Esports.ID

Sediakan 1,5 Trilyun, Fortnite Kalahkan Prize Pool Semua eSports Populer!

Rendy Lim
22/05/2018 13:06 WIB
Sediakan 1,5 Trilyun, Fortnite Kalahkan Prize Pool Semua eSports Populer!
Epic Games Fortnite

Siap-siap Fortnite Competitors! Semalam Epic Games, developer dari Fortnite Battle Royale mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan prize pool sebesar 100.000.000 USD atau setara dengan 1,4 triliun Rupiah untuk turnamen Fortnite. 

Prize pool dengan angka fanastis tersebut tentunya tidak hanya diberikan pada satu turnamen saja, namun akan disebar untuk turnamen selama season 2018-2019. Semangat dari para pemain dan semakin berkembangnya komunitas Fortnite membuat Epic Games ingin menjembatani para pemain untuk mempertemukan para pemain terbaik dalam sebuah kompetisi eSports. 

Tidak hanya memberikan semangat kompetisi bagi para pemain Fortnite yang mengikuti berbagai turnamen tersebut, Epic Games juga berjanji akan menjadikan turnamen-turnamen ini menarik untuk dinikmati sebagai penonton. Namun, kita harus menunggu setidaknya hingga minggu depan untuk informasi terbaru. 

Meskipun prize pool sebesar 1,4 triliun Rupiah tersebut dibagi dalam beberapa turnamen selama satu season, angka tersebut tetap adalah jumlah yang fantastis. Bahkan untuk game sekelas Dota2, pada tahun 2017 kemarin menyediakan total prize pool sebesar 38 juta USD atau sekitar 537 miliar Rupiah. Sedangkan game eSports populer lainnya seperti CS:GO dan League of Legends hanya menyediakan prize pool sebesar 19 juta USD dan 12 juta USD selama 2017.

Data-data tersebut diperoleh dari Esports Earning, website yang mengandalkan informasi dari publik untuk mencatat hadiah dari turnamen eSports dan di tahun 2017 total prize pool yang tercatat untuk seluruh turnamen eSports adalah sebesar 113 juta USD, hampir sama dengan prize pool yang disediakan oleh Epic Games untuk Fortnite diseason 2018-2019 ini. 

Selanjutnya, mungkin sobat eSports bertanya-tanya, bagaimana Epic Games bisa memberikan duit sebanyak itu untuk prize pool turnamen? Menurut perusahaan analytics Sensor Tower, diperkirakan dalam satu hari, Epic Games bisa mendapatkan 1 juta USD hanya dari Fortnite mobile version. Memang benar Fortnite adalah game free to play yang membuat semua orang dapat bermain tanpa membayar, namun developer juga menjual character costumes dan in-game dance moves yang dapat dikoleksi dan digunakan oleh pemain dalam match. 

Penjualan item itu sendiri memberikan Epic Games pendapatan sebesar 126 juta USD pada bulan Februari kemarin untuk PC dan console version. Serta menurut perusahaan analytics Superdata Research, angka tersebut meningkat setiap bulannya karna adanya peningkatan jumlah playar untuk Fornite mobile version. 

Hmmmm tampaknya uang dengan jumlah segitu memang tidak ada apa-apanya untuk investasi Epic Games dalam dunia eSports. Bagaimana pendapat kamu sobat eSports? Sudah siap dengan turnamen-turnamen dari Fortnite?