Esports.ID

Seperti Reza Arap, Ninja Berdonasi untuk Riset Medis

Billy
23/09/2019 13:38 WIB
Seperti Reza Arap, Ninja Berdonasi untuk Riset Medis
dexerto

Bila kemarin kita tergugah atas aksi kemanusian Reza Arap, Bangpen, dan kawan-kawan gamer lain melakukan streaming 24 jam untuk galang dana bagi korban karhutla di Riau & Kalimantan. Kini, giliran Tyler "Ninja" Blevins yang melakukan aksi donasi serupa.

Namun, secara spesifik bukan untuk mereka yang terdampak kebakaran hutan, melainkan disumbangkan kepada lembaga non-profit yang bergerak di bidang penelitian kesehatan di Prancis, Pasteur Institute.

Sekilas Tentang Pasteur Institute

Pasteur Institute punya sejarah yang membanggakan dalam mempelopori ilmu kesehatan. Organisasi ini berdedikasi dalam mengembangkan ilmu biologi, micro-organisme, penyakit menular, dan vaksin.

Pada tahun 1983, organisasi ini berhasil mengisolasi virus HIV, virus yang nantinya juga menyebabkan AIDS. Beberapa keberhasilan lainnya adalah para peneliti di Pasture sejak lama telah berhasil mengendalikan penyebaran penyakit difteri, tetanus, TBC, influenza, demam kuning, dan pes. Sudah puluhan piala Nobel diraih para peneliti Pasteur Institute yang berdiri sejak 4 Juni 1887 silam ini.

Acara Amalnya Gamer di Paris, Z Event.

Ninja diketahui telah membantu acara amal yang digelar oleh 55 gamer dan diberi nama Z Event. Acara ini awalnya diprakarsai oleh Adrien Nougaret dan Alexandre Dachary. Tugas para partisipan yang terlibat adalah melakukan streaming maraton kurang lebih 50 jam, menyiarkan konten langsung dan menggerakan viewer untuk mau menyumbang.

Sudah terselenggara sejak 2016, tiap edisi Z Event didonasikan untuk tujuan berbeda-beda. Di kali pertama, donasi sebesar 170.000 Euro ( sekitar 2,6 Milyar Rupiah) disumbangkan untuk organisasi NGO Save The Children.

Tahun 2017, pada bulan September, sumbangan sebesar 500.000 Euro (sekitar 7,7 miliar Rupiah) dikerahkan sebagai dukungan untuk Palang Merah dan korban bencana badai Irma.

Tahun lalu, jumlah donasi makin besar dengan dana yang terkumpul mencapai 1,094,731 Euro (16 miliar Rupiah) untuk Medecins Sans Frontieres.

Saat ini, donasi sudah terkumpul diangka 3,5 juta Euro (sekitar 54 miliar Rupiah).  Ninja sendiri menyumbang dengan nilai cukup fantastis, yakni 29 ribu Euro (450-an juta Rupiah). Para gamer yang menyaksikan momen Ninja terpampang sebagai salah satu donatur langsung disambut dengan rasa apresiasi tinggi.

Mereka pun mengelu-elukan nama Ninja sembari melanjutkan aksi maraton streaming. Sejauh ini, puncak viewers dari Z Event mencapai 500.000 viewers. Acara ini juga mendapat perhatian dari Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang mengunggah sebuah tweet tentang acara ini.

Gamer dan Aktivitas Sosial

Selain Reza Arap dan kawan-kawan, serta Ninja, ada pula gamer lain yang punya kepedulian tinggi terhadap sesama. Salah satunya, GuardianCon yang menggalang dana untuk St Jude’s Research Hospital pada 23 Juni lalu. Diketahui bahwa rumah sakit ini telah merawat anak-anak yang terkena kanker tanpa pungut biaya sepeser pun.


Dia berhasil mengumpulkan $3,7 juta USD dalam kegiatannya, di mana salah satu penyumbang terbesarnya adalah DrLupo yang mendonasikan sampai $920.000 USD (lebih dari 12 miliar Rupiah) dalam empat jam pertama tayangan streaming. DrLupo pun cukup emosional ketika mengirimkan uang tersebut namun terasa lega dan bahagia bisa membantu sesama.

Semoga lebih banyak lagi aktivitas kemanusiaan seperti ini yang digagas oleh gamer ya, Sobat Esports..