Esports.ID

Tak Cantumkan Peringatan Adiktif, Fortnite Terancam Dituntut?

Rendy Lim
07/10/2019 17:16 WIB
Tak Cantumkan Peringatan Adiktif, Fortnite Terancam Dituntut?
Penuntutnya mengatakan bahwa Fornite mirip dengan perusahaan rokok yang tidak memberitau bahaya adiktif dari produk mereka

Epic Games, developer dari gim battle royale Fortnite tampaknya tidak berhenti diterpa masalah. Baru-baru ini, kantor hukum asal Montreal melayangkan tuntutan ke pihak berwajib untuk menindak Epic Games yang dianggap tidak memberikan himbauan kepada para pemainnya akan kemungkinan mengalami kecanduan bermain Fortnite. 

Tuntutan ini didasarkan oleh aturan '2015 Quebec Superior Court' yang menyatakan perusahaan tembakau gagal untuk memberikan peringatan tentang bahya merokok kepada para konsumennya. Kantor hukum tersebut menyebut bahwa Epic Games melakukan hal serupa yakni tidak menyertakan potensi kecanduan bagi para pemain Fortnite. 

Epic Games/Fortnite dituntut karena tidak mencantumkan potensi adiktif dalam Terms and Conditions

Berdasarkan laporan dari CBC, kasus ini diangkat setelah laporan dari dua orang tua yang mendapati masing-masing anaknya bermain gim Fortnite dengan intensif. Mereka mengklaim bahwa gim ini memberikan efek yang sama dengan kecanduan kokain, yakni merilis hormon dopamine ke otak anaknya. 

Awal tahun ini, menyusul penetapan 'Gaming Disorder' sebagai penyakit oleh World Health Organization (WHO), badan kesehatan nasional UK menyatakan bahwa mereka bisa mengobati pasien yang mengalami kecanduan bermain gim. 

Alessandra Esposito Chartrand, pengacara dari badan hukum tersebut juga menyebutkan bahwa Fortnite telah dirancang oleh Epic Games untuk memberikan efek adiktif yakni dengan menyewa psikolog dan melakukan studi selama bertahun-tahun, membuatnya menghadirkan efek candu sebesar mungkin. 

Alessandra menyalahkan Epic Games karena tidak menyertakan efek dari gim yang mereka keluarkan dalam 'terms and conditions', karena menurutnya ini merupakan tanggung jawab dari perusahaan untuk memperingati para penggunannya tentang resiko kecanduan.

Alessandra Esposito Chartrand

Sayangnya, pengacara tersebut belum mau membuka berapa besar tuntutan yang dilayangkan kepada Epic Games atas tuduhan kecanduan gim yang dialami oleh kliennya ini. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, kira-kira gim seperti apa yang harus diberi peringatan atas efek kecanduan yah?