Esports.ID

Pemain Ini Main Auto Chess Saat Kompetisi Hearthstone

Billy
16/09/2019 14:52 WIB
Pemain Ini Main Auto Chess Saat Kompetisi Hearthstone
dexerto

Ada kejadian memalukan menimpa salah satu pemain profesional Hearthstone bernama Linh "Seiko" Nguyen. Pemain berdarah Asia Tenggara ini mewakili Jerman saat mengikuti kompetisi dari Blizzard, Hearthstone Grandmasters.

Turnamen ini bukan sembarangan dikancah profesional Hearthstone. Hanya diikuti oleh 48 pemain terbaik dunia yang terpilih berdasarkan jumlah pendapatan selama karir profesional mereka, poin di Hearthstone Championship Tour tahun 2018 dan beberapa kriteria lainnya.

Seiko beruntung menjadi salah satu pemain yang bisa tampil disana. Namun ia tak mengapresiasi kesempatan langka tersebut dengan melakukan tindakan yang sangat konyol dan menciderai semangat profesionalisme sebagai gamer Hearthstone.

Apa Yang Terjadi?

Pada laga tanggal 14 September lalu melawan Elias "Bozzzton" Sibelius dari Swedia, Seiko kedapatan sering melakukan kesalahan permainan seakan ia teralih dan tidak konsentrasi pada pertandingan.

Laga tersebut pun berujung kekalahan untuk Seiko 2-1. Kemudian diketahui bahwa Seiko kerap menatap ke arah lain bukannya memperhatikan permainan yang sedang ia geluti.

Usut punya usut, ia ketahuan sedang bermain Dota Auto Chess disaat yang bersamaan dengan turnamen Hearthstone. Ia mendaftarkan diri untuk ikut kualifikasi Dota Auto Chess Mobile yang beberapa saat lalu memang melangsungkan kualifikasi. Hadiah dari turnamen ini dianggarkan mencapai $1 juta USD.

Komunitas Hearthstone dan beberapa figur penting lainnya merasa miris dengan tindakan Seiko. Mereka merasa Seiko tidak pantas berlaga dalam turnamen tersebut.

Seiko pun menyadari kesalahannya dan memberikan beberapa klarifikasi. "Aku meminta maaf kepada semuanya, aku tak tahu keadaan akan separah ini. Aku telah berlatih autochess untuk beberapa waktu ini, mempersiapkan banyak hal untuk kualifikasi ini dan aku merasa cukup yakin aku bisa memenangkannya"

Seiko merasa ia mampu memainkan kedua gim tersebut bersamaan. Kenyataannya, gameplay HS-nya berantakan dan mendapat kritik tajam. Salah satunya dari caster yang mengomentari pertandingannya.

Simon 'Sottle' Welch mengatakan "Seiko, nasihat cuma-cuma untuk kamu temanku, tolong perhatikan permainan sialan yang sedang kamu mainkan padahal ada ratusan sampai ribuan orang yang berharap ada di posisimu saat ini. Bagaimana kalau, ya kamu bisa menyerah sekarang juga"

Seiko menyatakan ia tidak akan mengikuti kualifikasi lagi dan fokus sepenuhnya bermain Heartstone. Tapi Blizzard sendiri nampaknya kurang mengindahkan ada pemain profesional yang berpartisipasi dalam event resmi namun ikut turnamen gim kompetitor.

Bagaimana pendapatmu dengan kasus Seiko?