Esports.ID

2 Milly Perkarakan Emote Joget 'Tak Berizin' di Fortnite

Rendy Lim
05/12/2018 15:00 WIB
2 Milly Perkarakan Emote Joget 'Tak Berizin' di Fortnite
Fortnite Battle Royale

Fortnite Battle Royale tidak bisa dipungkiri telah menjadi game paling populer yang tidak hanya dimainkan oleh kalangan gamer. Meskipun mengusung konsep battle royale sebagai mode utamanya, namun salah satu hal yang membedakannya dengan battle royale sejenis adalah kehadiran dance emote dalam game ini. 

Emote merupakan gerakan dance yang biasa digunakan oleh para pemain ketika mereka berhasil membunuh musuhnya atau saat mendapatkan victory royale. Harganya pun bervariasi mulai dari 5 Dollar AS atau sekitar 70 ribu Rupiah, serta menjadi salah satu cara bagi developernya untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. 

Jika sebelumnya kamu mendengar Fortnite sering sekali menuntut orang-orang yang menggunakan cheat ke meja hijau, saat ini giliran Fortnite yang terkena tuntutan. Masalahnya adalah salah satu pemilik atau pencetus gerakan dance yang ada di Fortnite merasa dirugikan dengan penjualan emotes yang meniru gerakannya tersebut. 


Dia adalah rapper asal Brooklyn, 2 Milly yang populer pada tahun 2014 silam dengan lagunya Milly Rock dan munculkan gerakan dance yang khas. Awal tahun ini, gerakan yang ada dalam lagu tersebut digunakan oleh Fornite sebagai emote Swipe It, oleh karena itu 2 Milly pun melakukan penuntutan. 

2 Milly mengatakan dalam CBS News bahwa awalnya dia mengetahui ketika banyak orang yang melaporkan kepada dirinya tentang gerakan dance miliknya berada dalam game. Setelah tahu bahwa gerakan dance itu dijual, maka 2 Milly langsung memutusukan untuk mengambil tindakan hukum. 

Sebenarnya 2 Milly tidak terlalu mempermasalahkan jika ada orang yang menggunakan gerakan dance dia untuk perform, namun jika ada pihak yang melakukan monetisasi, dia pun tidak mengizinkannya. 2 Milly juga mengatakan bahwa tuntutan ini tidak bermaksud untuk mendapatkan uang, namun dilakukan untuk menjaga apa yang seharusnya menjadi miliknya. 


Ternyata, ini bukan pertama kalinya Fortnite dituntut karena tidak memiliki izin dalam menggunakan gerakan dance. Sebelumnya, di pertengahan tahun, Chance the rapper sudah terlebih dahulu menyindir Fortnite karena banyak menggunakan gerakan dance dari lagu-lagu rap, dan tidak memiliki izin. Di antaranya, yang mungkin juga kamu sadari, emote Hype sangat mirip gerakan dance rapper JB Bloc Boy’s “Shoot” dance.

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?