menggelar sebuah kompetisi gim sebagai cikal bakal lahirnya Liga 1 Esports!

Hal ini disampaikan oleh Deputi Sekretaris Jendral PSSI, Marshal Masita, via rilis pers yang dimuat pada situs resminya (3/8). Beliau menyebutkan rangkaian agenda event dari PSSI pada paruh kedua tahun 2019, yang antara lain juga mencakup sebuah kompetisi gim FIFA 19, di gelaran Football Expo 2019.

"Tanggal 21-25 Agustus 2019, ada Indonesian Football Expo yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan," papar Marshal Masita, dilansir via BolaSports.com. "Ada beberapa agenda seperti workshop, exhibition, dan kompetisi esports."

Terkait pemilihan gim FIFA sebagai satu-satunya cabang yang dipertandingkan, Marshal ungkap beberapa pertimbangan dari PSSI untuk tidak menyertakan PES, atau gim lainnya.

"Bukan Mobile Legends, tetapi FIFA 19. Kami (PSSI - red) punya angan-angan ingin menggelar Liga 1 Esports. Turnamen ini akan menjadi cikal bakalnya," tambahnya lagi.

Dirinya merasa optimis bahwa Liga 1 Esports bisa terlaksana, meski baru dua klub sepakbola tanah air yang sudah miliki tim esports. Sejauh ini, baru Bali United FC dan PSS Sleman yang telah resmi membentuk divisi-divisi esports dan berkompetisi aktif.

"Sama halnya dengan Liga 1 Putri, awalnya kurang dari 10 tim, lalu akhirnya mendapat 10 tim secara tiba-tiba. Esports juga sama, awalnya kami akan bilang ke klub untuk turnamen dulu (tahun ini - red)," tukas Marshal, menyoal peserta Liga 1 Esports nantinya. "Baru tahun depan, kami selenggarakan Liga 1 Esports. Jumlah pesertanya terserah, bisa berapapun."

Kompetisi yang diberi tajuk Pond's Men Garuda Esports Tournament 2019 ini juga ditujukan sebagai bentuk apresiasi dari PSSI kepada beberapa klub Liga 1 yang sudah membentuk tim esports.

GARUDA ESPORTS TOURNAMENT 2019!

PSSI membuka slot peserta hingga 128 pemain, yang terbuka bagi seluruh gamer FIFA 19 dan fans esports, untuk ikutan turnamen bersistem gugur ini serta memperebutkan total hadiah senilai Rp50 juta.

Ada dua kategori yang tersedia, yakni Esports Championship & Mini Tournament. Bedanya, di Championship, kamu akan menantang pemain pro. Sementara itu, peserta Mini Tournamen akan berhadapan dengan sesama pemain amatir, dan dibagi lagi ke dalam dua jenis permainan (Freekick Race & Versus Player).

Bagi Sobat Esports yang ingin jajal kompetisi FIFA 19 perdana oleh PSSI, Pond's Men Garuda Esports Tournament 2019, silakan mengisi form pendaftaran via link berikut. Terkait syarat dan ketentuan kompetisi, lebih detilnya bisa kamu lihat DI SINI.

Selain kompetisi gim FIFA 19, gelaran Football Expo 2019 juga bakal diramaikan oleh kehadiran para pemain Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Bali United. Termasuk adanya demo teknologi VAR, yang didatangkan langsung dari luar negeri. Gimana? Pasti seru kan, yuk mampir!