KASKUS Battleground PUBG Mobile

Turnamen Official Fortnite Prematur, Belum Layak Jadi eSports?

Rendy Lim
16/07/2018 14:51 WIB
Turnamen Official Fortnite Prematur, Belum Layak Jadi eSports?
Fortnite Summer Skirmish

Fortnite Summer Skirmish tidak diberitakan dengan heboh oleh Fortnite. Informasi tentang turnamen ini cukup susah ditemukan bahkan oleh mereka yang adalah pemain veteran Fortnite. Semua informasi tentang Fortnite Summer Skirmish memang ditampilkan dalam websitenya minggu lalu, namun komunitas Fortnite baru mendapatkan dan menyebarkan informasi tersebut 10 jam sebelum event tersebut berlangsung. 

Kurangnya publikasi ini dianggap komunitas sengaja dilakukan oleh Epic Games karena mereka yakin turnamen ini tidak akan berjalan dengan lancar. Tetapi, bukan hanya tidak lancar, masalah yang cukup besar terjadi pada turnamen ini. Setelah empat game, dari 10 game yang dijadwalkan berlangsung, event ini dibatalkan karena lag cukup parah yang terjadi. 

Selain itu, gameplay dalam turnamen tersebut juga sangatlah membosankan untuk ditonton. Pro player tidak menunjukkan permainan yang agresif dan menyebabkan tontonan tidaklah menegangkan alias monoton. Epic Games memang menyediakan sejumlah uang bagi player yang mendapatkan most kill, namun jumlah tersebut sangatlah jauh dibandingkan jika mereka menang. Agar dapat menang dalam turnamen ini, tim harus menang 2 match dari total 10 matches dan cara paling efektif adalah menghindari pertarungan dengan cara apapun. 


Jadi untuk mendapatkan juara, pro player melakukan taktik stalling yang cukup ekstrim. Mereka akan dengan sengaja bertahan dalam Storm selama mungkin untuk menghindari musuh. Jika dibandingkan dengan event sebelumnya yakni UMG Friday Fortnite, turnamen kali ini sangatlah mengecewakan. 

Beragam kekecewaan juga diungkapkan oleh komunitas Fortnite. Banyak dari mereka yang berkomentar tidak hanya dalam satu sisi, melainkan beragam sisi kekecewaan mereka terhadap Fortnite Summer Skirmish.

Penasaran? Yuk, intip seberapa kacau Fortnite Summer Skirmish kemarin!

Fenomena lag yang terjadi sepanjang turnamen membuat player tidak bisa melakukan streaming, sedangkan komentator berusaha sebaik mungkin untuk memberikan penjelasan. Tentu hal ini menunjukkan Epic Games yang tidak profesional. Prize pool sebesar 250.000 USD bukanlah jumlah yang sedikit, namun turnamen ini tidak menunjukkan kemampuan dari pro player untuk dapat menang dan memberikan pandangan negatif pada aspek kompetitif Fortnite.  

Berikut adalah beberapa contoh lag yang terjadi: 

 

Komentar dari Epic Games tentang turnamen yang bermasalah kemarin:

Banyak kritik yang menyatakan bahwa Epic Games mengetahui bahwa permasalahan lag memang terjadi di custom lobbies sejak beberapa bulan lalu, namun mereka masih tetap menjalankannya. Ini memang bukan turnamen pertama yang diwarnai dengan lag di dalamnya, melainkan hanyalah turnamen official pertama yang diadakan oleh Fortnite.  

Permasalahan ini tentu mengundang pertanyaan dalam komunitas eSports terlebih pada lingkungan kompetitif Fortnite. Mulai dari caster yang tidak serius dalam membawakan turnamen, lag yang mengganggu jalannya pertandingan, hingga peraturan yang baru dipublikasi satu jam sebelum event dimulai. 

Bagaimana menurut pendapat sobat eSports?