Esports.ID

Pemenang Fortnite Summer Skirmish Dituduh Curang? Ini Pembelaan Epic

Rendy Lim
23/07/2018 11:09 WIB
Pemenang Fortnite Summer Skirmish Dituduh Curang? Ini Pembelaan Epic
Fortnite Summer Skirmish

Setelah permasalahan lag pada Fortnite Summer Skirmish pertama, minggu lalu Epic Games kembali mengadakan turnamen berhadiah 500.000 USD tersebut. Namun sayangnya, masalah tetap terjadi pada turnamen kemarin, kali ini pemenangnya dituduh melakukan kecurangan atau cheating karena skor dan permainan yang tidak masuk akal menurut para spectator. 

Peserta dengan nama iDropz_Bodies merupakan pemenang Summer Skirmish minggu lalu yang tidak hanya berhasil mendapatkan gelar juara, namun juga 50.000 USD sebagai elemination bonus dan total sekitar 110.000 USDiDropz_Bodies menggunakan PS4 dalam turnamen ini dan berhasil mengumpulkan 184 poin dengan akumulasi dari eleminasi, victory royales, dan 20 kill games. 

Namun karena kurang terkenalnya iDropz_Bodies di komunitas Fortnite serta performanya yang sangat menakjubkan dalam turnamen ini membuat beberapa spectators menuduh dirinya melakukan hacking atau cheating. Salah satu tuduhannya adalah penggunaan keyboard dan mouse bisa memberikan keuntungan lebih dibanding mereka yang menggunakan controller. 

Menanggapi tuduhan tersebut, iDropz_Bodies segere merespon dengan memberikan bukti menggunakan beberapa foto dari controller PS4 nya yang didapat dari Cinch Gaming, serta replays game di PS4 nya sebagai barang bukti. 

Berbeda dengan tanggapan para spectator, Epic Games memberikan statement tersendiri yang berpihak pada iDropz_Bodies dengan analisis dan bukti bahwa tidak ada kecurangan yang terjadi.  Epic Games menyatakan bahwa website yang digunakan untuk membuat tuduhan kecurangan tersebut seperti Fortnite Tracker kadang memberikan informasi yang tidak lengkap. Serta website tersebut juga tidak menunjukkan dugaan iDropz_Bodies mendapatkan kill tambahan ataupun penggunaan keyboard atau mouse. 

Bahkan tuduhan tanpa dasar seperti tidak terkenalnya iDropz_Bodies dalam komunitas Fortnite juga menjadi alasan dugaan pemain ini bermain curang. 

Meskipun mendapat beragam tuduhan, melalui Kotaku, iDropz_Bodies merespon semua tuduhan tersebut dengan tenang: "Aku tidak tau apa yang harus ku katakan tentang semua komentar negatif tersebut. Aku telah diberi kesempatan dan telah memanfaatkannya dengan baik. Hari ini benar-benar menunjukkan diriku bahwa kamu tidak dapat sukses tanpa kebencian, tapi aku tidak sendiri. Aku memiliki komunitas Destiny yang berada di sisiku dan tanpa mereka aku tidak tau apakah aku bisa bertahan".