Esports.ID

Juara di WESG SEA, YukiUsagi Tantang Hearthstone Dunia

MalZaHar
18/12/2018 15:42 WIB
Juara di WESG SEA, YukiUsagi Tantang Hearthstone Dunia
Gamer Hearthstone Wanita Asal Indonesia Dominasi Final WESG SEA!

Bukti bahwa kiprah wanita di esports tidak bisa diremehkan, dan faktanya Indonesia miliki banyak talenta terpendam yang sejauh ini belum digali potensinya secara maksimal. Di luar dari gim-gim populer yang sering dikompetisikan, beberapa gim kurang ekspos tersebut malah menelurkan prestasi membanggakan, dengan tidak hanya puncaki persaingan tingkat lokal bahkan mendominasi kompetisi internasional.

Ada banyak contohnya yang sudah terjadi belakangan ini, tapi yang terbaru pastinya adalah pencapaian dari Feby 'YukiUsagi' Dwi, gamer wanita pecinta game TCG yang sukses menjuarai kualifikasi nasional Hearthstone (khusus wanita) pada bulan November lalu. Kini gelar nasional tersebut digenapi dengan titel juara Grand Final WESG Asia Tenggara, yang membuatnya berhak tampil di kejuaraan skala global di World Electronic Sports Game (WESG) Finals, di Cina, tahun depan, menantang para juara-juara Hearthstone wanita dari berbagai wilayah di dunia.

Di tengah dominasi gamer perwakilan Filipina yang sukses menjuarai sejumlah cabang gim dari ajang Grand Final WESG SEA, sosok atlet wanita berusia 21 tahun ini masih mampu harumkan nama Indonesia sebagai juara salah satu cabang. Di partai final Hearthstone wanita, YukiUsagi berhasil menaklukkan andalan Singapura, Wolfsbanee. Sementara peringkat ketiga dan keempat adalah Caracute (Filipina) dan Sookwan (Malaysia). Tapi, hanya sang juara yang berhak tampil di turnamen utama WESG 2018, di Cina nanti.

Meski jarang terekspos, namun cabang gim Hearthstone di Indonesia terus tunjukkan prestasi membanggakan, khususnya sejak perhelatan WESG tahun lalu ketika perwakilan tanah air, nexok40, berhasil tembus 8 besar di kejuaraan utamanya. Kemudian berlanjut ke ajang Asian Games 2018, saat Jothree sukses menembus babak final cabang ekshibisi Hearthstone dan menggondol medali perak di momen pertama kali esports dipertandingkan secara resmi dalam event multibangsa.

Bahkan, YukiUsagi pun sebenarnya sudah mengikuti ajang kualifikasi WESG untuk region SG+MAL+ID tahun lalu, namun kalah bersinar dari jagoan Hearthstone wanita asal tanah air lainnya, yakni Carolina 'littleaurora' Edjam, sebagai pemenang dan berhak tampil di WESG APAC Regional Playoff. Kian membuktikan bahwa atlet-atlet wanita Indonesia dari gim kartu besutan Blizzard ini punya potensi besar di kancah internasional.

Dengan format turnamen yang baru, maka YukiUsagi sekarang menjadi wakil Hearthstone di Asia Tenggara untuk hadapi para juara regional lainnya dari seluruh penjuru dunia di ajang WESG 2018 Finals. Semoga dengan bimbingan pelatih nexok40 untuk cabang Hearthstone di WESG Finals nanti, YukiUsagi mampu cetak prestasi puncak demi kebangkitan esports wanita dan kompetisi Hearthstone di tanah air ke depannya!

ELITE8 Nyaris, BOOM ID Temani YukiUsagi ke WESG 2018 Finals!

Dari keseluruhan atlet perwakilan esports yang bertanding di Grand Final WESG 2018 Regional Asia Tenggara, kontingen Indonesia kirimkan wakil untuk 5 cabang gim (termasuk 2 kategori wanita). Sayangnya, meski torehan mereka cukup signifikan, seperti raihan finalis di cabang Vainglory tapi ELITE8 gagal tampil di babak utama nantinya.

Hanya YukiUsagi (Female Hearthstone) dan BOOM ID (DOTA 2) yang akhirnya dapat melaju ke tahap akhir ajang esports bergengsi antar wakil negara-negara di dunia. Berikut ini daftar lengkap peringkat empat besar dari masing-masing cabang gim yang dipertandingkan di Grand Final WESG 2018, Regional Asia Tenggara;

DOTA 2 (empat tim teratas berhak melaju ke WESG 2018 Finals di Cina, tahun depan)

1. TNC Predator (Filipina)
2. WarriorsGaming.Unity (Malaysia)
3. Veteran (Myanmar)
4. BOOM ID (Indonesia)

CS:GO (empat tim teratas berhak melaju ke WESG 2018 Finals di Cina, tahun depan)

1. Alpha Red (Thailand)
2. TNC Pro Team (Filipina)
3. Revolution (Vietnam)
4. Frostfire (Malaysia)

CS:GO Female (hanya tim juara yang berhak melaju ke WESG 2018 Finals di Cina, tahun depan)

1. ArkAngel Pro Team Female (Filipina)
2. Asterisk (Singapura)
3. Sphynx (Malaysia)
4. Team Fairies (Myanmar)

StarCraft II (empat tim teratas berhak melaju ke WESG 2018 Finals di Cina, tahun depan)

1. EnDerr (Filipina)
2. MeomaikA (Vietnam)
3. Lobo (Singapura)
4. StriKE (Thailand)

Hearthstone (empat tim teratas berhak melaju ke WESG 2018 Finals di Cina, tahun depan)

1. Lalasong (Malaysia)
2. Staz (Filipina)
3. Nammon (Thailand)
4. Sequinox (Singapura)

Hearthstone Female (hanya tim juara yang berhak melaju ke WESG 2018 Finals di Cina, tahun depan)

1. YukiUsagi (Indonesia)
2. Wolfsbanee (Singapura)
3. CaraCute (Filipina)
4. SookKwan (Malaysia)

Vainglory (hanya tim juara yang berhak melaju ke WESG 2018 Finals di Cina, tahun depan)

1. Impunity (Singapura)
2. ELITE8 Esports (Indonesia)
3. Soda Chanh (Vietnam)
4. The Farang C. (Malaysia)

Dukung wakil-wakil Indonesia di ajang WESG 2018 Global Finals, Cina, sekitar bulan Maret tahun depan!