Esports.ID

Manchester City Rekrut Pemain Cina Perkuat Divisi eSports FIFA Online

MalZaHar
06/06/2018 17:19 WIB
Manchester City Rekrut Pemain Cina Perkuat Divisi eSports FIFA Online
Juara Liga EPL Minati Bakat eSports dari Negeri Tirai Bambu

Mirip dengan yang dilakukan oleh klub sepakbola kaya asal Perancis, Paris Saint-Germain, yang mengakuisisi tim LGD Gaming (kini memakai nama PSG.LGD) untuk bisa eksis di scene eSports global, kini giliran Manchester City yang bergerak menyusur daratan Cina untuk mencari bakat-bakat muda, namun untuk divisi FIFA Online!

Klub juara liga English Premier League (EPL), musim kompetisi 2017-2018 ini, menggelar sebuah konferensi pers di Star Alliance Esports Center, Beijing, Selasa (5/6) kemarin, untuk mengumumkan secara resmi tim divisi FIFA Online yang bakal mengarungi kompetisi Online Star League (FSL).

"Kami senang dapat terlibat dalam ranah game di Cina, pasar eSports terbesar di dunia," ungkap David Tang, China Regional Director dari Manchester City. "Kami menantikan kiprah tim ini berkompetisi di FSL, saat mereka berjuang menjadi tim pemuncak sekaligus lengkapi kesuksesan klub (Juara EPL - red) di musim ini."

Gebrakan ini juga menandai debut awal bagi klub sepakbola dari EPL untuk merambah pasar eSports di Cina. Kompetisi FSL sendiri baru akan dibuka pada tanggal 15 Juni 2018 nanti. Tim FIFA Online besutan Manchester City ini dihuni 5 pemain, dan sementara ini baru tiga pemain yang direkrut, yakni Zhang Jun, Aruya, dan Liu Chao.

Zhang Jun adalah penyandang gelar Most Valuable Player (MVP) untuk kompetisi FSL musim lalu, sedangkan Aruya dan Liu Chao merupakan pemain veteran yang sudah berkecimpung dalam kompetisi ini 2 tahun terakhir.

Sisi uniknya, tim ini 'menyimpan' dua slot tersisa bagi para fans The Citizens di Cina, melalui seleksi nasional yang bakal digelar kemudian hari. Informasi awalnya, bagi yang ingin mencoba peruntungan jadi anggota tim FIFA Online Manchester City, bisa mengikuti akun resmi klub via aplikasi WeChat 'mcfcofficial', lakukan registrasi untuk mengetahui cara-caranya secara lebih detil.

Sebelum ini, divisi eSports dari Manchester City sudah lebih dulu dihuni oleh dua pemain FIFA 18, yakni Kirean 'Kez' Brown (sayangnya telah keluar dari klub) dan paling anyar tahun ini adalah Kai 'Deto' Wollin, pemegang titel juara dunia FIFA 18 untuk konsol PS4.

"Menyenangkan bahwa komitmen klub besar seperti Manchester City terhadap eSports semakin besar dengan masuk ke dalam ranah game di Cina. Klub ini telah membuat kontribusi nyata pada industri eSports," tutur Shulun Gao, Tencent Executive, yang turut hadir di acara tersebut sebagai wakil penyelenggara FSL. "Mereka adalah klub sepakbola Inggris pertama yang merekrut pemain pro eSports, dan konten digital dengan keterlibatan fans mereka sejak saat itu benar-benar luar biasa."

PSG pun terbukti kini tengah menuai kesuksesan besar setelah tim rekrutannya, PSG.LGD, mampu tampil konsisten dan beri hasil nyata di beberapa turnamen Pro Circuit belakangan ini. Dengan statusnya sebagai klub juara EPL, maka besar kemungkinan ke depannya lebih banyak lagi klub Inggris selain Manchester City yang turut ambil bagian dalam kompetisi FIFA Online. Menurut sobat eSports, klub mana berikutnya yang bakal terjun ke eSports?