Esports.ID

Esports Masuk Tenis, Fortnite Hadir di Australia Terbuka

MalZaHar
09/01/2019 14:21 WIB
Esports Masuk Tenis, Fortnite Hadir di Australia Terbuka
Fortnite 'Summer Smash' Siap Hibur Penikmat Tenis Dunia

Dampak esports semakin besar merambah ke cabang olahraga lainnya, dengan kecenderungan mendompleng akan kepopuleran olahraga digital kekinian ini, namun pada intinya semua pihak melihat potensi besar dari kompetisi game ke depannya. Termasuk cabang Tenis, yang segera menghadirkan kompetisi Fortnite dalam rangkaian turnamen grand slam, Australia Terbuka (Australia Open) 2019!

Epic Games telah mengkonfirmasi adanya turnamen bertajuk 'Summer Smash' untuk gim andalannya, Fortnite, dalam ajang Australia Terbuka 2019, di Melbourne, akhir bulan Januari nanti. Turnamen ini juga memberikan total prize pool senilai 500 ribu Dolar Australia (setara 5 milyar Rupiah), untuk dua format kompetisi yakni solo dan pro-am duos.

Fortnite 'Summer Smash' di Australia Terbuka ini bakal menjadi turnamen gim berhadiah uang terbesar di sejarah esports negara Kangguru ini, dan sedianya berlangsung pada tanggal 26-27 Januari 2019, bersamaan dengan perhelatan Australian Open. Sebagai perbandingan, turnamen gim pemegang rekor hadiah terbesar sebelumnya adalah Intel Extreme Masters Sydney, dengan iming-iming hadiah sebesar 250.000 dolar AS, di tahun 2017 silam.

Pihak penyelenggara telah menyiapkan 500 slot peserta (Solo Tournament), yang sayangnya hanya dikhususkan bagi warga Australia dan Selandia Baru, berusia 16 tahun ke atas. Pendaftaran bisa dilakukan via online, dengan prioritas mereka yang lakukan registrasi lebih dulu, mulai hari ini (9/1). Setiap heats (babak penyisihan) jalani dua pertandingan, dan 20 peserta terbaik dari tiap penyisihan berhak melaju ke babak final (berlangsung 6 ronde), di hari keduanya.

Sementara itu, kompetisi Pro-Am (Duos Tournament) secara khusus memperebutkan hadiah uang yang akan didonasikan kepada yayasan hasil pilihan pemenang. Sejumlah streamer ternama lokal turut memeriahkan acara ini, termasuk Kathleen 'Loserfruit' Belsten, Lannan 'LazarBeam' Eacott, Elliot 'Muselk' Watkins, dan Harley 'MrFreshAsian' Campbell.

"Fortnite adalah fenomena global, dan kami senang bisa menyelenggarakan 'Grand Slam' dari event esports di Australia Terbuka, bulan Januari ini," ucap Craig Tiley, Australian Open Tournament Director, via rilis persnya. "Kami selalu terbuka akan kesempatan baru untuk menjangkau lebih banyak orang. Fortnite 'Summer Smash' di Australia Terbuka bakal sajikan pertandingan antara gamer terbaik dari seluruh pelosok Australia, tepat sebelum pemain tenis pria terbaik dunia bersaing memperebutkan gelar terhormat di Australian Open 2019."

Dunia tenis di Australia memiliki reputasi panjang untuk mampu menghadirkan atmosfir festival musim panas sepanjang event Australian Open berlangsung, terutama di sekitar area Melbourne Park. Banyak kegiatan luar ruangan yang digelar sebagai sarana hiburan memikat sepanjang turnamen yang berlangsung tiga minggu tersebut, namun Fortnite 'Summer Smash' jadi tambahan event besar pertama di ajang ini, dengan konsep turnamen gim berhadiah uang sebesar ini.

Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah setempat di Melbourne yang mengklaim kota mereka sebagai 'home of esports' di Australia sejak peluncuran Melbourne Esports Open di bulan September silam, yang hadirkan partai final untuk Overwatch Contenders dan partai pamungkas dari League of Legends OPL.