Esports.ID

VKLiooon, Wanita Pertama Juara di HS Major Championship

Rendy Lim
04/11/2019 16:04 WIB
VKLiooon, Wanita Pertama Juara di HS Major Championship
Saat Berkompetisi, Lupakan Gendermu dan Bertandinglah!

Sejarah baru kembali tercipta di dunia esports berkat keberhasilan Xiaomeng “VKLiooon” Li sebagai wanita pertama yang menjuarai BlizzCon Championship serta Hearthstone Major yang diselenggarakan pada BlizzCon 2019 akhir pekan kemarin. 

Perjalanan VKLiooon tidaklah singkat, dia memulai babak open qualifier dengan memenangkan Gold Open Tianjin Master Group season 1 playoffs dan kemudian mendapat kesempatan untuk ikut di Global Championship Blizzcon. Perbedaan sistem Grandmaster di China dengan region membuatnya harus terlebih dahulu ikut kualifikasi agar dapat bertanding di HearthStone Global Finals. 

Perempuan berusia 23 tahun ini berhasil mematahkan streotipe gender dan menjuarai kualifikasi tersebut, menjadikan dirinya representasi China dalam HearthStone Global Finals. Namun, dibalik keberhasilannya ini, ada pesan penting yang disampaikan oleh VKLiooon kepada semua pemain esports wanita. 

"Dapat bertanding di HearthStone Global Finals merupakan pencapaian tertinggi dalam sepanjang karir Hearthstone ku," tutur dirinya kepada Blizzard. "Ini pertama kalinya aku mendapatkan perhatian dari publik sebagai representasi China. Ini adalah cara terbaik untuk membalas mereka yang meragukanku hanya karena aku seorang perempuan. Membuktikan, perempuan juga bisa kuat sebagai pro player, sama seperti pria."

Tidak berhenti di sana, VKLiooon perlahan mendaki naik dalam perjalanannya di HearthStone Global Finals, hingga berhasil sampai di puncak. Hingga di grand final, VKLiooon menaklukkan representasi America,  Brian “bloodyface” Eason dengan kemenangan mutlak 3-0. 

Prestasi ini menjadikan dirinya sebagai pemain HearthStone terbaik di dunia untuk saat ini dan memberikan pesan kepada semua perempuan yang menyaksikan kemenangannya, mengatakan bahwa saat berkompetisi dalam dunia esports, mereka harus melupakan masalah gender dan bertarung dengan segenap kekuatan!

Tidak hanya menjadi juara HearthStone Global Championship yang membawa pulang 200.000 USD, VKLiooon juga berhasil mendapatkan respect dari semua orang yang menyaksikan momen kemenangannya tersebut.